Kesehatan

Benarkah Makan Banyak ketika Sahur Bisa Cegah Rasa Lapar Lebih Lama?

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Benarkah makan sejumlah pada waktu sahur bisa saja mengurangi rasa lapar lebih tinggi lama? Sebagian orang penasaran dengan anggapan itu.

Dokter sekaligus healthy educator, dr Nadia Alaydrus menjelaskan makan berlebihan dapat menyebabkan tahanan pada hormon leptin yang menyebabkan sinyal lapar serta kenyang dapat muncul ketika perut masih pada keadaan penuh sehingga kondisi itu tak menjamin bahwa perut di keadaan penuh bisa saja mengurangi seseorang timbul rasa lapar lebih besar lama.

“Jadi malah sinyal lapar serta kenyang itu nggak ke kontrol. Jadi, sinyal lapar tuh sebenarnya bisa saja cuma muncul, padahal perut masih terisi penuh, belum lagi nih, kalau sahurnya tuh kebanyakan. Itu malah bikin kita jadi makin gemuk dikarenakan sejumlah kalori yang tersebut masuk,” kata dr Nadia, dikutipkan dari akun TikTok @nadialaydrus, Selasa (19/3/2024).

Tidak hanya sekali itu, dr Nadia mengatakan, seseorang yang dimaksud makan sahur secara berlebihan dapat membuatnya merasa ngantuk ketika menjalani aktivitas akibat pada ketika mencerna makanan sel pankreas akan memproduksi insulin lalu pada ketika inilah ia akan meningkatkan hormon melatonin serta serotonin.

Kedua hormon yang disebutkan akan menciptakan mata sangat jauh lebih banyak berat jika dibandingkan biasanya ketika seseorang konsumsi makan pada jumlah keseluruhan banyak. Maka dari itu, dr Nadia menyarankan terhadap publik agar membatasi jumlah total makanan yang tersebut dimakan pada waktu sahur kemudian berbuka puasa.

“Makanya kenapa tetap saja harus dibatasi juga tuh konsumsi makan pada ketika sahur dan juga juga berbuka secukupnya aja juga kalau mau kenyang lebih banyak lama ketika berpuasa itu yang digunakan diperhatikan tuh tidak total makanannya tapi jenis makanannya,” tuturnya.

Di sisi lain, adapun tips makan sahur yang dimaksud direkomendasikan oleh Kementerian Bidang Kesehatan (Kemenkes) agar tubuh tetap saja bugar, pada antaranya:

1. Mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, lalu oat

2. Perbanyak mengkonsumsi buah kemudian sayur untuk memenuhi keperluan serat serta vitamin harian

3. Perbanyak mengkonsumsi air

4. Perbanyak mengkonsumsi protein untuk memperbaiki kemudian merancang jaringan tubuh dan juga meningkatkan imun tubuh.

Related Articles

Back to top button