Aplikasi Translate Bahasa Jawa. Berikut Ini 10 Rekomendasinya

Aplikasi Translate Bahasa Jawa – Banyak orang yang masih menggunakan bahasa daerah seperti misalnya bahasa Jawa. Namun, tidak semua orang Jawa dapat berbicara dengan benar, terutama menggunakan Kramalus.

Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Jawa

Aplikasi Translate Bahasa Jawa

Saat ini terdapat aplikasi translate bahasa jawa yang dapat menerjemahkan bahasa Jawa krama-alus untuk membantu anda dalam memahami segala makna atau artinya. Terdapat 10 jenis aplikasi yang tersedia yang akan dibahas dibawah ini.

  1. Kamus Bahasa Jawa Halus Offline Lengkap

Pada zaman dahulu, kamus bahasa jawa berisi dengan makna yang kental dan berat, namun sekarang zaman sudah berubah dan kamusnya juga sudah banyak berbentuk aplikasi. Salah satunya aplikasi ini yakni kamus bahasa jawa halus offline.

Ini diurutkan menurut abjad, sehingga terlihat seperti kamus berbentuk buku. Cocok juga untuk pengguna yang tidak memiliki kuota internet. Hal tersebut karena aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline.

  1. Translator Jawa

Aplikasi Translate Bahasa Jawa

Jika anda berbicara bahasa Jawa, ada aturan tentang penggunaannya. Pengguna perlu memahami aturan yakni menggunakan bahasa Ngoko untuk Krama Alus. Penggunaannya berbeda untuk setiap level.

Bahasa Jawa Ngoko digunakan ketika percakapan berada pada level yang sama atau sederajat. Misalnya, orang yang berbicara satu sama lain memiliki usia yang sama.

Nah untuk bahasa Krama ini dimaksudkan untuk percakapan dengan orang yang berpangkat lebih tinggi. Contohnya ialah percakapan antara anak dan orang tua. Anak harus menggunakan bahasa Krama terhadap orang tuanya.

Kemudian untuk Krama Alus bertujuan untuk berbicara dengan orang yang kedudukannya jauh lebih tinggi lagi dari yang sebelumnya. Misalnya, orang biasa ke walikota (pejabat) dan juga seperti cucu ke kakek neneknya.

Jumlah level ini bisa membuat pengguna bingung membedakan Ngoko hingga ke Krama Inggil. Untungnya aplikasi terjemahan bahasa jawa ini (Translator Jawa) bisa menerjemahkan mulai dari bahasa ngoko, krama, krama alus dan sebaliknya.

  1. Kamus Jawa

Aplikasi Translate Bahasa Jawa

Belajar bahasa Jawa itu mudah karena hanya dengan bantuan kamus bahasa jawa ini. Apk terjemahan Krama Alus Jawa dapat menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa. Selain itu ada beberapa fitur yang sangat berguna bagi pengguna.

Macam-macam fitur tersebut yakni yang pertama ada fitur favorit. Fitur favorit ini memungkinkan anda untuk menyimpan hasil terjemahan.

Fitur ini dapat menyimpan kebutuhan pengguna agar tidak perlu mencari lagi jika pengguna lupa atau membutuhkannya. Yang kedua adalah fungsi catatan. Pengguna dapat membuat catatan dan mengingat bahasa Jawa yang telah mereka pelajari.

Fitur yang paling menarik adalah aplikasi ini sudah terkoneksi dengan google yakni secara online sehingga mudah jika ingin menerjemahkan karna bisa dari google..

Jadi jika pengguna menelusuri menggunakan mode suara, misalnya, “saya sudah makan” maka aplikasi ini akan segera menghubungkannya ke Google Translate dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Jawa.

  1. Aplikasi Translate Bahasa Jawa, Pepak Bahasa Jawa Lengkap

Kemahiran bahasa jawa juga bisa dipelajari dengan aplikasi paket bahasa jawa lengkap ini. Pengguna tidak hanya mempelajari kosakata dan terjemahan bahasa Jawa.

Sebagai gantinya, anda bisa belajar bahasa Jawa, Parisasan (peribahasa), Wayang Purwa (boneka), Casseastraan, dan banyak lagi. Melalui cara ini, Anda juga bisa mengenal budaya Jawa lebih jauh.

Ini sudah digunakan oleh lebih dari 100.000 orang serta berperingkat tinggi, jadi cukup recommended untuk memahami bahasa Jawa. Anda dapat dengan mudah menemukan terjemahan hasil pencarian. Ini karena mereka diurutkan berdasarkan abjad.

