Arti Mutualan IG

Arti Mutualan IG Seiring berkembangnya zaman, ada banyak sekali istilah yang dipakai untuk berkomunikasi secara langsung maupun melalui sosial media yang sulit dimengerti oleh masyarakat umum.

Istilah ini biasanya dimunculkan dari bahasa anak muda yang memiliki segudang kreatifitas. Istilah-istilah baru seperti kepo, noob, mutualan, dan lain-lain terkadang dipakai untuk berkomunikasi sehari-hari namun sebagian orang tidak mengetahui artinya.

Pada media sosial instagram dan twitter banyak bermunculan ajakan “mutualan yuk”. Mungkin hal ini sudah lumrah ditemukan dan dipakai pengguna sosial media, tetapi beberapa orang kebingungan dengan istilah ini.

Alih-alih menanyakan langsung kepada teman, sebagian orang lebih memilih untuk mencarinya di internet, karena malu kalau terlihat tidak update oleh temannya.

Arti Mutualan IG dapat kamu simak dari penjelasan di artikel ini. Baca sampai habis ya!

Apa Arti Mutualan IG yang kini sedang populer?

Arti Mutualan IG

Sebagai pengguna sosial media khususnya instagram, apakah anda pernah memakai tagar FFF (Follow for Follow) saat mengunggah foto atau video di feed?

Jika ya, tentu saja anda menggunakan tagar tersebut untuk saling follow dengan akun-akun baru di instagram. Begitu juga dengan kata mutualan.

Arti mutualan IG merujuk pada ajakan untuk saling follow dan berteman dengan akun-akun baru baik itu teman di dunia nyata atau orang asing yang juga menggunakan instagram.

Kegiatan mutualan IG ini semakin populer karena saling menguntungkan kedua belah pihak untuk mendapatkan pengikut baru pada akun instagramnya.

Termasuk dalam jenis bahasa gaul yang banyak digunakan oleh anak muda di sosial media, ternyata mutualan berasal dari bahasa inggris ‘mutual’ yang berarti ‘saling’.

Kata ini juga dapat diartikan sebagai berbalas-balasan, timbal balik, atau bersama. Merujuk dari pengertian tersebut, terlihat korelasi antara saling follow di instagram dengan pemakaian istilah mutualan.

Sebagian orang juga menganggap mutualan berasal dari kata ‘mutual friend’ yang dipakai oleh sosial media facebook dan twitter saat melampirkan rekomendasi teman untuk di follow atau add.

Anda dapat melihat rekomendasi teman yang akan di follow berdasarkan mutual friend anda di sosial media tersebut. Dari sini muncullah istilah mutualan yang berarti saling follow atau berteman.

Mengapa anda harus Mutualan di IG?

Anda tentu saja mengetahui istilah simbiosis mutualisme saat belajar IPA semasa SD bukan? Nah dari sana dapat diketahui bahwa simbiosis mutualisme merupakan hubungan yang saling menguntungkan antara sesama makhluk hidup atau lingkungan.

Kata mutualisme disini sama halnya dengan istilah mutualan. Jika anda mengajak seseorang mutualan di instagram, maka anda mendapatkan keuntungan tambahan follower, begitu juga dengan orang yang anda ajak.

Hubungan timbal balik yang saling memberi keuntungan ini menjadi alasan mengapa anda harus mengajak pengguna instagram mutualan dengan anda.

Dengan mengajak beberapa orang mutualan, anda akan dinilai ramah dan senang berteman. Akun instagram anda pun akan mengalami kenaikan followers tanpa harus menyiasatinya dengan membeli followers.

Karena jika pihak instagram mengetahui bahwa anda menambah follower bukan dengan cara manual melainkan dengan cara curang, kemungkinan akun anda kena banned akan sangat besar.

Hal ini akan sangat berdampak terutama jika anda adalah seorang konten kreator, atau pelaku bisnis di instagram.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengajak mutualan di instagram dengan berkomunikasi secara langsung melalui kolom komentar atau direct message.

Keuntungan mutualan IG lainnya, anda juga dapat mengajak orang-orang yang mempunyai hobi atau profesi sama dengan anda untuk mutualan di instagram.

