Teknologi

Cara Memperbaiki Layar Laptop yang mana Mengalami Kerusakan

Gragehotels.co.id – Jika layar laptop rusak secara fisik, pengguna mungkin saja tak sengaja menjatuhkannya atau ada sesuatu yang digunakan jatuh pada atasnya.

Ada beberapa hal yang tersebut dapat menyebabkan layar laptop tidaklah berfungsi atau tampak rusak, seperti piksel macet, layar terbakar, lampu latar tidak ada berfungsi, permasalahan kabel kemudian konektor, juga driver yang dimaksud ketinggalan jaman.

Berikut ini cara memperbaiki layar laptop rusak:

1. Coba restart laptop

Layar yang tersebut bukan tampak berfungsi kemungkinan besar disebabkan oleh permasalahan sistem operasi yang dapat diselesaikan dengan reboot sederhana. Karena memulai ulang sangat mudah, ini harus menjadi hal pertama yang tersebut pengguna coba.

2. Bersihkan kotoran

Periksa area keyboard dan juga layar apakah ada kotoran, lalu bersihkan secara menyeluruh. Jika laptop pengguna menggunakan kait yang digunakan terlihat, bersihkan mekanisme kaitnya.

Tutup laptop dengan hati-hati, pastikan tertutup sepenuhnya, lalu membuka kembali. Jika layar terkadang menyala dan juga terkadang tidak, pengguna kemungkinan besar memiliki sensor penutup yang mana buruk.

3. Gunakan monitor eksternal

Hubungkan monitor eksternal apabila layar laptop pengguna sepenuhnya hitam. Jika monitor eksternal tidaklah berfungsi, laptop pengguna mungkin saja bukan menyala, atau kemungkinan besar di mode tidur atau hibernasi.

Ilustrasi Laptop (Pexels/Craig Dennis)
Ilustrasi Laptop (Pexels/Craig Dennis)

4. Perbarui card driver

Perbarui video card driver. Jika layar laptop tidak ada sepenuhnya hitam, tetapi pengguna mengamati cacat visual, memperbaiki driver yang tak berfungsi melalui pembaruan kemungkinan besar bisa jadi menjadi solusinya.

5. Perbaiki piksel yang tersebut mati

Jika pengguna menghadapi satu atau lebih tinggi piksel yang dimaksud macet, pengguna dapat menggunakan program untuk mencoba melepaskannya. Aplikasi komputer ini biasanya beralih antar warna dengan cepat atau memunculkan salju digital untuk memaksa piksel yang dimaksud terhenti atau macet agar mulai berfungsi kembali.

Itulah beberapa cara yang dimaksud mampu pengguna lakukan untuk memperbaiki layar laptop yang digunakan rusak. Namun apabila layar laptop masih tidak ada bisa jadi menyala, sebaiknya pengguna melakukan perbaikan di dalam toko resmi.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button