Teknologi

Cara Kenali Hoaks Deepfake AI, Belajar dari Kasus Taylor Swift lalu Jokowi

Gragehotels.co.id – Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) pada masa kini sedang menjadi sorotan. Pasalnya, Teknologi AI pada masa kini bisa jadi digunakan untuk menciptakan konten hoaks di bentuk deepfake.

Bagi yang tersebut belum tahu, deepfake adalah foto atau video yang tersebut telah dilakukan dimanipulasi untuk dibuat seolah-olah mirip dengan seseorang, yang mana orang yang dimaksud padahal bukan pernah melakukannya. Deepfake sendiri dibuat lewat teknologi Teknologi AI hingga machine learning.

Salah satu tindakan hukum deepfake Artificial Intelligence yang dimaksud popular beberapa hari ini adalah Taylor Swift, di dalam mana foto sang penyanyi diedit menjadi konten pornografi.

Contoh tindakan hukum lainnya terjadi ke Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Beberapa waktu lalu media sosial heboh dengan pidato Jokowi bahasa Mandarin dengan lancar, padahal itu tiada pernah ia lakukan.

Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pun memohon publik waspada tentang konten hoaks deepfake Artificial Intelligence ini. Lebih lagi turnamen pemilihan raya 2024 dan juga Pilpres 2024 sudah ada dekat.

“Di era Pemilihan Umum seperti ketika ini, Sobat Siber harap waspada terhadap modus kejahatan menggunakan Artificial Intelligence tersebut,” disitir dari akun Instagram CCIC Polri, Selasa (30/1/2024).

Tips hindari hoaks Deepfake AI

  • Perhatikan fisik personal yang dimaksud ada dalam video
  • Perhatikan pencahayaan pada video
  • Bedah cara bicara personal yang dimaksud ada di area video
  • Lakukan riset terhadap video yang janggal

Itulah sederet tips kemudian cara mengetahui hoaks deepfake AI. Jangan sampai terkecoh ya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button