Nasional

Canda Presiden Jokowi juga Menteri Bahlil ke Sandiaga Uno Soal PPP Gagal ke Senayan

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Menteri Penanaman Modal Bahlil Lahadalia melontarkan guyonan terhadap Menteri Wisata dan juga Perekonomian Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Candaan itu lantaran Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tiada lolos ke Senayan berdasarkan rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Momen yang dimaksud terjadi ketika Jokowi dengan para menterinya lapor Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak 2024 di dalam Istana Negara. Jokowi pada ketika itu didampingi Wapres KH Ma’ruf Amin.

Mulanya, Jokowi-Ma’ruf sama-sama para menteri selesai melaporkan SPT kemudian menunjukkan bukti lapor SPT masing-masing. Usai menunjukkan bukti SPT, Jokowi juga para menteri tampak berbincang santai. Pada ketika itu, Bahlil pun melontarkan candaannya ke Sandiaga terkait PPP yang digunakan gagal ke DPR RI.

Saat itu, Bahlil berkelakar apabila Sandiaga ingin membayar pajak lebih, namun PPP justru bukan lolos ke Senayan. Berdasarkan rekapitulasi KPU, PPP tidak ada lolos ambang batas atau parliamentary threshold sebesar 4%. “Pak Sandi tadi mau bayar pajak lebih. Tapi PPP belum lolos,” kata Bahlil.

Para menteri pun tertawa dikarenakan celetukan Bahlil. Bahkan, Jokowi yang tersebut pada kesempatan itu tampak dengan para menteri pun menimpali candaan Bahlil.

“Ini pajak, lho,” kata Jokowi menanggapi Bahlil.

Sementara itu, Sandiaga yang digunakan ditanya tentang candaan Bahlil mengungkapkan apabila hal itu hanya sekali guyonan saja. “Guyonannya Pak Bahlil tadi pembayaran pajaknya paling tinggi, tapi 4% nya kurang,” kata Sandi.

Sandiaga pun mengaku tidaklah tersinggung dengan candaan Bahlil itu. Bahkan, ia menyatakan telah dilakukan berteman dengan Bahlil sejak kecil. “Orang kita teman dari kecil,” ujarnya.

Sandiaga juga mengungkapkan komentar dari Jokowi usai pelaporan SPT berlangsung. “Tadi Pak Presiden juga ketawa terus bilang, Banyakin doa, Pak Sandi. Upayanya sudah, doanya tambahin,” kata Sandi.

Sandiaga mengaku bukan ada instruksi khusus dari Jokowi terkait perolehan kata-kata PPP. “Nggak. Cuma pas Pak Bahlil guyon suaranya kurang sedikit 4%, Pak Presiden bilang tambahin doanya. Gitu aja,” katanya.

Related Articles

Back to top button