Cara Transfer Pulsa Indosat

Cara Transfer Pulsa Indosat? Berikut Tutorialnya Pulsa memang tak lagi sekrusial dahulu. Di zaman serba online seperti saat ini, kebanyakan orang lebih membutuhkan paket internet dibandingkan dengan pulsa.

Hal ini dikarenakan, cukup dengan memiliki paket internet, maka kita sudah dapat berkirim pesan, melakukan panggilan telepon, dan tentu saja berselancar di dunia maya. Sementara, penggunaan pulsa cukup terbatas.

Meski begitu, fenomena tersebut bukan berarti pulsa sudah tidak dibutuhkan lagi oleh para pengguna. Nyatanya, pulsa memang masih dibutuhkan karena dapat digunakan untuk menambah masa aktif kartu pelanggan, hingga membeli paket internet.

Keberadaan pulsa juga akan menyelamatkan kita di kala jaringan internet bermasalah. Karena kita tetap akan bisa berkomunikasi atau sekedar memberi kabar kepada teman dan keluarga.

Pentingnya memiliki pulsa, membuat berbagai penyedia layanan telekomunikasi menambahkan fitur transfer pulsa yang bisa dimanfaatkan para pelanggan.

Salah satu penyedia tersebut adalah Indosat. Kamu yang menggunakan Indosat, pasti sudah pernah mendengar tentang layanan ini bukan? Namun, tahukah kamu bagaimana cara transfer pulsa Indosat?

Dibandingkan dengan operator lain, Indosat memiliki keunggulan dalam layanan transfer pulsanya. Keunggulan itu adalah, dengan menggunakan Indosat, kamu bukan hanya bisa mentransfer pulsa ke sesama Indosat melainkan juga ke operator lain.

Layanan yang unik ini tentunya akan sangat membantu ketika kita ingin mengirimkan pulsa kepada seseorang. Atau bisa jadi, di saat kita sendirilah yang membutuhkan transfer pulsa dari teman atau keluarga.

Meskipun memang Indosat menyediakan fitur pulsa SOS bagi pelanggannya yang membutuhkan pulsa darurat, namun sepertinya fitur SOS ini kurang begitu diminati.

Pasalnya saat kita menggunakan pulsa SOS, nantinya kita diharuskan membayar kembali pulsa yang kita pinjam tersebut. Ditambah lagi, ada semacam bunga yang dikenakan terhadap pinjaman tadi. Sehingga kita harus membayar lebih dari nominal yang telah dipinjam.

Alasan itulah yang membuat layanan transfer pulsa terlihat lebih diminati dibandingkan layanan pulsa SOS yang disediakan oleh operator.

Beberapa kalangan lebih memilih untuk meminta transfer dari kerabat yang mereka kenal, dibandingkan harus berhutang pulsa kepada pihak operator. Transfer pulsa dianggap lebih hemat biaya dan lebih praktis.

Nah, pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan mengenai serba-serbi cara untuk melakukan transfer pulsa dengan menggunakan Indosat.

Namun sebelum membahas langkah-langkahnya, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pelanggan yang ingin mentransfer pulsa. Berikut ini pembahasannya:

Syarat dan Cara Transfer Pulsa Indosat

Mengenai cara agar bisa mentransfer pulsa Indosat yang kita miliki, sederet persyaratan di bawah ini perlu kamu penuhi. Apa saja persyaratan itu?

  1. Hal pertama yang harus dipastikan adalah bahwa baik nomor pengirim maupun nomor penerima, keduanya masih memiliki masa aktif. Jika salah satu ada yang sedang berada dalam masa tenggang, proses transfer pulsa yang dilakukan akan gagal.
  2. Selanjutnya, pastikan pula bahwa pihak yang akan mengirimkan pulsa nantinya akan memiliki sisa saldo minimal 5000. Artinya, jika pengirim ingin melakukan transfer sebesar 10.000, maka ia harus menyediakan pulsa minimal 15.000.
  3. Baik ketika ingin mentransfer atau menerima pulsa, nominal maksimal yang bisa diproses adalah sebesar 200.000. Lebih dari itu, maka transfer pulsa akan gagal.
  4. Karena yang pertama akan kita bahasa adalah bagaimana mentransfer pulsa ke sesama Indosat, maka pastikan nomor pengirim dan nomor penerima merupakan sesama pengguna Indosat.

Seperti itulah persyaratan yang harus kamu penuhi jika ingin mengirim pulsa ke sesama Indosat. Setelah membahas mengenai persyaratan, mari kita langsung masuk ke pembahasan langkah-langkah untuk melakukan transfer pulsa Indosat.

