Cara Share Screen Di Zoom

Cara Share Screen Di Zoom – Dunia hari ini semakin canggih dalam mengedepankan serta memanfaatkan teknologi. Kebetulan atau tidak, berawal dari munculnya pandemi Covid-19 tentu membuat hampir seluruh aktifitas seluruh orang di dunia menjadi daring.

Agar tetap lancar dalam beraktifitas daring seperti proses belajar mengajar, pekerjaan hingga hal lain yang keseluruhan dilakukan dari masing-masing kediaman tentunya memerlukan platform aplikasi yang memadai yang dapat menunjang performance.

Sambil menunggu semuanya pulih dan walaupun pandemic berangsur-angsur berkurang, aktifitas daring tersebut ternyata tidak lantas surut. Kebanyakan aktifitas tersebut dilakukan menggunakan platform konferensi menggunakan video untuk bertatap muka.

Ternyata terdapat banyak platform untuk melakukan konferensi daring menggunakan video untuk tatap muka, salah satunya aplikasi yang selalu dipakai untuk aktifitas tersebut ialah aplikasi Zoom Meeting yang semakin populer saat ini.

Nah pada platform atau aplikasi konferensi video daring tersebut terdapat banyak fitur yang dapat bermanfaat bagi siapapun yang menggunakannya, termasuk fitur ‘Share Screen’ yang memiliki fungsi dalam membagikan tampilan layar desktop anda.

Tidak hanya layar desktop (dalam hal ini perangkat seperti computer/pc/laptop) namun juga ia dapat membagikan tampilan layar dari ponsel anda (jika anda menggunakan ponsel) kepada peserta tatap muka aplikasi Zoom.

Nah pada umumnya hal tersebut diberlakukan saat anda atau mungkin orang lain yang sedang melakukan aktifitas misalnya seperti presentasi yang mana perlu menampilkan atau menunjukan bahan presentasi tersebut kepada peserta konferensi video yang lain.

Walau begitu, mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang teknis atau cara share screen di Zoom tersebut. Nah untuk anda yang mungkin belum mengetahuinya secara terperinci, kali ini akan dijelaskan sedetail mungkin agar anda lebih memahaminya.

Tidak hanya dijelaskan mengenai share screen tersebut, namun agar lebih jelas lagi akan dijelaskan pula mengenai share screen menggunakan dua perangkat penting yakni melalu PC atau laptop dan juga melalui ponsel anda.

Nah untuk melakukan share screen atau membagi tampilan layar anda kepada pengguna Zoom Meeting lainnya anda perlu melakukan hal utama yang tidak boleh anda lupa.

Pastikan dahulu anda haruslah menjadi ‘Host’ pada pertemuan daring tersebut atau setidaknya anda telah mendapatkan izin dari host untuk melakukan share screen untuk melakukan presentasi dan membagikannya kepada peserta meeting yang lain.

Cara Share Screen di Zoom Melalui PC / Laptop / Komputer

Pertama-tama anda perlu memilih juga mempersiapkan materi apa yang akan anda presentasikan pada meeting online atau pertemuan daring anda.

Kemudian jika anda sudah menyiapkan file yang akan dibagikan pada zoom meeting, anda bisa pergi menuju ‘desktop’ lalu anda bisa membuka platform atau aplikasi ‘Zoom’ yang terdapat di layar utama anda atau dimanapun anda menyimpan aplikasi tersebut.

Jika anda sudah menemukan dimana aplikasi ‘Zoom’ anda tersebut berada anda perlu membukanya dengan mengklik aplikasi tersebut. Jika anda sudah membukanya maka anda akan berada pada layar utama Zoom itu sendiri.

Jika anda sudah berada pada layar utama Zoom, anda perlu masuk ke room atau ruang meeting dimana anda akan melakukan presentasi dengan melakukan join. Jika anda sudah berada di dalam meeting, pastikan anda adalah hostnya.

Atau jika anda bukanlah host pada meeting tersebut maka mintalah izin kepada host untuk melakukan presentasi dengan melakukan share screen. Anda bisa menanyakan perihal izin tersebut secara langsung maupun menggunakan fitur chat.

Jika anda sudah diberikan izin oleh host atau mungkin anda sendiri adalah hostnya anda bisa langsung mengklik menu ‘Share Screen’ yang ada pada layar anda yang biasanya terletak pada bagian tengah bawah layar perangkat anda.

Jika anda sudah menemukannya dan sudah mengkliknya, kemudian layar anda akan memberikan beberapa tampilan berupa opsi layar yang ingin anda bagikan, contohnya ialah seperti aplikasi yang sedang terbuka atau ‘white board’.