  1. Aplikasi Translate Bahasa Jawa, Kamus Bahasa Jawa Online

Kosakata bahasa Jawa lebih dikenal daripada bahasa lain. Mulai dari Ngoko, Jawa Krama, Jawa Wreda Krama dan banyak lagi yang bisa dipelajari dari bahasa ini.

Dengan bantuan aplikasi kamus bahasa jawa online ini, pengguna dapat menerjemahkannya ke dalam berbagai macam bahasa jawa yang banyak macam dan jenisnya.

Belajar bahasa Jawa tidak hanya menambah pengetahuan anda, tetapi juga membantu melindungi bahasa daerah anda, khususnya daerah Jawa. Semoga dengan hadirnya aplikasi  ini menjadikan bahasa jawa lebih familiar dan langgeng.

  1. Kawruh Pepak Bahasa Jawa Lengkap

Dengan adanya aplikasi Pepak Bahasa Jawa Lengkap ini, anda dapat mempelajari berbagai materi Pepak Jawa lengkap yang dapat meningkatkan pengetahuan anda tentang bahasa Jawa dengan mudah hanya melalui smartphone kesayangan anda.

Aplikasi ini memiliki berbagai Pepak Bahasa Jawa seperti Tegese Tembung, Rupa rupa Kawruh dengan nama binatang, tumbuhan dan orang, tokoh perwayangan dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga memberikan contoh cara penulisan huruf yang baik dan benar, sehingga anda juga bisa belajar cara menulis huruf jawa. Download aplikasi paket bahasa jawa yang praktis dan mudah ini untuk melestarikan salah satu bahasa daerah nusantara.

  1. Translate Bahasa Indonesia

Untuk mengikuti perkembangan aplikasi sebelumnya, Alief Developer juga telah mengembangkan aplikasi pembelajaran bahasa Jawa yang mana biasa dipanggil Translate Indonesian to Java.

Aplikasi ini sangat memungkinkan anda untukmenerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Jawa serta berkomunikasi dengan orang-orang menggunakan bahasa lokal anda tersebut.

Terjemahan Aplikasi ini dapat digunakan tanpa  akses internet, jadi anda tidak perlu khawatir tentang jaringan yang buruk saat belajar offline dengan aplikasi ini.

Terlebih lagi, konversi ini juga mudah, hanya dengan 2,88 MB, Anda bisa mengunduhnya dalam ukuran yang sangat kecil.

  1. Aksara Jawa

Karena bahasa Jawa merupakan kekayaan budaya Indonesia dan perlu dilestarikan, maka bahasa Jawa kami terapkan sebagai media pembelajaran membaca dan menulis bahasa Jawa.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengkonversi dari bahasa Latin ke bahasa Jawa dan sebaliknya. Aksara Jawa juga dapat disalin sebagai teks, sehingga Anda dapat dengan cepat membuat Javascript di Android.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa Aksara Jawa, diantaranya Aksara Sederhana, Aksara Berpasangan, Aksara Murda, Aksara Mitra, Aksara Swara, bahkan Angka Jawa yang dapat dipelajari dengan aplikasi ini.

  1. Aplikasi Translate Bahasa Jawa, Pidato Sambutan Jawa

Jika anda berprofesi sebagai moderator atau banyak berpidato menggunakan bahasa jawa, maka aksara jawa ini sangat cocok untuk belajar pidato menggunakan bahasa jawa.

Situs atau aplikasi memiliki kumpulan pidato-pidato kuno yang bisa dipelajari melalui aplikasi yang satu ini, antara lain krama inggil, tutur kata resmi, dan contoh tulisan sehari-hari.

  1. Kamus Bahasa Jawa Krama Inggil Lengkap Offline

Untuk pemula yang ingin belajar bahasa Jawa, aplikasi ini sangat cocok untuk Anda karena menyatukan puluhan ribu kosakata bahasa Jawa dalam kamus kecil dan ringan ini.

Dengan aplikasi ini tentunya anda bisa belajar bahasa Jawa Krama Inggil yang bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya.

Aplikasi ini mencakup berbagai jenis fitur seperti fitur halaman zoom, ukuran kecil, fitur full offline, dan masih banyak fitur lainnya yang membuat aplikasi ini sangat luar biasa. Aplikasi ini juga dirancang agar menarik serta mudah digunakan.

Memperlajari bahasa lokal tersendiri tentunya menjadi sebuah kewajiban terutama bagi kita generasi muda untuk melestarikan budaya turun temurun nenek moyang kita.

Baca Juga : Cara Melihat Hasil Google Form

5/5 - (389 votes)

Leave a Comment