Kesehatan

Efek Stres di dalam Usia 20an, Bikin Wajah Terlihat Lebih Tua hingga Diabetes

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Stres benar-benar dapat memproduksi Anda terlihat dan juga merasa lebih besar tua, bahkan pada usia 20-an. Namun, menurut penelitian baru, efek ini kemungkinan besar semata-mata terlihat pada hari-hari ketika orang merasa tidaklah bisa jadi mengendalikan kehidupannya sendiri.

Lebih dari seperempat orang dewasa di area Negeri Paman Sam dikabarkan mengalami stres sehingga tidak ada mampu beraktivitas hampir setiap hari. Hal ini menurut jajak pendapat yang mana dilaksanakan oleh American Psychological Association pada 2022.

Tingkat stres kronis seperti itu dapat berdampak luas pada kesejahteraan mental serta fisik kita, termasuk kecemasan, depresi, penyakit kardiovaskular, asma juga diabetes.

Stres juga dapat menyebabkan kelelahan kronis, obesitas, kesulitan pencernaan juga gangguan sistem kekebalan tubuh, yang dimaksud secara kolektif dapat memproduksi kita merasa lebih banyak tua dari usia sebenarnya.

“Ada penelitian substansial yang dimaksud menunjukkan bahwa stres menyebabkan orang lanjut usia merasa lebih lanjut tua, atau bahkan merasa lebih besar tua dari usia sebenarnya,” kata Shevaun Neupert, profesor psikologi dalam North Carolina State University disitir news week.

Dijelaskannya, ketika orang lanjut usia merasa lebih besar tua dari usia sebenarnya, hal ini berhubungan dengan banyak dampak kebugaran yang digunakan negatif.

“Namun, hanya sekali ada sedikit penelitian yang mana meneliti permasalahan ini pada orang dewasa muda—yaitu orang-orang berusia remaja, 20-an dan juga 30-an. Memiliki pemahaman yang digunakan lebih tinggi mendalam tentang fenomena ini dalam semua kelompok umur dapat membantu kita mengembangkan intervensi yang dimaksud melindungi kesejahteraan mental dan juga fisik kita,” tuturnya.

Dalam penelitian yang dimaksud diterbitkan pada jurnal Mental Health Science, Neupert lalu rekannya menghimpun data 107 orang dewasa muda berusia antara 18 lalu 36 tahun. Para partisipan dimonitor selama delapan hari untuk mengetahui tingkat stres yang digunakan dia alami setiap hari.

“Temuan kuncinya adalah pada hari-hari ketika partisipan penelitian melaporkan mengalami tingkat stres yang tersebut lebih besar tinggi dibandingkan biasanya, merekan juga dilaporkan terlihat serta merasa lebih banyak tua,” kata Neupert.

Related Articles

Back to top button