Cara Unreg Kartu Simpati Ternyata Seperti Ini!

Cara Unreg Kartu Simpati Ternyata Seperti Ini! – Kebijakan dari pemerintah di tahun 2018 untuk register kartu sim provider untuk registrasi menjadi kewajiban kita untuk registrasi kartu kita, selain registrasi ternyata ada juga cara untuk  membatalkan registrasi kartu  atau unreg kartu kita, karena masih banyak yang pengguna simpati tau cara membatalkan registrasi kartu atau unreg kartu simpati mereka, saya akan memberikan informasi mengenai cara untuk unreg dengan mudah, dan pengguna simpati mengerti cara unreg kartu simpati ternyata seperti ini!. Jika anda adalah pengguna simpati dan ingin unreg simpati anda berikut adalah penjelasan registrasi simpati.

Untuk para pengguna simpati jika anda ingin menggunakan nomor simpati yang baru maka saya disarankan untuk membatalkan registrasi atau unreg pada kartu ada yang sebelumnya karena jika kartu simpati anda di biarkan saja kemungkinan akan terjadi hal yang tidak di inginkan seperti penyalahgunaan data pribadi, penipuan dan kejahatan siber lainya. Contohnya seperti mereka menggunakan nomor pribadi anda untuk penipuan secara daring atau mereka menggunakan nomor pribadi anda untuk pinjaman online tanpa sepengetahuan anda.

Oleh karena itu kebijakan ini di ambil karena untuk mengurangi kejahatan siber tersebut di perlukan adanya membatalkan registrasi kartu atau unreg simpati anda  untuk menghindari kejahatan siber tersebut. Dan layanan untuk unreg simpati anda juga berguna agar tidak ada data ganda di Direktur Jendral Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil). Maka dari itu saya akan menyampaikan cara membatalkan registrasi kartu atau unreg kartu simpati anda.

Cara Unreg Kartu Simpati Ternyata Seperti Ini!

  1. Unreg Kartu Simpati Menggunakan Fitur SMS

Cara Unreg Kartu Simpati

Pilihan pertama saya akan menyampaikan cara yang termudah yaitu dengan unreg kartu simpati anda yang sudah terdaftar dengan menggunakan fitur SMS. Berikut adalah cara langkah – langkah unreg kartu Simpati :

  1. Langkah pertama siapkan dokumen KTP atau KK yang memiliki nomor induk kependudukan (NIK) untuk identitas anda.
  2. Lalu siapkan ponsel anda dan buka fitur SMS
  3. Langsung saja anda ketik UNREG#Nomor yang ingin di nonaktifkan,

contohnya : UNREG#080909090909

  1. Kirim ke pesan tersebut ke nomer 444
  2. Berikutnya anda akan menerima balasan dari simpati bahwa data KTP dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang melekat pada kartu simpati tersebut telah dihapus.
  3. anda telah selesai unreg kartu simpati anda.

Itu tadi adalah cara unreg Simpati, anda juga bisa melakukan unreg kartu Simpati itu sendiri tapi pastikan format yang anda masukan adalah benar jadi dibutuhkan kemampuan ketelitian ada untuk unreg kartu Simpati anda.

  1. Cara Unreg Kartu Simpati Menggunakan Kode Dial Up

Cara Unreg Kartu Simpati

Cara berikutnya untuk unreg kartu simpati yaitu dengan menggunakan kode dial up atau USSD, selain fitur sms cara ini bisa di bilang mudah karena bisa di lakukan dalam waktu yang singkat. Berikut ini adalah langkah – langkah untuk unreg kartu Simpati dengan kode dial up :

  1. Langkah pertama siapkan dokumen KTP atau KK yang memiliki nomor induk kependudukan (NIK) untuk identitas anda seperti di atas.
  2. Lalu siapkan ponsel anda dan buka aplikasi panggilan.
  3. Dan ketik *444#
  4. Setelah itu akan muncul pop up dan akan muncul pilihan untuk unreg kartu simpati.
  5. Lalu masukan kartu nomor kartu keluarga (KK) yang dulu pernah terdaftar di nomor Simpati anda.

