Bisnis

Berapa Gaji Komisaris Utama Pertamina? Ahok Mundur dari Komut Tinggalkan Penghasilan Fantastik

Gragehotels.co.id – Berapa pendapatan Komisaris Utama Pertamina? Pasalnya, Basuki Tjahaja Purnama menimbulkan pengumuman di dalam akun X (twitter) bahwasanya ia mengundurkan diri sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero).

Surat pengunduran diri diserahkan pada Jum’at, 2 Februari 2024. Hal ini mengundang rasa penasaran terkait dengan berapa pendapatan Komisaris Utama Pertamina.

Sosok yang tersebut sudah ada akrab disapa Ahok ini menyatakan mengundurkan diri dengan tujuan agar bukan ada lagi kebingungan terkait arah kebijakan pemerintah Ahok ke depannya. Ia akan mengambil bagian juga di mengkampanyekan pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan juga Mahfud MD. 

Hal itu menuai komentar beragam dari netizen, tetapi umumnya merek mendukung. 

“Ini namanya berintegritas. Contoh yang tersebut baik dari manusia Ahok dengan mundur dari Komisaris Utama Pertamina. Ahok akan terlibat berjuang di mengungguli Ganjar Mahfud,” kata individu netizen. 

Kemudian ada juga yang mana berkata, “Pak, saya kagum dengan komitmen Anda terhadap konstitusi kemudian peraturan. Anda punya rekam jejak itu serta hari ini menunjukkannya kembali. Selamat berjuang di pesta demokrasi.”

Gaji Komisaris Utama Pertamina

Pengunduran diri Komisaris Utama Pertamina menarik perhatian netizen. Ia meninggalkan upah dengan jumlah total yang digunakan fantastis!

Pernah beredar kabar bahwa upah Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina mencapai Rp8 miliar. Namun kabar yang dimaksud segera ditepis lalu disebut hoaks.

Dengan bercanda Ahok berharap beliau mendapatkan penghasilan sebesar itu, akibat itu berarti Pertamina juga sudah ada mencapai keuntungan lebih banyak dari Rp10 miliar dolar. 

Agar tidaklah terjadi perdebatan di area masyarakat, Ahok membeberkan bahwa gajinya sebulan belaka Rp170 jt per bulan juga jikalau ada bonus kinerja, ia akan mendapatkan tambahan pendapatan sebesar 1 persen dari keuntungan Pertamina dibagi untuk seluruh direksi komisaris kemudian seluruh manajemen SVP VP Manager, serta lain sebagainya. 

Di tahun 2020 lalu, Ahok juga menyampaikan bahwa gajinya Rp170 juta, 45 persen dari direktur utama. Hal itu disampaikannya di area talkshow live IG TV Mata Najwa yang mana disiarkan pada Minggu, 16 Agustus 2020. 

Itu artinya, belum ada pembaharuan penghasilan untuk Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina.

Bila pun ada kenaikan pendapatan yang tersebut diterima Ahok, kemungkinan itu berasal dari bonus kinerja yang digunakan mampu berubah setiap tahunnya oleh sebab itu sesuai peraturan, bonus itu didapatkan dari total keuntungan yang digunakan diperoleh Pertamina.

Besaran upah yang dimaksud diterima Ahok juga dapat diperiksa melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). 

Demikian itu informasi penghasilan Komisaris Utama Pertamina. Semoga bermanfaat. 

Kontributor : Mutaya Saroh

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button