Nasional

Airlangga Kerjasama dengan Menko PMK, Menkeu, serta Mensos untuk Bersaksi di tempat Sidang Sengketa Pilpres

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Menteri Koordinator Sektor Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku telah dilakukan berkoordinasi dengan menteri lainnya untuk bersaksi pada sidang sengketa Pilpres 2024 di area Mahkamah Konstitusi (MK), hari terakhir pekan (5/4/2024).

Pernyataan itu ditegaskan Airlangga menjawab pertanyaan apakah berbicara dengan menteri lain yang dipanggil di sidang tersebut. Menteri lain yang digunakan dipanggil adalah Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, juga Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

“Tentu kalau di dalam pemerintah kami telah koordinasi,” kata Airlangga ketika ditemui dalam Kantor DPP Partai Golkar, DKI Jakarta Barat, Rabu (3/4/2024).

Airlangga belum mengetahui detail terkait materi yang mana akan digali di sidang sengketa Pilpres 2024 dalam MK. Pasalnya, kata Airlangga, undangan MK tak menerangkan topik yang tersebut akan digali pada sidang di area MK.

“Tidak itu cuma undangan umum saja, topiknya tak disebutkan,” ucap Airlangga.

Namun, Airlangga menilai kesaksian dirinya lalu tiga menteri lain terkait dengan tugas pemerintah di memakai dana APBN. “Apa yang dari pemerintah tentu kita akan jelaskan mengenai mekanisme APBN kemudian bicara Bansos bicara Perlinsos. Bicara yang mana sifatnya pemerintahan saja,” katanya.

Saat disinggung mengenai bansos, Airlangga menjawab diplomatis. Ia berkata, penyaluran bansos merupakan tugas dari pemerintah. “Tentu apa yang tersebut sudah ada menjadi tugas pemerintah juga amanat UU pemerintah akan menjalankan,” katanya.

Sebelumnya, Airlangga mengaku telah lama menerima undangan untuk menjadi saksi dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di area Mahkamah Konstitusi (MK). Ia pun menyatakan akan hadir untuk memberikan keterangan di sidang yang mana direncanakan dijalankan pada Jumat, 5 April 2024.

“Ya insyaAllah saya hadir, undangan telah saya terima tadi malam,” kata Airlangga pada waktu ditemui di dalam Kantor DPP Partai Golkar, DKI Jakarta Barat, Rabu (3/4/2024).

Airlangga mengaku telah melapor untuk memberikan keterangan pada sidang yang dimaksud ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Sudah, telah disampaikan untuk hadir (ke Presiden Jokowi),” kata Airlangga.

Related Articles

Back to top button