Nasional

Kasus Dugaan Korupsi Gazalba Saleh, KPK Panggil Dua Hakim Agung

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) men jadwal pemeriksaan terhadap dua Hakim Agung terkait dugaan gratifikasi dan juga Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan terperiksa Gazalba Saleh. Dua orang yang dimaksud adalah Desnayeti serta Yohanes Priyana.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri menyebutkan, keduanya akan dijadwalkan pemeriksaan pada kapasitas merekan sebagai saksi pada perkara tersebut. “Hari ini (19/3) bertempat dalam Gedung Merah Putih KPK, Tim Penyidik menjadwalkan pemanggilan kemudian pemeriksaan saksi-saksi,” kata Ali, Selasa (19/3/2024).

Belum diketahui apa yang dimaksud ingin didalami penyidik lembaga antirasuah terhadap para terpidana perkara korupsi tersebut. Namun, keterangan merek memang benar dibutuhkan untuk menyebabkan terang penyidikan perkara yang mana dimaksud.

Sekadar informasi, KPK menahan Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh (GS), Kamis, 30 November 2023. Lembaga antirasuah mengenakan pasal gratifikasi kemudian TPPU terhadap Gazalba.

Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu menyatakan, Gazalba menerima uang Rp15 miliar terkait pengondisian perkara di dalam MA. Setidaknya, perkara yang digunakan dikondisikan Gazalba adalah kasasi terdakwa eks Menteri Kelautan serta Perikanan Edhy Prabowo, Rennier Abdul Rahman Latief, serta peninjauan kembali dari terpidana Jafar Abdul Gaffar.

“Setelah itu dari kurun waktu 2017 menjabat sampai terakhir kita simpulkan bahwa uang-uang yang digunakan ada di bentuk properti, ada rumah ada tanah itu jika uang yang digunakan digunakan untuk membeli itu dari perkara-perkara tersebut. Makanya pemakaian karena adalah pasal gratifikasi,” kata Asep pada waktu konferensi pers dalam kantornya, Kamis, 30 November 2023 malam.

“Karena berbagai sekali (suap yang dimaksud diterima GS) kita jaring pakai pasal gratifikasi bentuknya tadi sudah ada rumah, jadi tanah masuknya ke TPPU oleh sebab itu telah berubah. Karena ada juga ditukar valas serta lain-lain,” sambungnya.

Related Articles

Back to top button