Cara Mengatasi Hp Bootloop

Cara Mengatasi Hp Bootloop Mengatasi Hp Bootloop, Bootloop Ponsel Android Anda?berikut cara mengatasinya.Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu Bootloop. Bootloop adalah suatu kondisi dimana ponsel Android Anda terus menerus restart tetapi hanya menampilkan logo.

Seperti biasa saat restart, tampilan hp akan mati, lalu muncul logo hp atau android yang kemudian menghidupkan hp dan masuk ke menu utama. Kondisi ini bisa dialami oleh semua ponsel android dengan berbagai merk seperti Vivo, OPPO, Asus Zenfone, Lenovo, HTC, Motorola, LG, Xiaomi, Redmi, Panasonic, Samsung, Polytron, Acer, LUNA, Coolpad, Axioo dan lain-lain.

Jadi, jika hp kamu bermasalah dengan bootloop yang sering mati dengan sendirinya dan saat dihidupkan hanya sampai logo saja. Kondisi hp terkadang bervariasi, ada yang mati sendiri dan terkadang restart sendiri.

Tentu hal ini sangat mengganggu, apalagi ponsel android memiliki data-data penting yang dapat mengganggu aktivitas kita. Sering kali dengan kasus bootloop ini, kita langsung berpikir untuk membawanya ke service center atau menjualnya langsung dengan harga yang bisa dikatakan turun.

Tidak perlu panik, sebenarnya ada cara mengatasi hp android bootloop jadi tidak perlu menjualnya atau menjualnya dengan harga yang sangat murah. Sebelum kita memperbaiki hp android yang mengalami masalah bootloop, ada baiknya kita pahami dulu penyebab dari bootloop tersebut. Ini membantu untuk mencegah masalah ini terjadi lagi di masa depan. Pada artikel ini saya akan membahas cara mengatasi hp bootloop berikut dibawah ini ulasannya.

Penyebab Ponsel Android Bootloop

Secara umum ada 4 penyebab hp android bootloop sehingga tidak bisa menyala. Termasuk berikut ini:

  • Proses rooting tidak lengkap
  • Proses pemutakhiran atau pembaruan OS tidak berfungsi
  • File rusak di ROM
  • Proses instal ulang yang tidak tepat

Setelah mengetahui penyebab umum bootloop di hp android yang kebanyakan masalah internal, berikut ini beberapa cara mengatasi hp android yang hanya hidup tapi stuck di logo.

Cara Mengatasi Hp Android Yang Selalu Restart Dan Hanya Stuck Di Logo

Bersihkan Cache Sistem

Cara Mengatasi Hp Bootloop

Walaupun hp dalam keadaan on off stuck sampai logo saja, ternyata kita bisa masuk ke sistem melalui Recovery Mode dan cara ini tersedia di hampir semua hp android. Bisa jadi masalah bootloop karena cache yang menumpuk dan menyebabkan kinerja ponsel menjadi terganggu. Meskipun ponsel Android memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke sistem Recovery Mode, namun pada dasarnya sama. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut.

  • Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan dan lakukan selama beberapa detik hingga muncul logo hp
  • Masuk ke menu Mode Pemulihan
  • Pilih menu Lanjutan
  • Pilih menu Hapus-Dalvik Cache
  • Pilih menu Mount dan Storage
  • Pilih opsi Hapus atau Chache
  • Selesai

Cara Mengatasi Hp Bootloop. Hapus Partisi Cache

Cara ini hampir sama dengan cara sebelumnya, hanya saja cara ini membersihkan semua cache yang ada di partisi. Cara ini dilakukan bila cara sebelumnya tidak berpengaruh.

  • Masuk ke Mode Pemulihan seperti sebelumnya
  • Masuk ke menu Wipe Cache Partition, pilih yes saat muncul notifikasi
  • Selesai

Hapus Data atau Reset Pabrik

Cara Mengatasi Hp Bootloop

Ini adalah cara terakhir dan paling efektif jika kedua cara di atas masih tidak berhasil. Dan cara ini mengharuskan semua data yang tersimpan di hp android akan hilang yang nantinya akan mengembalikan semua settingan ke default awal seperti pertama kali anda membelinya dari store. Begini caranya.

