Lifefstyle

Apa itu Inisiatif Salam 4 Jari? Geger Menjelang Coblosan Pilpres 2024

Gragehotels.co.id – Sedang padat di tempat sosial media, aksi salam 4 jari. Apa itu aksi salam 4 jari?

Khusus untuk kamu yang dimaksud belum tahu, gerakam salam 4 jari merupakan salah satu sikap warga pada menyambut Pilpres 2024. Saat ini, banyak pengguna sosial media yang memposting siluet tangan yang tersebut menunjukkan empat jari dengan caption seruan menggunakan pergerakan salam 4 jari tersebut.

Sejak pergerakan salam 4 jari jadi viral, banyak juga pengguna sosial media yang dimaksud menilai bahwa aksi yang disebutkan mampu mengancam kekuatan urusan politik pasangan capres kemudian cawapres Prabowo Subianto dan juga Gibran Rakabuming Raka. Lantas, apa itu aksi 4 jari kemudian kenapa pasangan Prabowo-Gibran harus was-was terhadap aksi tersebut?

Arti Pergerakan Salam 4 Jari

Gerakan salam 4 jari muncul di dalam sosial media sebagai aksi untuk meminta penduduk tak memilih Prabowo-Gibran, tetapi memilih kandidat lainnya seperti Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Selain itu, aksi salam 4 jari juga berarti bahwa kekuatan Anies-Ganjar diperlukan untuk mengalahkan kekuatan kebijakan pemerintah Prabowo-Gibran. Publik yang dimaksud mengikuti aksi salam 4 jari ini berharap ke depannya, Anies-Ganjar akan berkoalisi. 

Gerakan salam 4 jari ini disuarakan salah satunya oleh Partai Hijau Indonesia di tempat sosial media X. Postingan mengenai pergerakan ini dihadiri oleh dengan tagar #AsalBukanPrabowo kemudian juga tagar #BukanPrabowoGibran. Partai ini menwacanakan untuk melawan Pilpres satu putaran untuk kubu nomor pilihan 02 tersebut. 

Sejak pergerakan salam 4 jari, respon rakyat terhadap aksi ini beragam. Respon juga datang dari Anies Baswedan. Ia mengatakan fenomena aksi salam 4 jari adalah aspirasi rakyat. Ia bukan memberikan tanggapan lebih lanjut dari itu. 

Respon dari pihak Ganjar pun kurang lebih banyak sama, yakni aksi salam4 jari adalah ekspresi masyarakat. Itu adalah semangat masyarakat, demokrasi, ekspresi sehingga tiada perlu diributkan hingga mengakibatkan konflik yang digunakan merugikan terlalu berbagai pihak. Untuk pada waktu ini, berfokus terhadap hari pemilihan adalah yang terpenting. 

Hal yang dimaksud identik juga diungkapkan oleh pihak Prabowo. Mereka menilai aksi salam 4 jari merupakan hal yang dimaksud biasa di demokrasi. Warga bebas menyatakan pendapat serta menyampaikan aspirasi dia di berbagai bentuk. Pihak Prabowo menyerahkan penilaian akhir pada masyarakat. 

Demikian itu yang digunakan dapat disampaikan tentang apa itu aksi salam 4 jari. Semoga bermanfaat. 

Kontributor : Mutaya Saroh

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button