Lifefstyle

Dikonsumsi Secara Bersamaan, Lima Padanan Makanan Ini adalah Berikan Nutrisi Terbaik Bagi Tubuh

Gragehotels.co.id – Banyak anggapan bahwa mengombinasikan protein lalu karbohidrat pada waktu yang mana bersamaan dapat menyebabkan penurunan berat badan. Sayangnya, studi yang dimaksud diterbitkan sekitar 10 tahun yang digunakan lalu membantah ide tersebut.

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife, Susan Bowerman menyatakan konsep lain seputar padanan makanan, yang tersebut menawarkan kegunaan nutrisi lebih lanjut besar ketika dikonsumsi secara bersamaan daripada apabila dikonsumsi secara terpisah.

“Anda dapat pikirkan ini sebagai nutrisi satu ditambah satu mirip dengan tiga,” pungkasnya pada siaran pers yang digunakan Suara.com terima belum lama ini.

Lantas, bagaimana mendapatkan nutrisi lebih tinggi baik dengan padanan makanan? Berikut panduannya.

1. Sayuran yang digunakan berwarna dengan sedikit lemak

Banyak buah lalu sayuran mengandung senyawa yang mana disebut karotenoid. Hal ini adalah pigmen alami yang memberikan warna pada makanan seperti tomat, wortel, kemudian bayam. Pigmen khususnya disebut lycopene, beta-karoten, juga lutein, secara berurutan.

Karotenoid berfungsi sebagai pencegah oksidasi pada tubuh, itulah sebabnya mengapa buah serta sayuran menjadi bagian penting dari pola makan sehat. Senyawa penting ini larut pada lemak, yang mana berarti ketika makan sayuran dengan sedikit lemak, tubuh dapat mengakomodasi lebih banyak sejumlah karotenoid. 

Jadi, menambahkan sedikit lemak sehat dari alpukat atau minyak zaitun ke salad akan membantu mengakomodasi karotenoid yang digunakan terdapat pada selada romaine, wortel, serta tomat.

2. Vitamin C dengan sayuran serta biji-bijian yang tersebut mengandung zat besi

Zat besi hadir pada dua bentuk yang mana berbeda. Salah satu bentuk disebut zat besi “heme” yang terdapat di ikan, daging, dan juga unggas, juga lebih lanjut mudah diserap oleh tubuh daripada zat besi “non-heme” yang terdapat pada makanan nabati.

Ketika Anda mengonsumsi Vitamin C bersatu dengan sumber zat besi non-heme, tubuh Anda akan mengakomodasi zat besi lebih banyak baik kemudian tak perlu pada jumlah agregat banyak. Jumlah Vitamin C di satu buah jeruk atau satu buah tomat hampir mampu tiga kali lipat penyerapan zat besi. 

Jadi, tomat di kari akan membantu mengangkat zat besi di kacang. Stroberi akan membantu mengakomodasi zat besi di sereal Anda. Zat besi pada bayam akan lebih lanjut baik diserap apabila menambahkan sepotong jeruk ke pada salad bayam.

3. Lemon lalu teh hijau

Fitonutrien teh hijau, yang mana terjadi secara alami dan juga mengandung beberapa pencegah oksidasi unik juga bermanfaat yang dimaksud disebut katekin, bertindak untuk membantu melindungi sel kemudian jaringan tubuh dari kecacatan oksidatif. Ketika menambahkan lemon ke teh hijau, Vitamin C dapat membantu tubuh menerima senyawa bermanfaat ini.

Jika bukan suka lemon pada teh, konsumsilah buah yang dimaksud kaya Vitamin C bersatu dengan minuman, seperti mangkuk buah beri atau jeruk yang mana dipotong-potong.

4. Ikan dan juga sayuran hijau

Ketika Anda minum susu yang difortifikasi dengan Vitamin D (seperti hampir semua susu sapi yang dimaksud dijual di area AS), Vitamin D membantu tubuh Anda menerima kalsium di susu. Tetapi ada cara lain yang mana bagus untuk mencocokkan dua nutrisi ini – ikan lalu sayuran. 

Ikan berlemak seperti salmon juga ikan makarel menyediakan Vitamin D, dan juga sayuran hijau seperti daun lobak, daun sawi, lalu kale menyediakan kalsium. Menggabungkan keduanya akan membantu tubuh Anda mengangkat kalsium di sayuran.

5. Campuran makanan nabati

Makanan nabati – termasuk buah, sayuran, dan juga kacang-kacangan – adalah beberapa sumber radikal bebas terbaik. Manfaat radikal bebas ini ditingkatkan ketika Anda mengonsumsi campuran makanan, daripada mengonsumsinya sendiri-sendiri. 

Kombinasi jeruk, apel, anggur, juga blueberry telah dilakukan terbukti memiliki kapasitas radikal bebas yang tersebut lebih tinggi tinggi daripada jumlah agregat yang digunakan setara dari setiap buah yang dimaksud dimakan secara individual.

Related Articles

Back to top button