Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Dimatikan

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Dimatikan– Mengapa HP tiba-tiba mati sendiri saat digunakan? Berikut beberapa alasannya. Kini smartphone atau ponsel pintar menjadi salah satu perangkat penting yang digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari mulai dari menelepon, mengirim SMS, bekerja, membuka aplikasi pembelajaran, mengedit dokumen, memutar musik, menonton video, hingga bermain game.

Berkat perangkat ini, keberadaan telepon kabel semakin berkurang karena fleksibilitas telepon seluler yang mudah dibawa kemana-mana. Dengan kata lain, saat ini banyak orang yang bergantung pada ponsel untuk komunikasi dan aktivitas sehari-hari.

Namun apa jadinya jika hp kamu tiba-tiba mati sendiri padahal dalam kondisi penting. Untuk itu, sebaiknya kenali dulu masalah terkait penyebab HP bisa tiba-tiba mati sendiri. Berikut dibawah ini cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Dimatikan atau hp hang, simak ulasan.

Alasan Kenapa HP Tiba-tiba Mati

Masalah Sistem

Sistem operasi merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah ponsel agar komunikasi antara perangkat lunak dan perangkat keras berjalan selaras sehingga fungsi perangkat dapat berjalan dengan baik.

Namun terkadang sistem mengalami masalah yang disebabkan oleh banyak hal, seperti malware atau bug, sehingga ponsel tiba-tiba mati sendiri. Untuk itu, sebaiknya Anda mengupgrade sistem operasi jika muncul update terbaru dari pabrikan.

Jika masalah masih ada setelah pembaruan, maka Anda dapat melakukan Factory Reset atau Hard Reset ketika ponsel sering tiba-tiba mati karena sudah pasti ada yang salah. Factory Reset biasanya masih bisa dilakukan di sistem operasi, namun Hard Reset harus mengunjungi Recovery Mode terlebih dahulu.

Keluar Dari Kapasitas Internal

Selain file, aplikasi, dan game, biasanya sistem juga disimpan di penyimpanan internal. Namun biasanya ketika kapasitas internal hampir penuh, sistem operasi seluler akan menampilkan peringatan dan berjalan lambat.

Parahnya lagi, kapasitas internal yang hampir habis ini membuat ponsel hang atau bahkan tiba-tiba mati sendiri. Untuk itu, sebaiknya longgarkan kapasitas dengan sisa minimal 4 GB atau lebih baik 10 GB agar hp anda tidak eror.

Efek Samping Rooting

Dengan rooting, pengguna biasanya dapat mengakses semua sistem seluler dari skala perangkat lunak dan perangkat keras. Namun, meski banyak manfaatnya, terkadang terlalu banyak akses ke sistem perangkat keras juga bisa menyebabkan ponsel mati mendadak.

Biasanya produsen ponsel telah membatasi akses pengguna ke beberapa sistem penting agar tidak menimbulkan kesalahan yang tidak diinginkan. Untuk itu, Anda dapat melakukan unroot atau menghapus akses root agar sistem kembali ke kondisi semula.

Baterai Tidak Sehat

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Dimatikan

Ponsel dengan masa pakai lebih dari 2 tahun atau 3 tahun biasanya membuat baterai tidak lagi dalam kondisi prima. Bahkan ponsel yang tidak mendapatkan perawatan intensif akan menyebabkan baterai cepat menjadi tidak sehat.

Apalagi, meski tertulis persentase baterai 100%, ternyata hanya dalam hitungan menit tiba-tiba mati. Untuk itu sebaiknya Anda pergi ke service center terdekat untuk menggantinya dengan baterai baru yang segar agar ponsel tetap dalam kondisi prima.

Sering Digunakan Untuk Aktivitas Berat

Biasanya untuk para gamers, handphone akan lama digunakan tergantung seberapa bagus game yang dimainkan. Jika proses bermain game berat dilakukan terus menerus dalam waktu yang lama, tidak jarang ponsel mudah panas dan merusak beberapa komponen ponsel.

