Kesehatan

Awas! Kebiasaan ini Bisa Bikin Kadar Kolesterol Naik pada waktu Berpuasa

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Ketika berpuasa tubuh tak mendapatkan asupan dari cairan maupun makan selama hampir 13 jam. Tentu berpuasa memberikan dampak kebugaran yang dimaksud baik jikalau disertai dengan pola makan yang sehat.

Bagi Anda yang dimaksud mempunyai lemak darah tinggi, berpuasa mampu membantu menormalkan atau menurunkan kadar lipid jahat pada tubuh. Akan tetapi berpuasa ternyata juga bisa saja bikin lemak darah naik apabila Anda kalap mengonsumsi takjil manis kemudian mengandung lemak.

Dokter sekaligus content creator kondisi tubuh dr. Saddam Ismail mengungkapkan bahwa konsumsi takjil merupakan minuman manis, makanan manis, kemudian juga gorengan sanggup bikin steroid naik walaupun telah terjadi berpuasa seharian.


“Mengonsumsi makanan manis ya makanan berlemak kemudian makannya di jumlah total yang mana sejumlah mulai dari takjil minuman manis, makanan manis, kue yang manis-manis, gorengan, lalu makanan yang dimaksud mengandung lemak lainnya,” kata dr. Saddam dikutipkan dari kanal Youtube Sadam Ismail, Kamis (21/3/2024).

Banyak orang yang mudah tergiur untuk mengonsumsi berbagai jenis gorengan dan juga takjil bersantan sesaat pasca berbuka puasa. Alhasil pola makan menjadi tidaklah terjaga dengan baik.

Kadar lemak darah pada tubuh akan semakin meningkat apabila ketika makan besar, Anda secara langsung mengonsumsi makanan yang mana tak sehat seperti makanan cepat saji atau mi instan.

“Saat berbuka puasa ataupun pada waktu sahur secara tiba-tiba isi makanan yang mana nggak sehat ya sampai penuh, sampai kekenyangan. Apalagi jikalau mengonsumsi makanan yang dimaksud meningkatkan kolesterol,” jelasnya.


Selain itu, penyulut meningkatnya lipid ketika berpuasa yakni sebab tubuh mengalami kekurangan taurin. Taurin merupakan zat yang mana bisa jadi membantu tubuh menurunkan kolesterol.

Taurin bisa jadi didapatkan dari Zinc kemudian juga vitamin A. Oleh karenanya, dr. Saddam menyarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan yang dimaksud tinggi akan Zinc serta vitamin A, seperti wortel, paprika, ubi jalar, bayam, brokoli, kacang-kacangan, ataupun telur.

“Tapi tetap memperlihatkan ya jangan konsumsi berlebihan ketika puasa teman-teman. Saya ingatkan tetap saja perhatikan nutrisi juga gizi makanan harus tetap memperlihatkan seimbang. Tidak menjamin kita puasa seharian menahan lapar serta haus, steroid bisa saja turun kalau tidak ada dijaga,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button