Kesehatan

Catat! Hal ini 5 Bahaya Miras Oplosan, Salah Satunya Gangguan Penglihatan

Gragehotels.co.id – Kurnia Meiga belakangan banyak menjadi perbincangan sebab mengalami kebutaan. Dikabarkan oleh sebab itu kiriman santet, belakangan diketahui Kurnia Meiga kehilangan penglihatan akibat kecanduan minuman keras (miras) oplosan.

“Penyebab sakitnya itu alkohol, dokter udah bilang, tidak disantet,” ungkap mantan istri Kurnia Meiga, Azhiera Adzka Fathir di dalam kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo, Akhir Pekan (10/3/2024).

Diungkap oleh sang mantan istri, mantan kiper terbaik Timnas itu punya kebiasaan minum alkohol sejak usia 18 tahun.

Seperti yang tersebut diketahui, konsumsi alkohol yang mana berlebihan dapat berdampak buruk terhadap kemampuan fisik fisik, mental, dan juga hubungan sosial seseorang.

Efek buruknya akan berlipat ganda jikalau yang dimaksud diminum adalah miras oplosan. Sebab, jenis miras ini mengandung zat berbahaya yaitu metanol.

Lantas, apa cuma bahaya miras oplosan yang digunakan mampu muncul?

Ilustrasi miras oplosan. [Ist]
Ilustrasi miras oplosan. [Ist]

1. Gangguan Penglihatan

Senyawa metanol pada miras oplosan miliki efek racun pada saraf mata. Orang yang dimaksud kerap mengonsumsi miras oplosan berisiko tinggi mengalami gangguan mata, seolah-olah pandangannya dihalangi tirai hitam. Kondisi ini sulit diobati, bahkan bersifat permanen.

2. Gangguan Pernapasan

Orang yang tersebut minum miras oplosan umumnya mengeluhkan napas melambat dan juga tersengal-sengal. Di tahap lebih banyak parah, seseorang dapat mengalami henti napas serta henti jantung.

3. Pankreatitis

Efek buruk selanjutnya dari miras oplosan adalah pankreatitis akut, peradangan yang digunakan terjadi di area di pankreas. Kondisi ini ditandai dengan nyeri hebat di tempat bagian perut atas. Jika tidak ada segera diobati, berisiko memunculkan komplikasi kehancuran jaringan pankreas permanen.

Miras oplosan. (Suara.com/Rambiga)
Miras oplosan. (Suara.com/Rambiga)

4. Hepatitis

Miras oplosan dapat merusak sel-sel hati secara permanen yang digunakan memicu terjadinya hepatitis. Penyakit ini akan menyebabkan gangguan sistem metabolisme.

5. Sirosis Hati

Konsumsi alkohol, termasuk miras oplosan sanggup menjadi salah satu pemicu sirosis hati, yakni jaringan parut pada organ hati. Jika dibiarkan, sanggup menyebabkan kerusakan permanen pada organ hati lalu berujung pada kematian.

Demikian banyak bahaya miras oplosan. Kesemua efek buruk itu tak hanya sekali mengganggu kualitas hidup, tapi juga bisa jadi mengarah pada kematian.

Related Articles

Back to top button