Cara Ganti Server Discord

Tutorial Cara Ganti Server Discord

Ada banyak cara yang dilakukan untuk berkarya di dunia maya, salah satunya adalah dengan menjadi seorang streamer. Mereka yang merupakan seorang streamer, seringkali melakukan aktivitasnya baik lewat server dalam negeri maupun server luar negeri.

Streamer sendiri sepertinya kini mulai banyak dijadikan sebuah profesi, sebuah cara seseorang mengumpulkan pundi-pundi uang. Selain bisa mendapatkan uang, menjadi seorang streamer pun akan membuat lingkup pergaulan sosial menjadi lebih luas.

Untuk membuat lingkup pergaulan semakin luas, tak jarang ada streamer yang senang memanfaatkan server luar negeri untuk melakukan aktivitasnya.

Banyak keuntungan yang didapat dari menggunakan server luar negeri, di antaranya adalah dapat menambah popularitas sekaligus menambah kemampuan berbahasa asing.

Kalau kamu ingin mencoba hal tersebut, Discord merupakan platform yang bisa memfasilitasinya. Akan tetapi jika ingin melakukan streaming di server luar negeri, kamu perlu mengetahui tentang Discord dan cara ganti server Discord.

Untuk itu, mari simak pembahasan mengenai serba-serbi Discord, termasuk bagaimana cara mengganti server lokal ke server luar negeri.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Discord

Cara Ganti Server Discord

Discord adalah sebuah platform yang memberikan fasilitas kepada penggunannya untuk melakukan chat, dan saling berbagi gambar, video, audio, hingga berbagi layar atau share screen.

Platform ini pertama kali dirilis dan mulai dapat digunakan secara umum oleh publik pada Mei 2015 yang lalu. Pada perkembangannya, Discord banyak digunakan untuk melakukan live streaming oleh para pembuat konten yang fokus pada gaming.

Discord sendiri diciptakan oleh Jason Citron yang berasal dari Amerika Serikat. Sebelum menciptakan platform Discord, Citron sempat menciptakan platform lain yang dikhususkan agar para gamer dapat saling berkomunikasi. Platform itu bernama Open Feint.

Akan tetapi, ia kemudian memutuskan untuk tidak melanjutkan platform tersebut dan menjualnya seharga US$ 104 juta, atau jika dirupiahkan akan setara dengan Rp. 1,5 triliun.

Citron lalu mendirikan sebuah studio yang diberi nama Hammer & Chisel, serta merilis game berjenis MOBA bernama Fates Forever pada 2014. Sayangnya, game buatannya itu kurang mendapat respon positif di pasaran.

Tak berhenti sampai di situ, Citron kemudian lanjut menggarap platform yang kini dinamakan Discord. Ia mendapatkan banyak investor untuk mendanai proyeknya kali ini.

Discord sebenarnya memiliki konsep dan kegunaan yang serupa dengan Skype. Bedanya, Discord menargetkan para gamers sebagai target pasarnya.

Kini, Discord menjadi salah satu platform yang sangat populer hingga penggunanya tak hanya dari komunitas gamer saja, tetapi juga dari berbagai kalangan yang berkecimpung di bidang yang berbeda.

Kelebihan dari Platform Discord

Ada beberapa kelebihan menarik yang dimiliki Discord sebagai suatu platform, di antaranya:

  • Dapat digunakan baik pada PC maupun Android.
  • Menjadi pelengkap game yang tidak menyediakan fitur voice chat.
  • Dapat melakukan voice chat sambil bermain game, tanpa mengganggu jalannya game yang sedang dimainkan.
  • Memiliki keamanan yang terjamin.
  • Tersedia fitur log dan komunitas.
  • Merupakan salah satu platform populer yang memiliki lebih dari 9 juta pengguna aktif.

Tutorial Cara Ganti Server Discord, Serta Perbedaan Server Luar dengan Server Lokal

Sebelum mulai membahas cara ganti server Discord, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja perbedaan dari server lokal dengan server luar negeri.

Seperti namanya, server lokal biasanya hanya bisa dimanfaatkan untuk beraktivitas dan mengakses hal-hal yang ada di dalam negeri saja. Ini karena server lokal memiliki pusat di kota-kota besar yang terletak di dalam negeri.

