Cara Stop atau UNREG Paket Data Telkomsel

Cara Stop atau UNREG Paket Data Telkomsel – Masih banyak pelanggan Telkomsel yang tidak tahu bagaimana cara stop atau UNREG data Telkomsel. Pada paket data dari Telkomsel ini harus di stop atau di non aktifkan saat masa berlakunya akan habis. Karena jika tidak, nomor kamu akan dianggap ingin mendaftar ulang paket yang sama.

Akibatnya, pulsa yang ada pada saldo Telkomsel kamu akan tersedot secara otomatis untuk mengaktifkan ulang paket. Mungkin hal ini tidak masalah malah akan semakin mempermudah kamu sebagai pengguna. Andai saja kamu memang ingin mengaktifkan kembali paket internet yang sama.

Kamu pun tidak perlu melakukan pendaftaran atau pembelian ulang. Tinggal membeli pulsa sejumlah harga paket. Maka paket akan aktif sekali secara otomatis. Namun mungkin saja kamu ingin mencoba paket lain dari Telkomsel yang lebih murah. Atau mengaktifkan paket lain, tentu saja. Kamu perlu menstop terlebih dahulu.

4 Cara Stop atau Unreg Paket Data Telkomsel

Sebenarnya cara menghentikan berlangganan paket data Telkomsel ini sangatlah mudah. Bahkan kamu sebagai pelanggan sudah disediakan 3 cara untuk melakukannya. Jika memang kamu tidak ingin melanjutkan paket berlangganan internet yang sama.

Kamu bisa menggunakan salah satu cara yang akan dijelaskan di bawah ini untuk menghentikan paket. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan.

 1. Menelepon Kode USSD

Cara Stop atau UNREG Paket Data Telkomsel

Cara stop atau UNREG Paket data Telkomsel yang pertama adalah melalui kode panggilan USSD. Kode panggilan USSD yang berlaku untuk jaringan telkomsel adalah *363#. Kode panggilan USSD ini sebenarnya bukan kode khusus untuk menghentikan paket internet saja.

Saat mendaftar atau memilih paket data yang ingin diaktifkanpun bisa melalui nomor dial USSD ini. Namun kali ini yang dibahas adalah bagaimana cara kamu memanfaatkan nomor ini untuk  menghentikan paket data melalui nomor ini. Berikut ini adalah tahapannya.

  • Pertama tentu kamu harus mengetikkan kode panggilan USSD itu pada papan nomor. Kemudian tekan tombol panggil. Kemudian tunggu sampai kotak dialog dari kode tersebut keluar.
  • Pada kotak dialog yang keluar berbagai promo-promo dan paket yang ditawarkan oleh Telkomsel. Scroll sampai ke baris paling bawah, biasanya berada pada nomor 8. Akan ada pilihan ‘Berhenti’.
  • Ketikan nomor 8 , kemudian tekan lanjutkan sampai kotak dialog selanjutnya muncul kembali.
  • Pada kotak dialog selanjutnya akan muncul paket-paket apa saja yang aktif pada nomor kamu. Kotak dialog ini akan membantu kamu untuk memilah paket mana yang memang ingin dimatikan dan mana yang masih ingin dilanjutkan masa aktifnya.
  • Kemudian pilih paket data yang memang ingin kamu matikan sesuai dengan nomor yang tertera di samping nama paket. Ketikan nomor tersebut pada kolom dan klik ‘Lanjutkan’.
  • Selanjutnya akan muncul pemberitahuan pada tampilan layar kamu. Bahwa permintaan kamu sedang diproses untuk diberhentikan. Kotak dialog akan menghilang dengan notifikasi tersebut.
  • Tidak lama kemudian akan datang SMS dari nomor 363 yang menyatakan jika paket kamu berhasil diberhentikan.

Itulah cara memanfaatkan tombol dial untuk menghentikan langganan paket internet. Jika ada lebih satu paket yang ingin dihentikan. Maka kamu bisa mengulangi langkah-langkah dial di atas sampai semua paket yang ingin kamu hentikan langgananya sudah resmi dihentikan.

2. Mengirimkan SMS untuk Berhenti Berlangganan

Selain menggunakan panggilan untuk menghentikan paket internet berlangganan. Kamu juga bisa memanfaatkan SMS untuk menghentikan langganan internet ini. Namun untuk memanfaatkan SMS ini kamu harus mengetahui format SMS yang tepat. Yang sesuai dengan jenis paket internet yang ingin kamu hentikan.

