Bisnis

Harga Emas Lagi Naik Daun, Pilih Antam Atau UBS?

Gragehotels.co.id – Harga emas ketika ini sedang naik daun dengan terus mencetak rekor tertingginya di beberapa waktu terakhir.

Emas global misalnya telah terjadi mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah pada perdagangan Rabu (6/3/2024) waktu setempat dengan bertahan dalam kisaran level 2.100 dollar Negeri Paman Sam per ons.

Mengutip CNBC, Kamis (7/3/2024) harga jual emas di tempat pangsa spot ditutup naik 0,8 persen menjadi sebesar 2.145,49 dollar Amerika Serikat per ons, pasca pada awal pertemuan mencapai level tertinggi sepanjang masa di tempat 2.152,09 dollar Amerika Serikat per ons.

Di di negeri tarif emas juga telah lama mencetak harga jual tertingginya pada hari ini yakni Rp1,199 jt per gram versi Antam, sedangkan versi UBS tarif emas berada di area Rp1,2 jt per gram.

Lantas tambahan menarik mana pembangunan ekonomi emas Antam atau UBS?

Emas merupakan salah satu instrumen pembangunan ekonomi yang tersebut populer dalam Indonesia. Ketika berbicara mengenai pembangunan ekonomi emas, dua nama yang tersebut kerap muncul adalah Antam juga UBS. Keduanya sama-sama menawarkan item emas batangan, namun terdapat beberapa perbedaan mendasar yang dimaksud perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli.

Berikut beberapa perbedaan emas Antam dan juga UBS:

1. Produsen:

Emas Antam: Diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), perusahaan BUMN yang tersebut bergerak di dalam bidang pertambangan kemudian pengolahan mineral.

Emas UBS: Diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera (UBS), perusahaan swasta yang juga dikenal sebagai produsen perhiasan dengan merek Venus lalu Starshine.

2. Sertifikat:

Emas Antam: Memiliki sertifikat yang tersebut mengikuti standar London Bullion Market Association (LBMA), sehingga dapat diterima secara internasional lalu memudahkan pelanggan kembali di area bursa global.

Emas UBS: Memiliki sertifikat nasional yang diterbitkan oleh UBS sendiri. Sertifikat ini umumnya masih diterima oleh toko emas di dalam Indonesia, namun penjualannya dalam pangsa internasional kemungkinan besar lebih besar terbatas.

3. Harga:

Emas Antam: Umumnya miliki harga jual sedikit lebih tinggi tinggi dibandingkan emas UBS. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh faktor seperti biaya produksi, sertifikasi LBMA, juga brand recognition yang mana lebih lanjut kuat.

Emas UBS: Biasanya ditawarkan dengan harga jual yang mana sedikit lebih tinggi bersaing dibandingkan emas Antam.

4. Bentuk Fisik:

Emas Antam: Memiliki bentuk yang lebih besar kecil juga tebal dibandingkan emas UBS untuk berat yang tersebut sama.

Emas UBS: Memiliki bentuk yang dimaksud lebih tinggi lebar kemudian tipis dibandingkan emas Antam.

Memilih Emas Antam atau UBS?

Keputusan memilih emas Antam atau UBS bergantung pada beberapa faktor, seperti:

Tujuan investasi: Jika Anda berinvestasi emas untuk jangka panjang serta berpotensi menjualnya dalam pangsa internasional, emas Antam mungkin saja menjadi pilihan yang mana lebih besar baik oleh sebab itu memiliki sertifikat LBMA.

Budget: Jika Anda miliki budget terbatas, emas UBS dapat menjadi alternatif yang tersebut menarik dikarenakan harganya sedikit lebih tinggi bersaing.

Kebiasaan beli-jual: Jika Anda berencana untuk membeli kemudian mengedarkan emas secara rutin di tempat toko emas lokal, emas UBS umumnya masih dapat diterima dengan baik.

Related Articles

Back to top button