Kesehatan

Apa Kaitan Keguguran dengan Kelelahan seperti Dialami Kiky Saputri? Penelitian Ungkap Hal Ini adalah

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Penyebab Kiky Saputri keguguran salah satunya adalah kelelahan. Hal ini disampaikan sang komika melalui tayangan dalam saluran YouTube Kiky Saputri Official.

“Penyebab pastinya ada (kista), ditambah faktor lain yaitu kecapekan. Saya pikir selama ini saya kuat, saya kerja sana-sini. Ternyata, di dalam pada perut nggak sekuat itu,” kata Kiky, disitir Awal Minggu (18/3/2024).

Keguguran akibat kecapekan atau kelelahan seperti dialami Kiky Saputri terjadi juga di tempat berbagai kasus. Menjadi pertanyaan sekarang, mengapa kelelahan bisa jadi menjadi salah satu penyulut keguguran?


Satu laporan penelitian yang tersebut dilaksanakan di tempat Denmark yang tersebut meneliti 22.000 wanita hamil menunjukkan bahwa kelelahan ada kaitannya dengan kurang tidur, kemudian ketika ibu hamil kurang tidur, risiko keguguran pun meningkat.

“Para peneliti menemukan bahwa pasca 8 minggu kehamilan, wanita yang tersebut bekerja dua atau tambahan shift di malam hari pada minggu sebelumnya memiliki peningkatan risiko keguguran sebesar 32% dibandingkan wanita hamil yang tersebut tiada shift malam,” ungkap laporan itu, dikutipkan dari laman Fertility Centers of New England.

“Selain itu, semakin rutin si ibu hamil kerja hingga larut malam, semakin besar pula risiko kegugurannya,” tambah laporan tersebut.

Penelitian Denmark itu sejalan dengan penelitian sebelumnya yang tersebut menyatakan bahwa perempuan hamil yang bekerja hingga larut malam, bahkan walau belaka dua kali di seminggu, risiko kegugurannya meningkat.


Artinya, semakin sedikit jam istirahat perempuan hamil, maka dapat memengaruhi kemampuan fisik janinnya. Tapi, kehamilan juga tidak ada menjadi alasan ibu hamil cuma berdiam diri dan juga tidak ada melakukan aktivitas apa pun.

Menjadi catatan adalah, lakukan pekerjaan atau kegiatan secukupnya pada masa kehamilan, khususnya di dalam awal kehamilan. Kuncinya ada dalam lakukan aktivitas secukupnya, tak berlebihan dan juga tidak ada berdiam diri saja.

Sebab, menurut laporan International Diskusi for Wellbeing in Pregnancy dikatakan bahwa kurangnya aktivitas selama kehamilan dapat menyebabkan komplikasi kehamilan.

Komplikasi itu meliputi pertambahan berat badan yang mana berlebihan, diabetes mellitus gestasional, retensi berat badan pasca melahirkan, peningkatan risiko kelahiran sesar, hingga anak mengalami obesitas.

Jadi, itu beliau informasi tentang kaitan antara kelelahan dengan keguguran seperti yang digunakan dialami Kiky Saputri. Semoga bermanfaat.

Related Articles

Back to top button