Teknologi

Industri Telekom Tidak Baik-baik Saja, Indosat Malah Tersenyum Lebar

Gragehotels.co.id – Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan kinerja selama sepanjang 2023, dengan membukukan total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di dalam sepanjang 2023.

Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY).

Pertumbuhan total pendapatan yang disebutkan didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen serta korporasi dan juga kinerja positif dari semua lini usaha Perusahaan.

Pendapatan Selular meningkat 8,7 persen YoY disebabkan oleh peningkatan pendapatan Fakta juga Interkoneksi.

Sementara itu pendapatan Multimedia, Fakta Communication, and Internet (MIDI) naik 13,0 persen YoY ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT juga Dunia Maya Tetap.

Selanjutnya, pendapatan Telekom Tetap juga naik dengan cepat 28,4 persen YoY dikontribusi oleh peningkatan pendapatan Telepon Internasional dan juga Jaringan tetap.

Ilustrasi Indosat Ooredoo Hutchison. [Indosat]
Ilustrasi Indosat Ooredoo Hutchison. [Indosat]

Peningkatan pendapatan ini juga dihadiri oleh oleh optimalisasi biaya yang tersebut berdampak pada pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23,0 persen YoY menjadi Rp23,9 triliun.

Indosat juga berhasil mencatatkan data EBITDA margin yang dinormalisasi meningkat solid sebesar 46,8 persen, meningkat 4,5 poin persentase YoY.

Dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang mana Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun serta tetap saja positif selama 3 tahun berturut-turut.

“Pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2023 tak lepas dari partisipasi seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham, lalu tentunya seluruh karyawan kami,” ucap Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Menurutnya, kinerja keuangan lalu operasional yang mana kuat ini menegaskan komitmen Indosat untuk terus mengupayakan kemajuan sistem ekologi sektor telekomunikasi dalam Indonesia.

“Peka terhadap dinamika pasar, pembaharuan layanan yang digunakan berpusat pada teknologi, dan juga integritas pada keunggulan operasional tidaklah hanya sekali menjadi kunci pada menavigasi perkembangan kegiatan bisnis namun turut memperbesar penciptaan nilai bagi para pemangku kepentingan kami,” beber beliau di keterangan resminya, Kamis (8/2/2024).

Sepanjang 2023, Indosat juga terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus jt pelanggannya di area kedua merek konsumennya, IM3 dan juga Tri, yang menciptakan peningkatan Mobile Average Revenue Tiap User (ARPU) sebesar 5,3 persen menjadi Rp35,6 ribu.

Bertambahnya basis pelanggan yang berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 yang digunakan naik 4 poin YoY menjadi 84.1, sedangkan CSAT Tri turut naik 3 poin YoY menjadi 84.0.

Hasil ini menunjukkan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat lalu mencerminkan pengalaman mengesankan atau marvelous experience yang mana diberikan Organisasi terhadap pelanggan.

Related Articles

Back to top button