Bisnis

Dirjen Binwasnaker Tegaskan Kegunaan Pengelolaan Risiko K3 untuk Keberlanjutan lalu Reputasi Korporasi

Gragehotels.co.id – Dirjen Binwasnaker & K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang menegaskan pengelolaan risiko K3 tidak belaka sekedar tuntutan hukum, melainkan juga pembangunan ekonomi di keberlanjutan lalu reputasi perusahaan.

Oleh oleh sebab itu itu, tak ada gunanya bagi perusahaan untuk mencoba-coba atau sengaja tak patuh terhadap K3, lantaran risiko K3 setiap pada waktu dapat menimpa perusahaan/pelaku usaha. Saat terjadi K3 sebesar apapun dalam tempat kerja, tetap memperlihatkan menjadi tanggung jawab perusahaan dan juga dapat mempengaruhi reputasi perusahaan. 

Menurut Haiyani, Kementerian Ketenagakerjaan sendiri telah dilakukan menghadirkan pelaku perniagaan miliki komitmen membudayakan Keselamatan juga Kesejahteraan Kerja (K3) di dalam lingkungan kerja. Budaya K3 secara berkesinambungan, selain menjaga keberlangsungan usaha, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja inspiratif, produktif, aman dan juga sehat.

“Mari kita bersama-sama berjanji untuk mengubah setiap tindakan kecil menjadi langkah besar di membentuk budaya K3 yang berkesinambungan,” kata Haiyani ketika membuka Seminar Nasional K3 Balai Besar K3 Jakarta, bertema ‘Budayakan K3, Sehat, Selamat di Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha’ dalam Jakarta, Rabu (7/2/2024). 

“Dari sisi internasional, reputasi dapat berakibat pada hasil yang dihasilkan  dapat diembargo. Layanan yang tersebut dihasilkan bisa saja tidaklah diterima pada luar,” lanjutnya.

Haiyani menyatakan budaya K3 bertujuan agar keberlangsungan bisnis terus berlanjut sehingga mampu berkontribusi menjalankan perniagaan yang digunakan sehat, selamat dan juga produktif di area tempat kerja.

“Tanggung jawab menerapkan K3, selain melalui regulasi (Kemnaker), juga aktor-aktor di area tempat kerja,” ucaonya.

Salah satu pelaku perniagaan (PMDN) bidang pompa, A Roli Ekoatmojo menilai keuntungan bagi pelaku usaha, budaya K3 mampu menjaga nama reputasi sehingga bukan terganggu produksinya. Sementara bagi karyawan/pekerja, menjadi suatu kebanggaan oleh sebab itu budaya K3 mampu meninggal produktifitasnya. 

“Budaya K3 harus terus menerus digaungkan ke para pelaku usaha, ” ujar Manajer EQS serta Formalities /Legal, PT Bumi Cahaya Unggul tersebut.

Related Articles

Back to top button