Cara Agar Youtube Tetap Berjalan Saat Layar Mati

Cara Agar Youtube Tetap Berjalan Saat Layar Mati – Youtube menjadi salah satu aplikasi yang paling populer di Indonesia, tidak terkecuali di Indonesia juga.

Hal itu dikarenakan terdapat banyak konten di Youtube seperti video-video, livestreaming, mendengarkan podcast dan juga bisa mendengarkan lagu.

Hal tersebut yang menjadi pilihan untuk bisa mengusir kebosanan apalagi di masa pandemi covid-19 yang mana aktivitas di luar rumah sangat dibatasi.

Youtube pun bisa diakses melalui komputer, laptop dan juga handphone (HP) kamu. Namun, sayangnya jika kamu mengakses Youtube di HP seringkali terhenti jika ada notifikasi yang masuk.

Sehingga hal tersebut tentu saja mengganggu aktivitas kamu menonton video Youtube atau sekedar mendengarkan music.

Tentunya jika terdapat cara agar tidak terganggu dalam menikmati fitur Youtube akan sangat membantu.

Karena pada umumnya, Youtube akan terhenti atau tertutup jika sedang membuka aplikasi lain, sehingga kita sebagai pengguna tidak bisa melakukan multitasking.

Seperti harus membalas chat sambil mendengarkan lagu di Youtube, hal tersebut tidak dapat dilakukan.

Nah, kamu gak perlu bete lagi jika lagi nonton Youtube dan ada notifikasi yang masuk akan mengganggu aktivitas kamu di Youtube.

Karena terdapat beberapa cara agar kamu tetap bisa menikmati Youtube dan melakukan aktivitas lain alias multitasking dengan HP kamu.

Berikut beberapa cara agar kamu bisa menikmati Youtube walaupun sedang menggunakan aplikasi lainnya:

5 Cara Agar Youtube Tetap Berjalan Saat Layar Mati

  1. Gunakan Browser Google Chrome

Menggunakan browser Google Chrome merupakan cara pertama dari 5 cara agar youtube tetap berjalan saat layar mati.

Pasti kamu sudah mengetahui browser dari Google, yaitu Google Chrome. Browser yang satu ini dinilai yang paling cepat untuk saat ini.

Fitur-fitur yang terintegrasi dengan google membuat pencarian di internet menjadi mudah, ditambah lagi kamu bisa dengan instant untuk membuka email google kamu.

Kamu juga dapat mengakses Youtube menggunakan Google Chrome. Membuka Youtube menggunakan Google Chrome memiliki kelebihannya tersendiri.

Yaitu bisa membuka aplikasi lain sambil juga kamu menggunakan Youtube. Untuk caranya juga terbilang mudah, seperti membuka browser pada komputer atau laptop.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka situs Youtube di browser Google Chrome.

Setelah itu pilihlah video yang ingin kamu saksikan. Selanjutnya adalah kamu harus masuk ke mode full screen dan tekan tombol home pada HP kamu.

Nanti otomatis Youtbe akan berputar di belakang layar HP kamu dan cara ini bisa dilakukan hampir di semua HP.

  1. Split Screen

Cara Agar Youtube Tetap Berjalan Saat Layar Mati

Cara agar Youtube tetap berjalan saat buka aplikasi lain yang kedua adalah split screen. Hal ini adalah kabar gembira bagi kamu pemilik HP dengan operating system (OS) Android 7.0 Nougat.

Hal ini dikarenakan Android 7.0 telah mendukung fitur split screen. Split screen sendiri merupakan salah satu fitur yang memungkinkan kamu untuk membuka lebih dari 1 aplikasi secara bersamaan.

Caranya adalah kamu harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Youtube melalui Google Play Store.

Berikut cara mengunduh Youtube di Google Play Store:

  • Buka Google Play Store
  • Cari Youtube di kolom pencarian
  • Tap download
  • Tunggu hingga proses download selesai
  • Ada baiknya jika sudah selesai, kamu login dulu di Youtube menggunakan email google kamu.

Setelah semua itu selesai, kamu dapat menikmati Youtube sambil menggunakan aplikasi lain dengan cara putar terlebih dahulu video yang ingin kamu tonton.