  • Pastikan untuk mengisi daya ponsel Android Anda minimal 50% terlebih dahulu, karena jika proses ini gagal di tengah jalan ketika baterai habis, bisa jadi file tersebut rusak dan akan menambah masalah lain.
  • Masuk ke Mode Pemulihan seperti sebelumnya
  • Pilih Boot, lalu gunakan tombol volume untuk menavigasi dan tombol daya untuk membuat pilihan
  • Pilih opsi Wipe Data atau Factory Reset dan tekan tombol daya untuk mengonfirmasi
  • Pilih menu Reboot Sistem
  • Tampilan HP akan kembali ke default pabrik
  • Pengaturan sesuai keinginan
  • Selesai

Di zaman sekarang ini, handphone dengan OS Android sudah banyak berkembang. Tentunya hal ini dapat mempermudah seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain di seluruh belahan dunia tentunya dengan menggunakan paket data (kuota data).

Fitur dan kecanggihan ponsel juga dibuat sedemikian rupa sehingga dapat memanjakan pengguna ponsel dengan OS Android, dari segi sistem keamanan maupun dari kualitas gambar atau kamera. Namun terkadang ponsel OS Android ini sering mengalami kerusakan, baik itu kerusakan akibat software maupun hardware. Tentunya kerusakan yang terjadi pada hp android ini disebabkan oleh pengguna hp android itu sendiri.

Seperti menginstal banyak aplikasi sehingga memakan banyak ram dan memori, tidak membersihkan cache atau bug saat menguninstall aplikasi sehingga menjadi penumpukan dan memakan ruang penyimpanan, mengubah tampilan, dan lain sebagainya. Sahabat pasti ada yang pernah mengalami kerusakan pada hp androidnya, baik itu kerusakan karena sistem (software) maupun hardware. Seperti masalah kerusakan di bawah ini:

Masalah kerusakan 1: Ponsel android kita terasa lambat (membuka aplikasi terasa lambat), muncul pesan error dari layanan sistem android, aplikasi keluar sendiri (forclose) dan lain-lain.

Damage Problem 2 : Pengguna HP Android juga banyak yang mengalami gagal masuk ke home screen, tapi hanya menampilkan logo. Istilah ini sering disebut dengan istilah stuck logo atau bootloop. Penyebab kerusakan hp android bootloop (hanya menampilkan logo dalam waktu yang lama) disebabkan oleh: kegagalan sistem membaca file atau data, kegagalan root, mengedit tampilan dan OS Android, file stacking, dan lain sebagainya.

Dengan kerusakan tersebut, kita sudah mengetahui penyebab kerusakan tersebut. Langkah-langkah dalam mengatasi kerusakan pada hp android, agar hp android dapat kembali normal dan kembali ke pengaturan pabrik yaitu dengan cara : Clear wipe data and cache in recovery mode. Cara ini bisa digunakan untuk hp android yang sering hang, hp android terasa lemot dan berat seperti masalah kerusakan 1 dan 2.

Namun setelah kita clear data dan cache, hp android terus mengalami bootloop, sehingga perbaikan yang harus dilakukan adalah mengganti file sistem (software), istilahnya dikenal dengan istilah flashing. Yaitu dengan cara memasukkan Firmware atau Stock Room ke dalam sistem HP Android yang mengalami bootloop melalui perantara laptop atau komputer dan dihubungkan dengan kabel USB (kabel data).

Untuk kerusakan hp android akibat sistem (software) cara ini bisa dilakukan sendiri dengan ketentuan sebagai berikut : kita harus tetap berhati-hati dalam melakukan perbaikan, seperti mendownload firmware atau stock room, pastikan firmwareataustock room dalam keadaan baik. sama dengan tipe dan seri hp agar hp android tidak rusak dan menyebabkan hp android mati total.

Demikian penjelasan dari saya tentang cara Mengatasi Hp Bootloop semoga bermanfaat, terimakasih.

Baca Juga : Sudahkah Anda Tahu Cara Setting Router TP Link? Berikut Penjelasannya!

5/5 - (3521 votes)

Leave a Comment