Kesehatan

Apa itu Penyakit Hernia? Kenali Gejala, Penyebab, lalu Pengobatan Riwayat Penyakit Atta Halilintar

Gragehotels.co.id – Kabar kurang menyenangkan datang dari suami Aurel Hermansyah, Atta Halilintar. Pada hari Selasa (30/1/24) lalu, Atta Halilintar diketahui harus menjalani operasi. Dalam postingan Instagram-nya, Atta tak menjelaskan apa penyakit yang tersebut menjangkitnya.

Namun, diketahui bahwa ayah dari Azura Humaira ini pernah punya riwayat hernia. Apa itu penyakit Hernia? Lantas, apa yang dimaksud menyebabkan hernia? Apakah penyakit ini perlu dioperasi? Simak informasi berikut untuk tahu jawabannya.

Apa itu hernia?

Hernia adalah kondisi di tempat mana organ pada tubuh menonjol melalui celah otot atau jaringan yang mana lemah. Hal ini biasanya terjadi pada area perut. Hernia dapat menyebabkan tonjolan atau benjolan yang terasa sakit.

Pemicu utama adalah tekanan berlebih dalam pada perut, seperti ketika mengangkat benda berat. Pengobatan biasanya melibatkan pembedahan untuk memperbaiki jaringan yang mana lemah. Penting untuk mencari bantuan medis jikalau Anda mengalami gejala hernia seperti nyeri atau benjolan.

Penyebab hernia

Hernia disebabkan oleh tekanan berlebih di dalam di perut, seperti mengangkat beban berat, batuk kronis, atau faktor genetik yang tersebut merusak kekuatan otot.

Tekanan inilah yang menciptakan organ menonjol melalui celah otot yang digunakan lemah, menciptakan tonjolan yang mana bisa saja terasa sakit.

Gejala hernia

  • Tonjolan atau benjolan di tempat area perut atau panggul.
  • Nyeri atau tidak ada nyaman dalam area tonjolan.
  • Sensasi terbakar atau tekanan dalam area hernia.
  • Peningkatan nyeri pada waktu batuk atau bersin.
  • Perasaan penuh atau berat pada perut bagian bawah.
  • Nyeri pada waktu mengangkat benda berat.
  • Ketidaknyamanan pada waktu duduk atau berdiri lama.
  • Gangguan pencernaan atau mulas.
  • Pembengkakan atau pembaharuan warna di area sekitar tonjolan.
  • Sulit buang air besar atau buang air kecil.

Pengobatan hernia

Pengobatan hernia umumnya melibatkan pembedahan untuk memperbaiki jaringan yang lemah atau menempatkan organ kembali ke kedudukan normal. Prosedur ini membantu menjaga dari komplikasi serius.

Pilihan non-bedah seperti penyelenggaraan penyangga atau pembaharuan gaya hidup mungkin saja digunakan untuk perkara hernia yang mana lebih tinggi ringan. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan pendekatan terbaik berdasarkan jenis juga tingkat keparahan hernia.

Meski begitu, sampai pada waktu ini, baik Aurel atau Atta tiada memberitahu apakah perawatan suaminya berhubungan dengan hernia atau tidak.

Demikian penjelasan tentang apa itu penyakit Hernia mulai dari gejala, faktor hingga cara terapi menurut medis.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button