Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7  Bagi orang awam pasti kurang mengetahui tentang apa itu bootable, namun bagi orang IT atau orang yang mengerti komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bootable. Untuk lebih mengetahui tentang apa itu bootable dan bagaimana cara membuat bootable flashdisk Windows 7 silahkan simak beberapa penjelasan berikut ini.

Apa itu Bootable dan Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7

  1. Bootable

Bootable merupakan sebuah layanan yang bisa ditemukan pada sebuah sistem operasi seperti Windows 7, yang dimana layanan tersebut membutuhkan media penyimpanan seperti CD/DVD, flashdisk dan beberapa media penyimpanan lainnya sebagai tempat penyimpanan ISO sebuah sistem operasi. Secara gampangnya bootable merupakan sebuah sistem operasi yang bisa dijalankan tanpa menggunakan hardisk komputer atau laptop, namun membutuhkan media penyimpanan eksternal untuk mengoperasikannya.

Umumnya media penyimpanan eksternal yang paling sering digunakan sebagai wadah dari bootable adalah flashdisk. Ada beberapa keunggulan dari bootable, dimulai dari yang paling pertama adalah bisa digunakan untuk instalasi sistem operasi, pemulihan data didalam hardisk, melakukan troubleshooting untuk hardware atau software, pembersihan data, hingga mengubah lingkup operasi.

  1. Flashdisk

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7

Sebelum membahas mengenai cara membuat bootable flashdisk Windows 7 kita harus mengetahui beberapa bagian terlebih dahulu, dimana salah satu hal yang perlu diketahui sebelumnya adalah flashdisk. Flashdisk merupakan sebuah media penyimpanan yang bisa dibawah kemana-mana karena memiliki ukuran yang kecil namun bisa menyimpan file atau data yang sangat banyak.

Flashdisk menggunakan port USB untuk membaca file atau data di dalamnya. Hal ini membuat flashdisk kebanyakan digunakan di komputer atau laptop saja, namun tidak menutup kemungkinan untuk flashdisk bisa digunakan pada smartphone dengan bantuan beberapa produk seperti konektor OTG sebagai bantuan.

  1. Windows 7

Windows 7 merupakan sebuah sistem operasi yang dikeluarkan pada tanggal 22 Juli 2009 oleh Microsoft Windows, dimana sistem operasi ini merupakan sebuah update dari Windows sebelumnya yaitu Windows Vista dan dapat digunakan pada komputer atau laptop. Windows 7 memiliki 2 versi yang dibedakan menjadi 32 bit dan 64 bit.

Perbedaan yang paling mencolok dari Windows 32 bit dan 64 bit terletak pada kemampuan memproses data. Dalam istilah komputer, bit diartikan sebagai jumlah data yang dapat diproses oleh komputer atau laptop dalam 1 kali putaran. Untuk Windows 32 bit memiliki kemampuan mengolah 232 data dalam satu kali putaran, sedangkan untuk 64 bit memiliki kemampuan mengolah data sebesar 264 data dalam satu kali putaran.

  1. Bahan yang Diperlukan Untuk Melakukan Bootable Flashdisk di Windows 7

Sebelum masuk ke cara membuat bootable flashdisk Windows 7 anda perlu menyiapkan beberapa hal. Pertama-tama anda harus memastikan terlebih dahulu laptop atau komputer yang anda gunakan menggunakan Windows 7 dengan ukuran 32 bit atau 64 bit.

Untuk cara melihatnya anda bisa menekan tombol Windows + E pada keyboard komputer atau laptop anda. Setelah itu silahkan klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties. Tunggu beberapa saat sampai muncul sebuah halaman baru dan silahkan lihat Windows berapa bit yang terpasang pada komputer atau laptop anda apakah 32 bit atau 64 bit.

