Nasional

Hari Ini adalah KPU Lanjutkan Rekapitulasi Nasional 4 Provinsi Lagi

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan datang melanjutkan rekapitulasi nasional hasil penghitungan ucapan hari ini. Adapun masih terdapat empat provinsi yang tersebut rapat pleno rekapitulasinya belum diselesaikan.

“Jadi teman-teman, hari ini kami rencanakan untuk melanjutkan pleno rekapitulasi nasional secara terbuka untuk empat provinsi yang mana belum,” kata Komisioner KPU August Mellaz, Selasa (19/3/2024).

Dia menjelaskan KPU Jawa Barat serta Maluku sudah tiba di tempat Jakarta. Rencananya, rapat pleno ini akan dimulai dari dua provinsi tersebut.

“Yang jelas dua provinsi hari ini, Jawa Barat telah pada Jakarta, sudah ada dalam KPU, tinggal nanti dibuka plenonya. Kemudian untuk Provinsi Maluku sedang di perjalan dari bandara ke Kantor KPU,” ungkapnya.

Sementara dua provinsi lainnya, Provinsi Papua dan juga Papua Pegunungan diagendakan diadakan pada waktu malam hari ini. Menurutnya, dua provinsi ini masih belum berada di dalam Jakarta.

“Nah kita usahakan juga, kita upayakan untuk dua provinsi di tempat provinsi di tempat Papua, baik Provinsi Papua kemudian Papua Pegunungan di malam hari ini mampu hadir dalam Jakarta. Nah ini update perkembangannya,” jelas dia.

Selanjutnya, jikalau rekapitulasi telah terjadi selesai maka KPU akan segera melanjutkan jadwal ke penetapan hasil pemilihan 2024. “Nah misalnya nanti kalau proses rekapitulasi nasional untuk hasil pemilihan umum provinsi selesai maka kita akan masuk ke step berikutnya terkait penetapan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, hingga Mulai Pekan (18/3/2024) KPU telah lama mensahkan pernyataan dari 34 provinsi. Adapun KPU mempunyai batas hingga 20 Maret 2024 untuk menyelesaikan empat provinsi tersisa.

Related Articles

Back to top button