Sebagian besar pengguna instagram dan twitter yang memiliki hobi dan idola sama, akan saling follow untuk berbagi postingan menarik mengenai hobi atau idola mereka.

Salah satunya Army, yaitu sebutan untuk fans grup idol asal korea BTS. Mereka dikenal sangat kompak karena di beberapa sosial media para fans ini saling mutualan IG ataupun twitter untuk berbagi postingan mengenai BTS tentunya.

Selain itu, ada lagi perkumpulan para penulis yang tidak jarang saling mutualan di sosial media mereka. Hal ini juga berguna untuk menaikkan jumlah penikmat karyanya dan membuat tulisan mereka semakin populer.

Tidak ketinggalan para selebgram yang mutualan satu sama lain. Didasari oleh keinginan untuk berteman, mutualan para selebgram ini juga menguntungkan karena mereka akan mendapatkan exposure secara cuma-cuma.

Hal ini biasa terjadi karena para pengikut setia atau fans dari salah satu selebgram, akan cenderung melihat semua aktivitas dan pertemanan yang diposting, sehingga para fans juga tergerak untuk mengikuti akun teman dari selebgram tersebut.

Mutualan di instagram juga sangat bermanfaat bagi anda yang sedang memperluas koneksi, bisa untuk mencari pekerjaan atau mengembangkan bisnis anda.

Semakin sering anda melakukan mutualan dengan pengguna lain, postingan anda akan mendapatkan like dan komentar lebih banyak. Mutualan anda juga dapat berbagi informasi dengan berbagi tautan video atau foto kepada anda.

Ada banyak sekali keuntungan dan hal positif dari mutualan di instagram, ada baiknya anda juga mencoba memakai istilah ini untuk mengajak seseorang berkenalan di instagram ya.

Selain menambah teman, bisa saja anda menemukan jodoh di instagram bermula dari ajakan mutualan. Bagaimana? Tertarik untuk mutualan ig?

Bagaimana Langkah-langkah Mutualan di IG?

Setelah mengetahui arti mutualan IG tentu anda penasaran bagaimana cara mempraktekkan hal tersebut. Tenang saja, kami telah merangkum beberapa cara mutualan IG yang mudah dan ampuh untuk anda.

Mutualan melalui Direct Message (DM) Instagram

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mutualan di instagram adalah dengan mengirimkan pesan langsung kepada akun yang ingin anda ajak mutualan.

Sebelum mengirimkan pesan melalui DM, pastikan anda telah follow akun-akun tersebut terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar anda terkesan memang ingin berteman dengan mereka.

Anda juga dapat menambahkan beberapa kata di profil bio instagram yang menunjukkan bahwa akun anda terbuka untuk mutualan IG.

Perlu diperhatikan, akun-akun yang biasanya ingin mutualan dengan pengguna lain yaitu akun dengan jumlah followers sedikit. Biasanya pemilik akun tersebut baru menggunakan instagram sehingga juga butuh followers.

Maka anda harus mencari akun dengan sedikit followers, kemudian baru anda follow dan kirimkan pesan melalui DM yang kira-kira berbunyi seperti ini,

“Hai kak, kenalin aku (nama anda), mau nambah teman di instagram, mutualan yuk kak.”

Gunakan bahasa yang sopan dan terlihat santai saat mengajak pengguna lain mutualan ya. Karena ini akan memberi kesan bahwa anda adalah orang yang ramah.

Mutualan melalui Grup Whatsapp

Arti Mutualan IG

Cara kedua yang dapat anda coba adalah dengan mengirimkan pesan di Grup Whatsapp anda. Biasanya para anggota lain akan saling follow di instagram. Bisa untuk berbagi informasi atau sekedar berteman.

Anda dapat menggunakan kata-kata yang sopan seperti contoh sebelumnya, atau jika grup sedikit formal, anda dapat mengubah kata-kata menjadi lebih baku.

Demikian penjelasan mengenai Arti Mutualan IG yang perlu anda ketahui. Sekarang anda sudah paham mengenai istilah mutualan, yuk ajak teman-teman untuk mutualan di instagram anda.

Baca Juga : Aplikasi Mengatur Feed Instagram

5/5 - (3521 votes)

Leave a Comment