Jika sudah memastikan Windows berapa bit yang digunakan oleh komputer atau laptop anda maka selanjutnya pastikan ukuran flashdisk yang anda gunakan. Untuk caranya bisa anda lihat pada bagian luar flashdisk atau bisa dengan menancapkan flashdisk ke USB komputer atau laptop anda kemudian lihat ukuran besar dari flashdisk tersebut.

Berikutnya yang harus anda siapkan sebelum masuk kedalam cara membuat bootable flashdisk Windows 7 adalah Rufus. Rufus adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk membakar ISO atau mentahan dari bootable dan menjadikan flashdisk anda sebagai sebuah sistem operasi bukan menjadi media penyimpanan lagi.

Terakhir anda juga memerlukan ISO atau mentahan dari Windows 7. Mentahan ini terdiri dari 2 jenis yaitu 32 bit dan 64 bit, jadi silahkan sesuaikan dengan ukuran komputer atau laptop anda. Untuk mendapatkan ISO ini anda bisa mencarinya di internet dengan mengetikan kata kunci “download ISO Windows 7 32 bit atau 64 bit”. Jika sudah menemukan situs yang cocok maka silahkan masuk lalu download ISO tersebut dan tunggu hingga proses selesai.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7

Jika sudah menyiapkan semua hal yang sudah diperlukan diatas maka anda sudah bisa masuk kedalam cara-cara membuat bootable flashdisk di Windows 7. Pertama-tama silahkan buka aplikasi Rufus pada komputer atau laptop anda lalu silahkan cari ISO yang sudah anda siapkan tadi dan masukan ISO tersebut ke dalam Rufus.

Setting beberapa hal pada Rufus mulai dari ISO yang cocok dengan Windows yang digunakan dan ukuran atau kapasitas flashdisk. Jika sudah maka silahkan tekan start untuk memulai proses pembakaran ISO di flashdisk sehingga menjadi sebuah sistem operasi. Tunggu hingga proses tersebut sudah selesai agar bisa melanjutkan ke cara yang selanjutnya.

Jika sudah selesai maka silahkan tancapkan flashdisk yang sudah dibakar oleh Rufus tadi ke komputer atau laptop dan buka command prompt atau CMD. Untuk membukanya anda bisa menekan tombol Windows + R pada keyboard lalu ketikan CMD dan tekan tombol enter pada keyboard. Tunggu beberapa saat dan halaman command prompt akan terbuka.

Silahkan ketik DISKPART untuk melihat informasi diskpart di komputer atau laptop anda. Untuk melihat disk status, memori yang kosong, dan ukuran memori bisa anda gunakan perintah LIST DISK. Perlu diketahui bahwa anda harus memilih disk yang tepat, sebagai contoh jika flashdisk yang digunakan berukuran 14 gb maka silahkan pilih disk yang berkapasitas 14 gb dengan menekan format SELECT (disk berapa sesuai dengan flashdisk) kemudian tekan enter pada keyboard.

Jika sudah berhasil masuk ke disk yang dipilih maka cara membuat bootable flashdisk Windows 7 yang selanjutnya bisa dilanjutkan dengan menekan perintah berikut. Pertama CLEAN kemudian menekan tombol enter, CREATE PARTITION PRIMARY kemudian tekan enter pada keyboard, ACTIVE lalu enter di keyboard, dan terakhir FORMAT FS-FAT32 kemudian menekan tombol enter.

Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan anda bisa keluar dari command prompt dengan mengetikan EXIT lalu menekan tombol enter. Jika sudah keluar maka anda bisa memindahkan file ISO kedalam flashdisk yang sudah diformat di command prompt tadi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu bootable, windows 7, rufus dan bagaimana cara membuat bootable flashdisk Windows 7. Semua cara tersebut bisa dibilang cukup susah bagi orang awam, namun bagi orang IT hal tersebut cukup mudah, jadi anda bisa membawakan komputer atau laptop anda ke orang yang lebih mengerti jika anda kurang paham mengenai bootable.

 Baca Juga :Cara Memperbaiki Laptop Yang Tidak Ada Suaranya

5/5 - (3987 votes)

Leave a Comment