Kesehatan

Awas Tidur pasca Sahur Bisa Picu Maag, Tunggu 35 Menit Dulu

Gragehotels.co.id – JAKARTA Tidur setelahnya sahur mampu memicu penyakit maag dengan gejala nyeri perut, mual dan juga muntah hingga perut kembung. Tidur pasca sahur mungkin saja terasa nyaman bagi beberapa orang, teristimewa apabila dia merasa mengantuk setelahnya makan.

Namun, ada beberapa hal yang digunakan perlu dipertimbangkan terkait tidur pasca sahur . Jika Anda memutuskan untuk tidur setelahnya sahur, cobalah untuk menyesuaikan pola tidur Anda sehingga Anda miliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan sebelum tidur.

“Jangan lakukan satu hal ini setelahnya sahur agar kamu tiada mudah sakit maag setelahnya seharian berpuasa. Yaitu setelahnya selesai sahur, jangan secara langsung tidur dulu,” kata Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak disitir dari akun Instagram pribadinya, @drkevinmak, Kamis (14/3/2024).

“Minimal tunggu 15-35 menit agar makanan bisa jadi masuk ke di lambung juga dicerna dengan baik,” sambungnya.

Awas Tidur setelahnya Sahur Bisa Picu Maag, Tunggu 35 Menit Dulu

Foto/Infografis SINDOnews

Di sisi lain, Anda juga bisa saja mencoba untuk tidur dengan sikap yang dimaksud sedikit miring ke berhadapan dengan untuk menurunkan risiko refluks asam atau gangguan pencernaan lainnya. Tetaplah memperhatikan tubuh Anda kemudian reaksinya terhadap tidur setelahnya sahur, lalu sesuaikan pola tidur sesuai keperluan juga kenyamanan Anda.

“Jika kamu segera tidur, makanan itu akan sulit dicerna juga akhirnya kembali ke kerongkongan. Menyebabkan perasaan seperti kembung, begah ataupun nyeri pada ulu hati,” jelasnya.

Selain itu, tidur setelahnya sahur dapat memengaruhi kadar gula darah. Jika Anda tidur segera pasca makan, kadar gula darah akan naik secara radikal lantaran tubuh tak menghabiskan energi yang diperoleh dari makanan. Ini adalah dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang bukan sehat.

Tidur setelahnya sahur juga menyebabkan Anda merasa lebih besar lelah kemudian kurang bertenaga ketika bangun nanti. Ini adalah bisa saja memengaruhi produktivitas selama berpuasa lalu menimbulkan Anda sulit untuk melakukan aktivitas fisik atau beribadah.

Tidur pasca sahur mampu memproduksi Anda kehilangan waktu berharga di tempat pagi hari. Daripada tidur, Anda bisa saja menggunakan waktu yang disebutkan untuk melakukan ibadah, membaca Al Quran, atau melakukan aktivitas lain yang bermanfaat.

Related Articles

Back to top button