Itu lah cara unreg Simpati menggunakan kode dial up, anda juga bisa melakukan unreg kartu Simpati itu sendiri tapi pastikan format yang anda masukan adalah bener dan pastikan ketika anda memasukan nomor KK kartu keluarga dengan ketelitian agar proses bisa berjalan dengan lancar.

  1. Cara Unreg Kartu Simpati Yang Sudah Mati Atau Hangus.

Pada saat ini banyak pengguna ponsel pintar yang memiliki fitur dual sim card termasuk juga para pengguna Simpati. Dan dalam hal ini akan mengakibatkan salah satu kartu simpati mereka akan terabaikan atau tidak digunakan lagi dan jika di biarkan kartu tersebut akan mati dan terblokir sendiri, padalah kartu tersebut belum di lakukan pembatalan registrasi kartu atau unreg. Untuk anda jika mengalami hal tersebut anda tidak perlu cemas karena untuk kartu yang sudah hangus akan secara otomatis data akan terhapus dari database Kominfo, untuk itu anda tidak perlu melakukan pembatalan registrasi kartu simpati anda yang sudah mati atau hangus.

  1. Cara untuk MengUnreg Simpati Yang Rusak

Selain kartu simpati yang hangus atau mati, bisa saja kartu simpati anda mengalami kerusakan dengan faktor yang beragam seperti kartu Simpati anda tergores, kartu Simpati anda patah dan kartu Simpati anda kotor sehingga membuat kartu simpati anda tidak terbaca oleh ponsel pintar anda. Jika anda yang ingin membatalkan registrasi kartu atau unreg kartu anda yang sudah rusak anda bisa langsung menghubungi call center simpati atau langsung saja anda mengunjungi GraPARI terdekat di lokasi kota anda. Adapun call center yang bisa di hubungi adalah :

  1. Ada di help center di aplikasi Mytelkomsel.
  2. Melalui situs resmi milik simpati.
  3. Melalui whatsapp di nomor 0811-1111-1111
  4. Atau bisa juga melalui call center Facebook, Telegram, dan LINE.

 

  1. Ini Cara untuk Unreg Kartu Simpati Yang Hilang

Sering terjadi dalam hidup kita kasus kehilangan handphone dan setelah itu data yang ada di handphone tersebut di salahgunakan oleh orang yany tidak kita kenal. Jika anda mengalami hal tersebut maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah  segera melacak keberadaan dimana handphone anda tersebut agar bisa di temukan, jika handphone anda tidak di temukan maka anda harus segera memblokir beberapa data penting seperti M-Banking sosial media bahkan nomer Simpati ponsel anda.

Untuk melakukan unreg atau membatalkan registrasi kartu simpati anda yang hilang anda bisa langsung mengunjungi ke gerai telkomsel atau GraPARI terdekat di kota anda. Setelah sampai di sana mintalah keoperator untuk membantu menonaktifkan simpati anda. Dengan membawa nik dan nomor kk yang pernah anda gunakan untuk daftarkan kartu simpati anda tersebut. setelah itu petugas akan memproses anda dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menonaktifkanya.

Berikut adalah langkah – langkah yang dilakukan :

  1. Siapkan dokumen yang di perlukan seperi NIK KTP dan nomor kartu keluarga KK
  2. Kunjungi gerai telkomsel atau GraPARI
  3. Setelah sampai sebutkan kekeprluan anda untuk menonaktifkan kartu yang hilang.
  4. Setelah itu berikan NIK KTP dan nomor kartu keluarga KK anda yang anda siapkan tadi.
  5. Dan setelah itu petugas operator akan memproses dan tidak membutuhkan waktu yang lama.
  6. Tunggu sampai proses yang di lakukan petugas operator selesai.
  7. Dan sampai di tahap itu anda selesai menonaktifkan kartu anda yang hilang.

Itulah semua adalah untuk cara untuk unreg simpati atau menonaktifkan kartu simpati anda. semoga bermanfaat untuk anda, terimakasih.

Baca Juga : Cara Unreg Kartu Axis Gampang dan Anti Ribet

5/5 - (389 votes)

Leave a Comment