Bisnis

Catat! 4 Ruas juga Akses Tol Berfungsi Ini adalah Dibuka untuk Mudik Lebaran 2024

Gragehotels.co.id – JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) menyiapkan empat ruas juga akses tol fungsional untuk arus mudik serta balik Lebaran 2024. Keempatnya adalah ruas Japek II Selatan, ruas Solo-Yogyakarta, fungsional tambahan 1 lajur di dalam ruas Palikanci, kemudian fungsional akses tol KM 99 ruas Cipularang.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, untuk Tol Yogya-Solo pada periode Lebaran 2024 ini terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari Colomadu sampai dengan Ngawen sepanjang 22,3 km dari sebelumnya Kartasura-Karanganom 13 km. Jalur fungsional ini akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali kemudian ke Jalan Nasional Yogya-Solo.

Dia mengatakan, jalur fungsional ini akan beroperasi pada pukul 06.00 sampai 17.00 Waktu Indonesia Barat pada periode arus mudik (5-11 April 2024) dan juga periode arus balik (12-15 April 2024) juga dibuka hanya sekali untuk kendaraan golongan 1 non-bus.

“Jalan tol fungsional yang digunakan menjadi favorit seperti periode sebelumnya seperti Yogya-Solo, ini kita persiapkan kemudian siap dibuka secara fungsional,” ujar Liste pada konferensi pers di tempat Kantornya, Kamis (21/3/2024).

Sementara itu, untuk jalur fungsional Japek II Selatan akan beroperasi dari SS Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8,5 km yang mana dioperasikan secara situasional. Pengoperasian sesuai diskresi Kepolisian untuk mengupayakan distribusi lalu lintas pada arus balik, tepatnya dari arah Bandung kemudian sekitarnya yang digunakan menuju Jabotabek melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jasa Marga juga mengoperasikan fungsional tambahan 1 lajur (2 lajur menjadi 3 lajur) pada Jalan Tol Palikanci KM 208+150 s.d KM 210+190 (sepanjang ±2,04 KM) juga mengoperasikan fungsional akses tol KM 99 Jalan Tol Cipularang baik arah Ibukota maupun arah Bandung.

Jasa Marga memproyeksikan total kendaraan yang melintas selama periode arus mudik lalu arus balik Lebaran 2024 atau H-7 sampai H+7 Lebaran tembus 3,78 jt kendaraan. Angka prediksi yang disebutkan merupakan nomor kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan juga GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa lalu Bandung), GT Ciawi (arah Puncak), kemudian GT Cikupa (arah Merak).

Related Articles

Back to top button