Aplikasi Pengukur Tinggi Badan

Aplikasi Pengukur Tinggi Badan Dalam mengukur tingkat pertumbuhan seseorang, salah satu aspek yang diperhatikan adalah tinggi badan. Selama ini, pengukuran tinggi badan seringnya masih menggunakan alat ukur berupa meteran yang ditempel pada dinding.

Cara mengukur tinggi dengan metode yang konvensional seperti itu, sebenarnya kurang praktis. Ada cara yang lebih praktis yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi pengukur tinggi badan yang bisa dipasang di handphone.

Dengan menggunakan aplikasi, aktivitas pengukuran pun tentunya akan lebih mudah dan cepat. Selain itu, dalam aplikasi tersebut biasanya ada fitur-fitur tambahan yang bisa kamu manfaatkan. Sehingga kamu bisa melakukan banyak hal dengan aplikasi itu.

Rekomendasi Aplikasi Pengukur Tinggi Badan

Mau tahu apa saja aplikasinya? Berikut ini 6 aplikasi yang bisa kamu download.

Daftar Aplikasi Pengukur Tinggi Badan yang Mudah DIgunakan

  1. Measure

Aplikasi Pengukur Tinggi Badan

Rekomendasi pertama yang kami berikan adalah aplikasi bernama Measure. Aplikasi pengukuran ini dapat mengetahui tinggi badan seseorang dengan bantuan teknologi LiDAR.

Untuk penggunaannya pun terbilang mudah dan sederhana, kamu tinggal mengarahkan kamera perangkatmu ke arah orang yang ingin kamu ukur tingginya.

Ketika mengarahkan kamera ke orang tersebut, sensor LiDAR akan mendeteksi berapa tinggi badannya. Selain mendeteksi tinggi badan, sensor ini juga bisa mengetahui apakah orang tersebut sedang sedang berdiri atau duduk.

Jika kamu sudah selesai melakukan pengukuran, ada fitur yang disediakan agar bisa membagikan hasil pengukuran tersebut ke media sosial.

  1. Body Measure Tracker

Aplikasi Pengukur Tinggi Badan

Ada pula aplikasi pengukur tinggi badan bernama Body Measure Tracker. Menariknya, bukan cuma mengukur tinggi, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mengetahui berat badan hingga menghitung Indeks Massa Tubuh atau BMI.

Setelah melakukan pengukuran dan mendapatkan hasilnya, aplikasi Body Measure Tracker akan mulai mengkategorikan hasil tersebut. Kategorinya adalah apakah pengguna memiliki BMI yang termasuk kurus, sedang, gemuk, dan lainnya.

Tak sampai di situ saja kemampuan aplikasi ini, ia juga punya fitur tambahan lainnya seperti pelacakan terhadap kalori dan nutrisi yang ada di tubuh kamu.

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna dapat melihat informasi soal seberapa banyak kalori maupun nutrisi yang masuk atau keluar. Fitur seperti ini, tentunya cocok bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Menarik sekali, bukan?

Body Measure Tracker telah mencapai total unduhan hingga 500.000 lebih. Aplikasi ini pun hanya memiliki ukuran sebesar 7,1 MB, dapat dikatakan sangat kecil sehingga tak akan menghabiskan penyimpanan di HP kamu.

  1. Smart Measure

Aplikasi Pengukur Tinggi Badan

Rekomendasi aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengukur tinggi badan adalah Smart Measure. Menggunakan konsep trigonometri, aplikasi ini bisa pula digunakan sebagai alat pengukuran jarak, lebar, dan luas suatu objek.

Aplikasi berukuran 4,3 MB ini juga memiliki dua fitur utama lainnya seperti Smart Ruler dan Smart Distance. Smart Ruler dapat digunakan untuk mengukur objek hingga 50 cm.

Sementara fitur Smart Distance diklaim dapat melakukan pengukuran mulai dari jarak 10 meter, hingga yang terjauh mencapai 1 kilometer.

Cara penggunaan aplikasi ini pun tak jauh berbeda dari aplikasi pengukuran lainnya. Pengguna cukup mengarahkan kamera HP ke arah orang yang ingin diukur tinggi badannya. Jangan lupa untuk memastikan permukaan tempat orang itu berpijak juga terlihat.

Jika sudah, tekan tombol ‘Get Distance’ yang ada di layar HP kamu. Selesai, sekarang kamu bisa melihat hasil pengukurannya tersebut.

Aplikasi yang hemat penyimpanan ini diketahui telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna.

