Bisnis

Amerika Serikat Jengah dengan Kelakuan Israel, Bantuan dari Amerika Diblokade Sebulan

Gragehotels.co.id – Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Matthew Miller menyampaikan membantah Amerika Serikat untuk pemerintah Israel, dikarenakan pemblokiran bantuan untuk penduduk sipil di dalam Kawasan Gaza kemudian berbagai wilayah pada Palestina.

Hal ini, kata Miller, menghasilkan Negeri Paman Sam mempertimbangkan untuk menghentikan bantuan untuk Israel. “Kita sudah menyaksikan hambatan dari segi urusan politik Israel, di dalam mana para menteri pada pada pemerintahan tanah Israel menghentikan pelepasan bantuan [tepung] dari pelabuhan di area Ashdod,” kata beliau dikutipkan via Anadolu Agency pada Rabu (6/3/2024) kemarin.

Menurut dia, para pejabat negeri Israel justru menyokong aksi massa yang memblokade bantuan ke wilayah Palestina melalui KArem Shalom.

AS mengirimkan bantuan berbentuk tepung di jumlah total besar melalui Pelabuhan Ashdod. Namun, pengiriman yang disebutkan tertahan selama lebih tinggi dari satu bulan melawan perintah Menteri Keuangan Israel, Bezalel Smotrich.

Miller menyoroti tindakan para pejabat negara Israel yang digunakan menghalangi dan juga mengganggu penyaluran bantuan ke Gaza, serta ia menegaskan bahwa hal ini harus segera dihentikan.

“Semua ini merupakan hambatan yang dimaksud berasal dari para menteri di area pada pemerintahan negeri Israel yang tersebut kami telah terjadi tegaskan sebagai tidak ada dapat diterima kemudian harus segera diakhiri,” ungkapnya.

Ia menegaskan, Amerika Serikat miliki sikap terbuka terkait situasi pada lapangan dan juga penolakan negara Israel untuk membuka perbatasan Erez di tempat utara Gaza.

Menurutnya, sikap Amerika Serikat yang dimaksud disampaikan pada waktu Menteri Luar Negeri Antony Blinken bertemu dengan kabinet konflik Israel.

Amerika Serikat adalah sekutu dekat negeri Israel lalu rutin memberikan bantuan terhadap mereka.

Menurut peraturan hukum dalam Amerika Serikat, yaitu undang-undang tahun 1961, Presiden dilarang mengirimkan bantuan ke negara lain apabila negara yang disebutkan membatasi bantuan kemanusiaan dari Amerika.

Namun, merujuk pada 620I Undang-Undang Bantuan Luar Negeri AS, terdapat pengecualian yang mana memungkinkan presiden untuk melanjutkan bantuan jikalau dianggap di kepentingan keamanan nasional Amerika Serikat secara resmi.

Israel meningkatkan serangan ke Palestina pada tanggal 7 Oktober. Sebagai akibat dari genosida tersebut, tambahan dari 30.700 orang pada Palestina meninggal juga banyak ribu rumah hancur.

Related Articles

Back to top button