Setelah kamu menonton video tersebut, kamu dapat tap fitur minimize yang berada pada ujung atas sebelah kiri layar.

Fitur tersebut adalah split screen, caranya adalah kamu tekan, tahan dan geser Youtube ke bagian dari layar kamu yang ingin kamu tentukan.

  1. Picture in Picture

Picture in Picture ini mirip dengan split screen yang telah dibahas sebelumnya. Perbedannya adalah fitur picture in picture ini dapat dinikmati oleh kamu yang telah memiliki Android 8.0 atau Android oreo.

Selain itu, perbedaan picture in picture dengan split screen adalah tidak hanya bisa membuka Youtube bersamaan dengan aplikasi lain, tetapi juga dapat membuat video lebih kecil dan mengambang di layar.

Cara agar kamu dapat menikmati picture in picture adalah selain menggunakan HP yang telah memiliki Android 8.0, kamu juga diperlukan untuk menonton video di Youtube.

Setelah itu memutar video di Youtube, kamu langsung bisa menekan tombol home di HP kamu dan secara otomatis fitur picture in picture sudah bisa dan video Youtube akan mengecil secara otomatis.

Kamu juga bisa mengatur keberadaan video tersebut dengan cara sedikit menahan tampilan video lalu digeser serta juga bisa mengatur kebesaran dari videonya sesuai keinginan kamu.

  1. Youtube Premium

Youtube premium adalah salah satu fitur Youtube terbaru, hal ini memungkinkan kamu untuk menonton video Youtube tanpa iklan.

Selain menonton video Youtube tanpa iklan, kamu juga bisa memanfaatkan fitur menikmati Youtube sambil menggunakan aplikasi lain.

Namun sayangnya untuk berlangganan Youtube premium ini kamu harus membayar sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 60.000 per bulannya.

Meskipun saat ini telah banyak orang yang menjual akun Youtube premium secara illegal dan lebih murah, disarankan kamu untuk berlangganan Youtube premium secara legal langsung dari Youtube untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah kamu berlangganan Youtube premium, kamu dapat menikmati fitur minimize. Untuk menikmati fitur tersebut kamu dapat memperhatikan hal berikut ini.

Buka Youtube lalu masuk ke bagian profile, setelah itu pilihlah opsi background dan download. Lalu pilih playback dan aktifkan mode always on.

  1. Cara Agar Youtube Tetap Berjalan Saat Layar Mati, YMusic

Cara Agar Youtube Tetap Berjalan Saat Layar Mati

YMusic adalah cara terakhir bagi kamu yang ingin menikmati Youtube sambil menggunakan aplikasi lain.

YMusic adalah aplikasi pihak ketiga yang mana kamu harus mengunduh aplikasi YMusic terlebih dahulu di Google Playstore.

Selain kamu dapat menikmati Youtube sambil menggunakan aplikasi lain, kamu juga dapat mengubah video Youtube menjadi file MP3 yang dapat kamu unduh dan dengarkan secara offline.

Kembali ke fokus untuk cara menggunakan Youtube berbarengan dengan aplikasi lain, pertama-tama pastikan kamu sudah mengunduh dan menginstall YMusic terlebih dahulu.

Setelah itu buka aplikasi dan putar video yang kamu inginkan lalu tekan tombol home di HP kamu. Otomatis video Youtube akan berjalan di layar HP kamu tanpa terhenti.

Demikianlah 5 cara agar Youtube bisa berjalan saat layar mati yang dapat kamu praktekkan. Hal ini tentunya akan sangat membantu kamu dalam menikmati konten Youtube.

Karena hampir semua hal ada di Youtube, bahkan sampai materi pelajaran sekolah saja ada di Youtube dan berbagai tutorial-tutorial yang dapat kamu ikuti.

Atau sekedar menonton video hiburan seperti video vlog, livestreaming dan film pendek, ada di Youtube.

Alangkah baiknya kamu menggunakan Youtube premium untuk memaksimalkan menonton Youtube tanpa iklan.

Karena bukan hanya tidak bisa menggunakan Youtube berbarengan dengan aplikasi lain saja yang menggangu, iklan juga sangat mengganggu dan terkadang banyak sekali iklan yang ada dalam 1 video.

Baca Juga : Cara Download Video Youtube

5/5 - (389 votes)

Leave a Comment