Kesehatan

Awas Minum Teh Manis ketika Buka Puasa Berisiko Tinggi Dehidrasi

Gragehotels.co.id – JAKARTA Teh manis adalah minuman yang digunakan umum dikonsumsi ketika berbuka puasa oleh sebagian besar orang. Hal ini sebab teh manis dipercaya bisa jadi mengatasi energi tubuh yang tersebut hilang setelahnya seharian berpuasa.

Namun, ada beberapa hal yang dimaksud perlu dipertimbangkan terkait konsumsi teh manis ketika berbuka puasa . Pertama adalah komposisi gula, yang mana mana teh manis biasanya mengandung total gula yang mana cukup tinggi, teristimewa apabila gula yang digunakan ditambahkan berlebihan.

Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang digunakan cepat dihadiri oleh oleh penurunan yang mana drastis. Kondisi ini dapat meningkatkan rasa lapar lalu kehausan.

Teh, teristimewa yang tersebut mengandung kafein, miliki efek diuretik yang digunakan dapat meningkatkan produksi urine lalu mengakibatkan dehidrasi apabila dikonsumsi di total besar. Namun, teh manis kemungkinan besar tiada menyebabkan dehidrasi apabila dikonsumsi dengan total yang mana moderat dan juga diimbangi dengan asupan air putih yang dimaksud cukup.

Awas Minum Teh Manis ketika Buka Puasa Berisiko Tinggi Dehidrasi

Foto/Infografis SINDOnews

“Siapa yang digunakan suka menerbitkan puasa pakai teh manis dulu? Buat teman-teman tambahan baik konsumsi air mineral satu sampai 2 gelas,” kata Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak dikutipkan dari akun Instagram pribadinya, @drkevinmak, Mulai Pekan (11/3/2024).

“Karena menerbitkan dengan teh manis dapat meningkatkan risiko untuk terjadi dehidrasi ya. Tapi kalau telah minum air putih atau air mineral nggak apa-apa kok,” sambungnya.

Di sisi lain, teh mengandung kafein yang tersebut dapat memiliki efek stimulan pada tubuh. Meskipun komposisi kafein pada teh tidaklah sebanyak isi kafein pada kopi, konsumsi kafein berlebihan dapat mengganggu tidur lalu mengganggu pola tidur ketika bulan Ramadan.

Konsumsi teh manis secara berlebihan ketika membuka puasa juga dapat meningkatkan risiko kecacatan gigi akibat komposisi gula yang tersebut tinggi. Gula di minuman manis dapat menyebabkan pembentukan plak lalu kerusakan gigi jikalau tak diimbangi dengan kebersihan mulut yang baik.

Dengan memperhitungkan faktor-faktor dalam atas, disarankan untuk mengonsumsi teh manis dengan bijak ketika berbuka puasa. Anda dapat memilih untuk membatasi jumlah agregat gula yang tersebut ditambahkan atau menggantinya dengan pemanis alami yang dimaksud lebih lanjut sehat seperti madu.

Selain itu, pastikan untuk tetap saja memperhatikan asupan air putih untuk menjaga dari dehidrasi dan juga meminimalkan konsumsi kafein untuk menjaga keseimbangan tubuh Anda selama bulan puasa.

Related Articles

Back to top button