Ada setidaknya 2 cara transfer pulsa Indosat, yaitu via SMS dan via kode USSD.

Cara Transfer Pulsa Sesama Indosat

Cara Transfer Pulsa Indosat

Cara pertama yang akan dibahas, adalah melakukan transfer lewat metode SMS. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi SMS dan bersiaplah membuat pesan baru.

Pada kolom pesan baru, ketik Transfer pulsa (spasi) nomor tujuan (spasi) nominal pulsa yang akan ditransfer. Pesan tersebut perlu kamu kirimkan ke nomor 151.

Jika pesan sudah terkirim, tunggulah hingga mendapat pesan konfirmasi dari 151. Pesan konfirmasi tersebut akan berisi pertanyaan apakah nomor tujuan yang dicantumkan sudah benar, dan apakah nominal pulsa yang dimasukkan juga sudah benar.

Pastikan bahwa nomor tujuan dan nominal yang akan ditransfer sudah sesuai. Jika memang belum sesuai dan ada kesalahan, kamu bisa membatalkan terlebih dahulu.

Sedangkan jika kamu sudah yakin bahwa nomor tujuan dan nominal pulsa sudah benar, maka silahkan balas pesan konfirmasi tersebut dengan ok (spasi) nomor token.

Nah, bagaimana dengan langkah-langkah melakukan transfer lewat kode USSD?

Mentransfer lewat kode USSD pun terbagi lagi ke dalam 2 cara, tergantung apakah si pengirim menggunakan kartu Indosat prabayar ataukah kartu Indosat pasca bayar.

Untuk pengguna kartu Indosat jenis prabayar, maka langlah pertama adalah masuk ke aplikasi panggilan. Masukkan nomor *123*151#. Lalu, tekan tombol panggilan.

Kamu akan mendapat sebuah balasan yang meminta untuk mengisi nomor tujuan dan nominal pulsa yang akan ditransfer. Silahkan mengisikan keduanya terlebih dahulu, setelah itu klik kirim.

Periksa kembali apakah nomor dan nominal yang dimasukkan sudah benar. Jika sudah, ketik angka 1 untuk mengkonfirmasi bahwa semua sudah sesuai dan kamu setuju untuk mentransfer pulsa. Tunggulah hingga ada pemberitahuan bahwa pulsa sudah terkirim ke nomor tujuan.

Sedangkan bagi kamu yang merupakan pengguna kartu pasca bayar, langkah pertamanya adalah sama-sama harus masuk ke menu panggilan. Bagi pengguna pasca bayar, nomor yang harus diketikkan adalah *123716*1#. Lalu tekan tombol panggilan.

Sama seperti pengguna prabayar, kamu akan melihat perintah untuk mencantumkan nomor tujuan dan nominal transfer. Setelah itu klik kirim.

Balasan yang meminta kamu memastikan kesesuaian data yang telah dimasukkan akan muncul di layar. Periksa apakah benar sudah sesuai, kemudian ketik angka 1 dan klik kirim untuk mulai mentransfer pulsa.

Seperti itulah contoh cara transfer pulsa Indosat kepada sesama pengguna operator Indosat. Kemudian, bagaimana jika ingin mentransfer ke operator lain?

Cara Transfer ke Operator Lain

Cara Transfer Pulsa Indosatz

Untuk melakukan transfer pulsa ke operator lain pun terbagi menjadi 2 cara, yaitu untuk pengguna kartu prabayar dan pengguna kartu pasca bayar.

Pertama, untuk pengguna kartu prabayar. Kamu cukup membuka aplikasi panggilan, lalu tekan nomor *123723*1# untuk mulai melakukan transfer. Telepon nomor tersebut, masukkan nomor dan nominal pulsa, lalu konfirmasi jika semuanya sudah benar.

Kedua, untuk mereka yang menggunakan kartu pasca bayar. Pada aplikasi panggilan, ketik nomor *123716*1# dan ikuti perintah selanjutnya. Jangan lupa untuk mengecek apakah nomor tujuan dan nominal pulsa, dan konfirmasilah jika sudah sesuai.

Begituah penjelasan dan langkah-langkah mengenai cara transfer pulsa Indosat. Kamu bisa melakukannya baik ke sesama Indosat ataupun ke operator lain. Dengan begitu, tak ada masalah jika nantinya kamu harus membantu teman dan keluarga yang membutuhkan.

Baca Juga : Daftar Paket Internet 5G Indosat

5/5 - (389 votes)

Leave a Comment