Teknologi

Kalahkan Qualcomm, MediaTek Jadi Vendor Chipset Terpopuler pada Q4 2023

Gragehotels.co.id – MediaTek mencatatkan pertumbuhan pangsa signifikan pada kuartal keempat tahun lalu (Q4 2023). Berdasarkan data dari firma riset Canalys, MediaTek berhasil mengalahkan Qualcomm kemudian Apple.

Lima besar vendor chipset dengan pengiriman terbanyak pada kuartal keempat 2023 yaitu MediaTek, Apple, Qualcomm, Unisoc, lalu Samsung. Peringkat keenam serta ketujuh dihuni oleh HiSilicon dan juga Google. MediaTek menjadi vendor chipset terpopuler pada Q4 2023.

Usai meluncurkan Dimensity 9300, MediaTek mempunyai chipset smartphone terkencang di dalam dunia. Mereka juga berhasil meraih hasil positif pada periode Oktober hingga Desember 2023.

MediaTek pada waktu itu mampu mengirimkan 117 jt chipset sehingga mengungguli Apple (78 jt chipset) lalu Qualcomm (69 jt chipset). Pengiriman MediaTek mengalami perkembangan 21 persen YoY sementara pendapatannya naik dengan cepat 22 persen YoY menjadi 23 miliar dolar Amerika Serikat atau Mata Uang Rupiah 360 triliun.

Qualcomm juga mencatatkan kinerja yang tersebut lebih lanjut baik dengan 30 miliar dolar Amerika Serikat atau Rupiah 470 triliun. Meski begitu, pertumbuhan Qualcomm menyusut 2 persen apabila melebihi periode yang tersebut sebanding pada tahun lalu.

Pangsa lingkungan ekonomi juga pengiriman chipset pada Q4 2023 juga Q4 2022. (Canalys)
Pangsa pangsa juga pengiriman chipset pada Q4 2023 dan juga Q4 2022. (Canalys)

Dikutip dari Notebookcheck, pendapatan Samsung dari merek Exynos turun tajam sebesar 44 persen YoY. Terlihat jelas bahwa Samsung lebih besar memilih menggunakan chip dari merek lain selama kuartal keempat 2023.

Samsung sendiri menyumbang 40 persen pendapatan Qualcomm kemudian 25 persen pendapatan MediaTek. Unisoc menjadi bintang baru pada laporan ini dengan pendapatan lalu pengiriman yang mana meningkat sebesar 24 YoY. Bicara persoalan peningkatan YoY, Unisoc memiliki bilangan lebih banyak tinggi melebihi MediaTek juga Apple.

Chipset pada masing-masing merek smartphone dalam Q4 2023. (Canalys)
Chipset pada masing-masing merek smartphone pada Q4 2023. (Canalys)

Merek yang mana paling banyak menggunakan Unisoc adalah Transsion, Realme, lalu Lenovo. Samsung (22 persen) lalu Xiaomi (20 persen) menjadi merek smartphone terbesar yang mana mengandalkan chipset MediaTek.

Sementara itu Xiaomi menjadi merek paling besar (25 persen) yang digunakan memilih chipset Qualcomm. Samsung merupakan satu-satunya vendor chipset yang mana mengalami penurunan pengiriman hingga 48 persen.

Related Articles

Back to top button