Ini juga bisa menyebabkan HP mati sendiri secara tiba-tiba. Untuk itu sebaiknya jangan biarkan hp panas terus menerus apalagi akibat main game agar tidak cepat rusak. Namun, jika sudah ada komponen yang rusak, maka sebaiknya Anda mengunjungi service center terdekat.

Umur Handphone Sudah Tua

Biasanya untuk hp yang sudah berumur, dari 3 tahun sampai 5 tahun, ada komponen yang pelan-pelan tidak lagi bekerja maksimal. Hal ini bisa terjadi karena pabrikan sendiri sudah memperhitungkan keawetan dari setiap komponen yang ada di dalam HP tersebut.

Bahkan di luar negeri, handphone harus dibuang pada usia 5 tahun karena diperkirakan banyak komponen yang sudah mulai rusak sehingga bisa menyebabkan handphone tiba-tiba mati dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Hp Android Hang Tidak Bisa Dimatikan

Cara Mengatasi Hp Android Hang bisa dilakukan dengan mudah dengan cara melepas baterai. Namun sekarang semua smartphone Android sudah menggunakan baterai bawaan sehingga cara tersebut tidak bisa digunakan. Lalu apakah ada cara lain untuk mengatasi masalah ini?

Smartphone yang hang tentu saja ada alasannya. Ada banyak alasan yang bisa membuat ponsel Android hang. Salah satunya karena kehabisan memori internal sehingga kinerja smartphone terganggu dan berakhir hang. Selain itu, kapasitas Ram yang habis juga bisa menjadi penyebab masalah ini.

Dari sisi software, hp android yang hang bisa disebabkan oleh aplikasi yang crash atau terdapat bug pada sistem operasi. Jika hang, layar smartphone tidak dapat merespon sentuhan sehingga tidak dapat dimatikan atau dihidupkan ulang. Padahal, untuk mengatasi ponsel android hang, Anda harus me-restart-nya.

Untungnya masih ada cara mengatasi hp android hang yang bisa kita coba tanpa perlu cabut baterai. Cara yang kami sampaikan kali ini terbukti berhasil di semua tipe hp android yang menggunakan baterai bawaan.

Tutorial Cara Mengatasi Hp Android Hang

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Dimatikan

Langkah pertama untuk mengatasi hp android hang adalah dengan restart atau matikan terlebih dahulu. Namun mengingat layar tidak akan merespon sentuhan, kita harus mematikan atau me-restart ponsel android yang hang secara paksa.

Menggantung ponsel android tidak bisa dimatikan. Untuk mati kita harus menggunakan kekuatan dengan menekan tombol Power selama mungkin sampai smartphone benar-benar mati. Setelah mati maka coba hidupkan kembali .

Cara mengatasi hp android hang selanjutnya adalah dengan restart paksa smartphone blank tersebut. Caranya sangat mudah, Mi Fans hanya perlu menekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama kurang lebih 10 detik. Kemudian smartphone akan restart secara otomatis.

Cara Mengatasi Android Hanging

Jika cara paksa restart di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba cara lain dengan menekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan. Kemudian tunggu sekitar 10 detik hingga smartphone restart Cara lain adalah dengan memikat smartphone ke mode Fastboot Android.

Nah untuk masuk ke mode ini silahkan tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan. Tekan terus kombinasi tombol tersebut hingga smartphone android mati kemudian masuk ke mode Fast Boot.  Setelah masuk ke mode Fastbook kemudian tekan tombol Power hingga smartphone restart.

Sedangkan Untuk beberapa tipe HP Android ada cara masuk Fastboot dengan menekan tombol Power + Volume Down. Fastboot Android Nah itulah beberapa cara mengatasi hp android yang hang dan tidak bisa dimatikan.

Silahkan coba tutorial diatas pada smartphone yang hang. Setelah smartphone berhasil dimatikan, kemudian hidupkan kembali. Setelah itu, yang harus kamu lakukan adalah mencari penyebab hp android hang.

Demikian penjelasan dari saya tentang cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Dimatikan semoga bermanfaat, terimakasih.

Baca Juga : Cara Membuat HP Tidak Lemot

5/5 - (3521 votes)

Leave a Comment