Teknologi

Apa Itu Bluesky? Media Massa Sosial yang tersebut Naik Daun Saingi X

Gragehotels.co.id – Bluesky adalah perangkat lunak media sosial microblogging yang mana dikembangkan oleh mantan ketua eksekutif kemudian pendiri Twitter (sekarang bernama X), Jack Dorsey. Proyek pengembangan Bluesky dimulai sejak tahun 2019 kemudian awalnya berada dalam bawah naungan Twitter.

Namun, pada Februari 2022, proyek ini bertransformasi menjadi perusahaan sendiri bernama Bluesky PBLLC12. Sekarang, pengguna dalam Indonesia sudah ada mampu mencoba program Bluesky serta meninjau bagaimana pesaing Twitter ini beroperasi

Cara Mengisi Formulir Bluesky

Untuk mendaftar di area Bluesky, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan kamu telah mengunduh program Bluesky melalui App Store (untuk iOS) atau Google Play Store (untuk Android).
  • Setelah mengunduh, mengungkap aplikasi mobile dengan logo kupu-kupu putih.
  • Ketuk tombol “Create a new account”.
  • Isi beberapa data, seperti alamat email aktif, kata sandi (password), kemudian tanggal lahir.
  • Setelah mengisi data, klik tombol “Next”.
  • Masukkan kode negara (pilih Indonesia) dan juga ketik nomor ponsel yang digunakan aktif. Tunggu beberapa saat, Bluesky akan mengirimkan kode verifikasi.

Fitur Bluesky

Bluesky mempunyai beberapa fasilitas menarik yang digunakan membedakannya dari media media sosial lainnya:

1. Desentralisasi

Bluesky berfokus pada konsep desentralisasi, yang dimaksud memungkinkan pengguna berinteraksi dengan pengguna di dalam berbagai jaringan media sosial. Hal ini berarti kamu dapat berinteraksi dengan pengguna pada Facebook, Instagram, atau Twitter melalui Bluesky.

2. Mirip dengan Twitter

Antarmuka pengguna serta algoritma Bluesky mirip dengan Twitter. Kamu dapat memproduksi microblog dengan batasan karakter tertentu serta mengikuti pengguna lain.

3. Kontrol Pengguna

Bluesky memberikan lebih banyak sejumlah kendali terhadap pengguna berhadapan dengan konten yang digunakan dia bagikan. Kamu dapat memilih siapa yang dapat meninjau postingan kamu lalu mengatur preferensi privasi.

4. Kurasi Konten

Bluesky memungkinkan pengguna untuk mengurus konten yang mereka itu lihat. Kamu dapat mengatur preferensi untuk mengempiskan spam atau konten yang mana tidak ada diinginkan.

5. Open Source

Proyek Bluesky bersifat open source, yang digunakan berarti kode sumbernya dapat dilihat dan juga dikembangkan oleh komunitas. Hal ini memungkinkan transparansi juga partisipasi lebih banyak luas.

Ingatlah bahwa Bluesky masih di tahap pengembangan, kemudian fitur-fiturnya kemungkinan besar terus tumbuh seiring waktu. Itulah penjelasan mengenai Bluesky yang tersebut bisa saja kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Pasha Aiga Wilkins

Related Articles

Back to top button