Nah file untuk presentasi yang sudah anda persiapkan sebelumnya tadi bisa anda pilih dan buka lalu bisa langsung anda bagikan dengan mengklik ‘Share’ atau ‘Bagikan’ yang mana ini terdapat pada ujung bawah kanan layar anda.

Jika sudah, maka akan otomatis file anda tadi muncul di layar semua peserta meeting anda dan mereka dapat menyaksikan file atau bahan presentasi yang anda bagikan. Untuk lebih memastikan anda bisa menanyakan apakah layar sudah muncul.

Nah untuk menghentikan aktifitas membagi layar anda bisa melakukannya dengan cara yang cukup simple, klik tulisan ‘Stop Share’ yang tersedia pada layar anda.

Cara Share Screen di Zoom Melalui Mobile / Ponsel / HP

Cara Share Screen Di Zoom

Tidak jauh berbeda dengan cara diatas yakni melalui PC atau Laptop atau computer, cara share screen atau membagikan layar di Zoom melalui mobile atau ponsel atau HP anda pun tidak kalah simple dan mudah untuk dilakukan lho.

Pertama-tama anda perlu memilih juga mempersiapkan materi apa yang akan anda presentasikan pada meeting online atau pertemuan daring yang terdapat pada ponsel anda.

Kemudian jika anda sudah menyiapkan file yang akan dibagikan pada zoom meeting, anda bisa pergi menuju ‘Main Menu’ atau dimanapun anda meletakan aplikasi ‘Zoom’ pada ponsel anda.

Setelah itu anda bisa membuka platform atau aplikasi ‘Zoom’ yang terdapat di layar ponsel anda atau dimanapun anda menyimpan aplikasi tersebut.

Jika anda sudah menemukan dimana aplikasi ‘Zoom’ anda tersebut berada anda perlu membukanya dengan mengklik aplikasi tersebut. Jika anda sudah membukanya maka anda akan berada pada layar utama Zoom itu sendiri.

Jika anda sudah berada pada layar utama Zoom, anda perlu masuk ke room atau ruang meeting dimana anda akan melakukan presentasi dengan melakukan join. Jika anda sudah berada di dalam meeting, pastikan anda adalah hostnya.

Atau jika anda bukanlah host pada meeting tersebut maka mintalah izin kepada host untuk melakukan presentasi dengan melakukan share screen. Anda bisa menanyakan perihal izin tersebut secara langsung maupun menggunakan fitur chat.

Jika anda sudah diberikan izin oleh host atau mungkin anda sendiri adalah hostnya anda bisa langsung mengklik menu ‘Share’ yang ada pada layar anda yang biasanya terletak pada bagian tengah bawah layar perangkat anda.

Jika anda sudah menemukannya dan sudah mengkliknya, kemudian layar anda akan memberikan beberapa tampilan berupa opsi layar yang ingin anda bagikan, kemudian anda dapat mengklik tulisan ‘Screen’ dan pilih lah opsi ‘Start Now’.

Bila sudah, maka aplikasi Zoom pun akan secara otomatis membagikan semua tampilan layar ponsel anda. Untuk selanjutnya anda bisa mengklik tombol yakni ‘Recent Apps’ yang berada pada bawah layar anda (menyesuaikan ponsel).

Nah jika sudah muncul segala aplikasi, anda bisa memilih PPT atau materi yang telah anda buka atau persiapkan. Selanjutnya pilihlah ‘Full Screen’ agar tampilannya bisa lebih luas. Nah untuk mengganti materi atau PPT anda anda bisa melakukannya dengan mudah.

Saat Share Screen aktif, video ponsel akan nonaktif. Alhasil, Anda tidak bisa menampilkan wajah Anda dan Anda tidak bisa melihat wajah orang lain Untuk kembali ke aplikasi Zoom Meeting, klik recent apps Kemudian, untuk menghentikan Share Screen, klik Stop Share.

Anda cukup mengusap atau melakukan swipe pada layar ponsel anda ke kanan maupun kekiri saat fitur ‘Share Screen’ aktif dan video ponsel anda akan secara otomatis non-aktif. Maka anda pun tidak dapat menampilkan wajah anda.

Selain wajah anda yang tidak dapat tampil, anda pun tidak dapat melihat wajah pengguna atau peserta lainnya. Nah untuk kembali pada aplikasi Zoom meeting anda, anda dengan mudah hanya cukup melakukan klik ‘Recent Apps’.

Jika anda sudah selesai melakukan presentasi tersebut dan anda pun ingin menghentikan pembagian layar, anda bisa cukup melakukan klik pada tulisan ‘Stop Share’.

Maka anda tetap pada meeting namun hanya berhenti dalam membagikan file atau presentasi anda. Selamat mencoba dan semoga informasi tadi bermanfaat!

Baca Juga : GB Instagram Aplikasi Instagram yang Unik

5/5 - (389 votes)

Leave a Comment