Sebenarnya panggilan dial bia lebih cepat untuk menghentikan paket berlangganan dari pada menggunakan format SMS. Namun jika kamu sudah mengetahui formatnya, maka menonaktifkan dari SMS bisa jadi lebih cepat. Beberapa format yang bisa kamu gunakan untuk menonaktifkan paket internet Telkomsel seperti berikut ini

  • Untuk Paket yang Sifatnya Unlimited

Untuk paket internet Telkomsel yang sifatnya unlimited maka kode dalam format SMSnya adalah UL. Sehingga jika diketikan formatnya akan menjadi sebagai berikut.

UL (spasi) OFF

Format di atas dikirim pada nomor 3636. Setelah dikirim tidak lama kemudian, kamu akan menerima pesan pemberitahuan. Bahwa paket unlimited Telkomselmu telah berhasil di non aktifkan melalui SMS.

  • Untuk Paket yang Sifatnya Volume Based

Paket internet volume based ini di mana ada jumlah kuota tertentu yang bisa digunakan oleh kamu ketika mendaftar. Kuota volume based pada Telkomsel disebut juga dengan paket Flash. Karena itu untuk menon aktifkannya dibutuhkan kode FLASH pada format SMS. Sehingga penulisannya akan menjadi seperti ini.

FLASH (spasi) OFF

Sama seperti sebelumnya, format SMS ini juga dikirimkan pada nomor 3636. Tidak lama kemudian, kamu akan menerima pesan pemberitahuan bahwa paket internet Flashmu berhasil diberhentikan langganannya.

3. Memanfaatkan Aplikasi MyTelkomsel

Jika kamu masih memiliki jaringan internet di smartphone kamu. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi MyTelkomsel saja untuk menghentikan paket internet Telkomsel yang berlangganan. Cara ini akan lebih mudah jika dibandingkan dengan kedua cara yang dijelaskan sebelumnya.

Setelah download aplikasi MyTelkomsel kamu bisa langsung login dengan menggunakan nomor kamu. Kemudian ikuti langkah di bawah ini untuk menghentikan langganan paket telkomsel kamu.

  • Pada halaman pertama MyTelkomsel, pilih menu ‘Akun Saya’. Pilihan ini biasanya berada di bagian tombol menu paling atas dalam aplikasi.
  • Kemudian pilih menu ‘Paket’ yang ada di dalam menu ‘Akun Saya’.
  • Kamu bisa melihat melalui menu tersebut, paket mana saja yang aktif dan dalam status berlangganan pada nomormu.
  • Jika ingin menghentikannya, kamu tinggal pilih saja paket yang mana yang diinginkan.Masuk ke detail paket. Kemudian pilih tombol berhenti yang ada di dalam detail paket tersebut.
  • Tunggu sampai akhirnya ada pesan pemberitahuan yang masuk bahwa paket internet sudah berhasil dimatikan.

Sebenarnya aplikasi MyTelkomsel ini tidak hanya berfungsi untuk menghentikan langganan paket internet saja. Kamu juga bisa membeli paket internet dari aplikasi ini, mengecek pulsa, bahkan bisa mendapatkan promo khusus jika membeli paket internet dari MyTelkomsel.

4. Menelepon Bagian Customer Servicex

Cara Stop atau UNREG paket data Telkomsel yang terakhir adalah dengan menelepon atau menghubungi bagian customer service dari Telkomsel. Perlu diingat cara ini merupakan langkah terakhir. Hanya gunakan saat kamu sudah mencoba ketiga cara di atas namun tidak berhasil. Karena mungkin terjadi gangguan pada jaringan.

Customer service bisa mematikan langganan paket internet Telkomsel kamu langsung dari servernya. Sehingga pulsa kamu tidak akan tersedot setelah masa aktif dari paket internet tersebut berakhir.

Itulah penjelasan mengenai cara stop atau UNREG paket data Telkomsel. Ternyata ada banyak sekali cara yang dlakukan untuk melakukannya. Kamu sebagai pelanggan Telkomsel tidak perlu bingung lagi dan jangan sampai membiarkan pulsa kamu tersedot lagi.

Baca Juga : APN Telkomsel Tercepat

5/5 - (389 votes)

Leave a Comment