Sedangkan server luar tentunya berkebalikan dari server lokal. Server luar negeri memiliki ppusat yang terletak di negara lain. Untuk lokasi tepatnya berbeda-beda, tergantung dari server regional negara apa yang akan kamu pilih.

Dengan menggunakan server luar negeri, kamu dapat beraktivitas di sana dan bisa mengakses segala hal yang berkaitan dengan negara yang sudah kamu pilih itu.

Ada pula kemungkinan bahwa kamu sebagai pengguna mendapatkan suatu akses khusus yang tidak bisa didapatkan jika menggunakan server lokal.

Keuntungan Jika Mengganti Server

Salah satu pertanyaan yang mungkin terbesit di pikiranmu sebelum mengganti server adalah, mengapa harus mengganti ke server luar negeri jika sudah mendapat keuntungan menggunakan server lokal?

Pertanyaan seperti ini mungkin muncul di benak beberapa streamer. Sebenarnyam ada beberapa kuntungan yang bisa didapat dengan mengganti dari server lokal ke server luar.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan menggunakan server lokal, kamu sebagai streamer akan berpeluang mendapatkan popularitas yang lebih besar, pergaulan yang lebih luas, serta kemampuan bahasa asing yang bertambah.

Konsekuensi Melakukan Pergantian Server

Selain keuntungan yang didapat, melakukan pergantian server juga tetap ada konsekuensi tersendiri. Pertama, jika ingin menggunakan server luar negeri, otomatis kamu harus menyediakan jaringan internet yang lebih baik dan stabil.

Hal ini dikarenakan server luar lebih berat untuk diakses dibandingkan server lokal. Penyebabnya adalah konektivitas harus menyesuaikan traffic jaringan dari server tersebut.

Tak hanya itu, dari segi kemanan pun menggunakan server luar lebih rentan. Hacker dan cracker internasional terkenal lebih berbahaya dibanding hacker lokal. Karenanya, resiko keamanan yang kamu hadapi akan lebih tinggi.

Jika kamu ingin menggunakan server luar negeri, pastikan untuk mempersiapkan keamanan komputer dan jaringan dengan baik sebelum memulainya.

Cara Ganti Server Discord Via PC dan Android

Karena Discord bisa diakses lewat PC maupun Android, pergantian servernya pun dapat dilakukan melalui kedua perangkat tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Mengganti Server Via PC

  • Pertama, bukalah Discord yang terinstall di PC milikmu.
  • Cari menu Drop Down yang terletak di sebelah kiri, lalu klik menu itu.
  • Pilih menu Setting.
  • Klik Change yang ada di opsi Server Region.
  • Selanjutnya kamu akan melihat beberapa pilihan server luar negeri seperti USA, Japan, Singapore dan lainnya. Silahkan pilih salah satu dari server tersebut.
  • Klik Save As untuk menyimpan perubahan yang sudah dibuat
  • Penggantian server selesai. Sekarang Discord di PC kamu sudah beralih ke server negara yang kamu inginkan.
  1. Mengganti Server Via Android

  • Bukalah aplikasi Discord yang ada di smartphone Android kamu.
  • Di ruang chat, klik ikon yang berbentuk tiga garis di pojok kiri atas.
  • Pilih server yang akan diganti regionnya.
  • Klik menu tiga titik yang ada di samping nama server, lalu pilih Setting, selanjutnya klik Overview.
  • Masuklah ke menu Server Region
  • Kemudian pilih Server Region mana yang kamu inginkan.
  • Selesai, sekarang Discord di android kamu juga sudah beralih ke server luar negeri.

Sedikit tips bagi kamu yang baru pertama kali mencoba pergantian server, kebanyakan pengguna Discord lebih sering memilih server dari Singapore atau US Central. Ini dikarenakan keduanya dianggap lebih stabil.

Meski begitu, jika kamu tetap ingin mencoba server selain dari kedua negara itu, tentu kamu tetap bisa melakukannya.

Seperti itulah langkah-langkah cara ganti server Discord yang bisa kamu lakukan. Setiap server memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, sehingga cari tahu dahulu sebelum memutuskan memasuki suatu server.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Freeze Saat Main Game

5/5 - (389 votes)

Leave a Comment