Nasional

Ahok Ungkap Fakta Mengejutkan! Jokowi Emoh Dipasangkan dengannya di dalam Pilgub DKI 2012

Gragehotels.co.id – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok buka-bukaan mengenai proses dirinya menjadi calon perwakilan gubernur DKI Ibukota Indonesia mendampingi Jokowi di area Pilgub DKI 2012.

Ahok mengungkap fakta mengejutkan mengenai Pilgub DKI 2012 itu. Ia mengaku sebenarnya Jokowi tiada mau berpasangan dengan dirinya. 

“Pak Jokowi itu tidaklah pernah mau saya jadi perwakilan dia,” ujar Ahok diambil dari video yang mana diunggah akun TikTok @post_times.

Baca Juga:

Akhirnya! Terungkap Arah Bantuan Kiky Saputri di tempat Pilpres 2024

Menurut Ahok, ketika itu Gerindra sebenarnya mengajukan Sandiaga Uno sebagai cawagub lantaran hasil survei tingkat elektabilitasnya nomor dua sebagai pendamping Jokowi.

Sedangkan di area nomor satu, kata Ahok, ada nama aktor Dedy Mizwar. Sementara Ahok mengaku dirinya berada pada nomor 12 berdasarkan hasil survei.

Lalu kata Ahok Gerindra menggembar-gemborkan ke media bahwa dirinya yang mana akan dicalonkan sebagai Gubernur DKI padahal hanya saja punya 7 kursi di area DPRD.

Menurut Ahok ini adalah strategi untuk meyakinkan rakyat bahwa Prabowo Subianto bukanlah orang anti Cina. 

“Ini cuma sekadar untuk ungkapkan nyalonin Ahok nih. Siapa bilang Pak Prabowo anti Cina Mei 1998 ini bukti mencalonkan Ahok turunan China di dalam ibukota, kira-kira kalau ngomong emosi begini gua nih,” ujar Ahok dengan nada tinggi.

Setelah ngomong ke media, Ahok mengatakan, Gerindra lalu menyatakan ke Ahok tiada mampu mengusungnya sebagai Gubernur DKI lantaran harus berkoalisi dengan PDIP. Ahok diplot menjadi cawagub.

Namun kata Ahok, Jokowi tidak ada mau dipasangkan dengan dirinya dikarenakan tambahan memilih untuk progresif sama-sama Dedy Mizwar. 

“Begitu jadi wakil, mohon maaf ya rekomendasinya tidak berhadapan dengan nama lu akibat dari sana surveinya maunya Dedy Mizwar. Bikin rekomendasi Jokowi-Dedy Mizwar,” ucap Ahok.

Ternyata Megawati meminta-minta ada opsi lain. Diajukanlah pasangan Jokowi-Sandiaga Uno. Menurut Ahok, Jokowi juga tidak ada berkenan berpasangan dengan Sandiaga. 

“Ternyata Pak Jokowi ga mau Jokowi-Sandiaga Uno lantaran Pak Jokowi maunya Jokowi-Dedy Mizwar akibat ia belum kenal saya kan,” ujar mantan Kepala Kabupaten Belitung Timur ini.

Justru Ahok mengatakan, Megawati lah yang tersebut memilih namanya untuk dipasangkan sama-sama Jokowi pada Pilgub DKI 2012. 

Akhirnya majulah pasangan Jokowi-Ahok sebagai cagub juga cawagub DKI Ibukota yang diusung PDIP serta Gerindra. 

Di Pilgub DKI 2012 itu, pasangan Jokowi-Ahok mengalahkan petahana Fauzi Bowo yang berpasangan dengan Nachrawi Ramli.

Related Articles

Back to top button