Nasional

Kapolri Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024 Pastikan Kesiapan Mudik Aman lalu Nyaman

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menjadi pemimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2024 di dalam Lapangan Silang Monas, Jakarta. Pertemuan ini, untuk melakukan konfirmasi kesiapan seluruh personel mewujudkan arus mudik kemudian balik Idulfitri 1445 Hijriah berjalan aman lalu nyaman.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2024 ini sendiri juga terlaksana serentak di tempat wilayah Indonesia. Sebanyak 155 ribu personel gabungan TNI, Polri, juga stakeholder terkait lainnya dikerahkan pada operasi tersebut.

Dalam Operasi Ketupat 2024, Sigit menginstruksikan terhadap seluruh personel untuk melakukan pengamanan lalu memberikan pelayanan maksimal untuk seluruh rakyat yang dimaksud melakukan perjalanan mudik.

“Dari hasil survei bahwa kurang tambahan peningkatan 56 persen dibandingkan arus mudik tahun kemarin. Terwujud pergerakan kurang lebih tinggi 199 jt orang, yang mana tentunya harus kita berikan pelayanan dengan baik. Apakah dia lalui jalur darat, laut, udara,” ujar Sigit di area Lapangan Monas, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Lebih dalam, Sigit menegaskan, TNI, Polri, serta seluruh lintas sektoral yang mana terkait terus berupaya dan juga menyiapkan strategi demi mewujudkan mudik yang tersebut aman dan juga nyaman bagi seluruh masyarakat.

Menurut Sigit, upaya yang dilaksanakan salah satunya adalah melakukan evaluasi terhadap catatan arus mudik tahun 2023, untuk dilaksanakan perbaikan-perbaikan pada arus mudik-balik tahun ini.

“Beberapa hal menjadi catatan kami, bahwa dari hasil evaluasi yang mana ada terkait kegiatan Operasi Ketupat 2023, ada beberapa catatan yang tersebut tentunya kita lakukan perbaikan untuk kegiatan OperasiKketupat 2024,” papar Sigit.

Selain melakukan evaluasi, Sigit menuturkan upaya kemudian strategi selanjutnya adalah melakukan pengecekan segera pada lokasi arus mudik baik via darat, udara, lalu laut. Hal itu untuk mengetahui secara langsung, apa belaka yang dimaksud harus diperbaiki juga disiapkan demi menyambut arus mudik dan juga balik Lebaran.

“Hari ini kita akan melaksanakan pengecekan di tempat jalur Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, sampai Bali. Hal ini semua untuk meyakinkan bahwa persiapan mudik tahun 2024 betul-betul sanggup terselenggara dengan aman lalu baik. Tentunya kami imbau sebab kepadatan yang mana luar biasa apabila rakyat mampu melaksanakan mudik lebih lanjut awal tentunya akan lebih besar baik. Karena tentu akan menurunkan peluang kemacetan di tempat jalan,” tutur Sigit.

Related Articles

Back to top button