Teknologi

Elon Musk Cetak Sejarah, Pertama Kalinya Tanam Chip di dalam Otak Orang

Gragehotels.co.id – Elon Musk mengklaim kalau perusahaan Neuralink miliknya sukses menanamkan chip ke di otak manusia untuk pertama kalinya di sejarah dunia.

Setelah bertahun-tahun Neuralink melakukan uji coba, akhirnya perusahaan sukses melakukan hal tersebut. Orang yang mana ditanamkan cip itu sekarang sedang di masa pemulihan.

“Manusia pertama menerima implan dari @Neuralink kemarin kemudian di masa pemulihan dengan baik,” kata Elon Musk lewat akun X alias Twitter, disitir dari Tech Times, Selasa (30/1/2024).

Pemilik Tesla sekaligus X ini juga menjelaskan kalau hasil awal uji coba yang dimaksud menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang dimaksud menjanjikan. Sayang Elon Musk tiada menyebutkan siapa nama orang yang digunakan menerima chip pertama dari Neuralink.

Musk juga menyatakan kalau pasien berhasil pulih dengan baik. Pasalnya, chip N1 yang digunakan ditanam di area otak sang pasien diadakan lewat pembedahan.

Cip itu juga ditanamkan di area wilayah otak yang dimaksud nantinya berfungsi untuk mengatur pergerakan manusia.

Diketahui Elon Musk memang sebenarnya fokus menanamkan chip ke otak manusia yang dimaksud mengalami kelumpuhan. Prosesor yang dimaksud dipadukan dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) itu dimaksudkan agar sang pasien bisa saja kembali bergerak.

Namun aktivitas Neuralink milik Elon Musk ini sempat menuai kontroversi. Banyak ahli yang digunakan mengumumkan kalau pekerjaan itu terlalu berisiko lalu meminta-minta untuk dihentikan.

Di uji coba sebelumnya, Neuralink pernah menanamkan chip yang dimaksud ke monyet. Sayang monyet itu berakhir pada laboratorium mereka.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button