  1. Ukur Jarak

Aplikasi ini dapat mengukur tinggi badan seseorang, dengan mengandalkan sudut pandang dan tinggi dari lensa kamera. Untuk melakukan pengukuran tinggi badan, pengguna perlu mengarahkan kamera ke bagian atas orang yang akan diukur.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengukur jarak suatu objek. Caranya, arahkan kamera ke bagian bawah di mana objek tersebut berpijak.

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan mengandalkan sudut pandang dan tinggi lensa kamera, serupa dengan aplikasi Smart Measure yang telah dijelaskan sebelumnya.

Aplikasi yang dikembangkan MVTrail Tech ini, menyediakan fitur untuk berbagi ke sosial media. Sehingga kamu pun dapat berbagi hasil pengukuran kepada teman-temanmu.

Dengan ukuran 7,5 MB, Ukur Jarak telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna.

  1. Easy Measure

Pilihan selanjutnya bagi kamu yang menginginkan aplikasi pengukur tinggi badan, Easy Measure bisa menjadi pilihan. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengukur tinggi dan jarak dengan baik.

Bahkan, Caramba Apps selaku pengembangnya, mengklaim jika Easy Measure bisa digunakan untuk mengukur jarak antara pengguna dengan sebuah kapal yang ada di seberang laut.

Penggunaan aplikasi ini serupa dengan aplikasi-aplikasi sejenis. Kamu cukup membuka fitur kamera di smartphone, dan arahkan kamera ke objek yang ingin diukur. Kemudian, aplikasi ini akan menghitung hasil pengukuran tersebut dan menampilkannya di layar.

Easy Measure memiliki serangkaian fitur-fitur unggulan seperti teknologi 3D Augmented Reality (AR), dan fitur untuk membagikan hasil pengukuran yang didapat ke media sosial yang kamu miliki. Selain itu, tampilan antarmuka aplikasi ini juga sangat sederhana.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 500.000 pengguna ini pun, datang dengan fitur yang memungkinkan pengguna melakukan kalibrasi pada handphone mereka. Kalibrasi ini akan membuat pengukuran lebih tepat dan akurat.

Ada pula fitur berupa senter, untuk membantu pengguna yang membutuhkan pengukuran di tempat yang minim cahaya.

Easy Measure juga tak akan memakan banyak ruang penyimpanan, karena hanya memiliki ukuran sebesar 8,4 MB.

  1. Smart Tools

Smart Tools merupakan rekomendasi terakhir yang bisa menjadi pilihanmu untuk mengukur tinggi badan. Aplikasi ini merupakan salah satu yang memilki fitur terlengkap yang bisa kamu temukan. Ada banyak sekali fitur yang tersedia selain untuk mengukur tinggi.

Setidaknya, ada 27 fitur berbeda yang dikelompokkan menjadi 6 kategori yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan kamu. Semua fitur ini mencakup alat untuk mengukur tinggi, jarak, sudut, dan sebagainya.

Dari keenam kategori tersebut, yang pertama adalah Smart Ruler Pro. Fitur ini berfungsi untuk melakukan pengukuran terhadap panjang, sudut, level, dan kemiringan objek.

Kedua, ada pula Smart Measure Pro yang berfungsi mengukur tinggi, luas, lebar, dan jarak suatu objek. Kemudian yang ketiga adalah Smart Compass Pro, fungsinya untuk menampilkan GPS, kompas, dan detektor logam.

Keempat, tersedia fitur bernama Sound Meter Pro. Seperti namanya, fitur ini bisa memberi tahu pengguna mengenai seberapa bising sebuah suara dan seberapa kuat sebuah getaran.

Lalu yang kelima, ada pula Smart Light Pro. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini sebagai senter, kaca pembesar, dan cermin. Fitur keenam adalah Konversi, yang berfungsi menampilkan konversi terhadap satuan.

Aplikasi yang sangat multifungsi ini bisa kamu dapatkan cukup dengan Rp.45.000 saja. Ukurannya pun termasuk hemat penyimpanan, karena hanya sebesar 10 MB. Dengan lebih dari 1 juta pengguna yang telah mengunduhnya, aplikasi ini terlihat mampu diandalkan.

Nah, begitulah rekomendasi 6 aplikasi pengukur tinggi badan yang bisa kamu pilih untuk dipasang di smartphone. Dengan bantuan aplikasi-aplikasi itu, kegiatan mengukur tinggi badan tentunya akan lebih praktis dan akurat.

Baca Juga : ZArchiver Pro Apk

5/5 - (389 votes)

Leave a Comment