Teknologi

Apa itu MikroTik? Pengertian, Fungsi, Jenis dan juga Cara Settingnya

Gragehotels.co.id – Apa itu MikroTik? Buat Anda pengguna Linux atau teknisi dari sebuah perusahaan yang digunakan bergerak dalam bidang jaringan internet, Anda wajib mengetahuinya.

Pada dasarnya, MikroTik merupakan sebuah sistem operasi berbasis Linux yang dimaksud memudahkan pengguna di mengakses layanan internet dari berbagai perangkat, seperti di tempat warnet.

Dalam konteks ini, komputer berfungsi sebagai router di suatu jaringan. Penting untuk menyadari bahwa MikroTik juga router adalah dua hal yang dimaksud berbeda, dengan perbedaan fisik yang bisa jadi dilihat.

MikroTik merupakan perangkat lunak atau software, sementara router adalah perangkat keras atau hardware. Jadi, Anda tak sanggup mengumumkan bahwa MikroTik adalah sejenis router.

Seperti yang dimaksud disebutkan sebelumnya, MikroTik adalah sistem operasi yang digunakan digunakan untuk memanfaatkan komputer sebagai router di sebuah jaringan.

Hal ini dijalankan dengan menggunakan sistem operasi Linux sebagai dasar untuk mendirikan router jaringan. Dalam router ini, komputer juga dapat mempunyai berbagai layanan tambahan seperti IP Network, jaringan nirkabel, penyedia layanan warnet, juga hotspot.

Dengan demikian, MikroTik dapat dikatakan sebagai sistem operasi yang dimaksud sangat membantu penggunanya.

Fungsi MikroTik

Mengingat tugasnya, MikroTik ini menjadi salah satu aspek penting pada sebuah jaringan komputer. Anda yang dimaksud sedang merancang kemudian mendirikan sebuah sistem jaringan komputer, akan sangat membutuhkan MikroTik.

Sebab, software yang mana satu ini memungkinkan Anda mengatur trafik data, mengatur hak akses, dan juga melindungi jaringan komputer dari serangan ancaman. Selain itu, MikroTik juga menawarkan berbagai layanan pendukung seperti VPN, DNS, firewall, serta QoS (Quality of Service).

Selain itu, Anda sebagai teknisi atau pemilik juga memiliki kontrol penuh terhadap jaringan sehingga bisa saja mengoptimalkan kinerja juga melakukan konfirmasi keamanan jaringan yang mana ada.

Dalam era digital yang tersebut semakin forward ini, pemanfaatan MikroTik menjadi semakin penting untuk mengatasi keperluan akses internet yang mana semakin kompleks.

Fungsi MikroTik lainya

  • Konfigurasi jaringan lokal
  • Memberikan otentikasi
  • Digunakan untuk pengelolaan jaringan internet
  • Pembuatan PPPoE server

Sejarah MikroTik

MikroTik adalah perusahaan Latvia yang didirikan pada tahun 1996 untuk mengembangkan router juga sistem ISP nirkabel. MikroTik sekarang menyediakan perangkat keras dan juga perangkat lunak untuk konektivitas Siber pada sebagian besar negara di dalam dunia.

Karena merasa kurang puas terhadap pengaplikasian PC standar lapangan usaha serta sistem perutean yang lengkap memungkinkan, maka MikroTik hadir pada tahun 1997 untuk menciptakan sistem perangkat lunak RouterOS yang digunakan memberikan stabilitas, kontrol, serta fleksibilitas ekstensif untuk semua jenis antarmuka juga perutean data.

Pada tahun 2002 MikroTik memutuskan untuk memproduksi perangkat keras sendiri, kemudian lahirlah merek RouterBOARD.

Jenis-jenis MikroTik

  • MikroTik RouterOS
  • MikroTik RouterBoard

Cara setting MikroTik

  1. Pertama, Anda perlu melakukan konfigurasi IP Address, default route, NAT Masquerade, DNS server, DHCP server, lalu bridging.
  2. Silahkan melakukan proses yang disebutkan secara berurutan mulai dari mengatur IP address pada interface yang mana terhubung dengan ISP.
  3. Setelah itu, silahkan masukkan IP juga lakukan test PING pada gateway atau alamat IP dari ISP. Caranya, cukup menyingkap sebuah menu terminal lalu masuk pada mode Command Line Interface.
  4. Anda juga perlu melakukan tes PING kembali kemudian masukkan IP addres-nya.
  5. Lakukan konfigurasi pada default route dengan gateway alamat IP.
  6. Anda dapat membuka kembali terminal untuk menguji koneksi internet dan juga cobalah atur DNS server dari Google.
  7. Terakhir, ketikkan alamat IP serta centang checkbox yang dimaksud bertuliskan “allow”, kemudian uji kembali dengan melakukan test PING pada semua URL yang ada.

Itulah jawaban tentang apa itu MikroTik lengkap dengan fungsi, jenis juga cara settingnya.

Kontributor : Damai Lestari

Related Articles

Back to top button