Nasional

Melakukan Pertemuan Megawati, Mahfud Bahas Undur Diri dari Kabinet Jokowi?

Gragehotels.co.id – Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengonfirmasi rapat antara calon perwakilan presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD dengan Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri.

Namun, Hasto membantah bahwa rapat itu berkenaan dengan kabar mundurnya Mahfud dari jabatan sebagai Menteri Koordinator Sektor Politik Hukum lalu Security (Menko Polhukam).

“Memang betul kemarin diadakan pertemuan antara Ibu Megawati Soekarnoputri dengan Prof Mahfud MD jam 17:30 Waktu Indonesia Barat serta rapat ini merupakan rapat rutin dikarenakan selalu dijalankan evaluasi secara rutin terhadap seluruh tahapan-tahapan kampanye,” kata Hasto di tempat Dunia Pers Center Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Ibukota Pusat, Selasa (30/1/2024).

Menurut dia, pertemuan itu mengeksplorasi kampanye akbar Ganjar-Mahfud di tempat Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang mana rencananya akan diselenggarakan pada Sabtu, 3 Februari 2024 mendatang.

Meski begitu, Hasto mengungkapkan bahwa rencana mundurnya Mahfud dari jabatan sebagai Menko Polhukam telah mendapatkan persetujuan dari Megawati.

“Terkait dengan mundurnya Prof Mahfud sebenarnya telah dirancang antara Pak Ganjar Pranowo juga Prof Mahfud MD dengan dengan partai kebijakan pemerintah pengusungnya, PDI Perjuangan, PPP, Perindo, kemudian Hanura dalam di rapat dengan TPN beberapa waktu yang tersebut lalu,” tutur Hasto.

Mahfud Temui Pratikno

Sebelumnya beredar kabar Mahfud MD yang dimaksud telah terjadi menemui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Awal Minggu (29/1/2024) malam. Pratikno membenarkan kabar tersebut.

“Iya benar (bertemu),” kata Pratikno pada waktu dikonfirmasi Suara.com, Selasa (30/1/2024).

Menteri Sekretaris Negara Pratikno (kanan) mengaku belum menerima surat permohonan pengunduran diri Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, juga Security Mahfud Md (kiri). (Antara)
Menteri Sekretaris Negara Pratikno (kanan) mengaku belum menerima surat permohonan pengunduran diri Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, juga Security Mahfud Md (kiri). (Antara)

Namun, Pratikno belum menjelaskan lebih besar lanjut tujuan Mahfud menemuinya pada Hari Senin waktu malam itu.

Secara aturan, menteri harus menemui Mensesneg terlebih dahulu apabila memutuskan untuk mengundurkan diri. Biasanya, mereka itu yang tersebut hendak mengundurkan diri akan menyerahkan surat resmi hingga akhirnya bisa saja bertemu dengan Jokowi.

Di ketika yang tersebut bersamaan, beredar kabar Mahfud sudah ada membereskan barang-barangnya di area kantor Kemenko Polhukam.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button