Kesehatan

7 Makanan Pencegah DBD, dari Pepaya hingga Bayam

Gragehotels.co.id – JAKARTA — Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dalam Indonesia terus meningkat. Tercatat per 1 Maret 2024 terdapat sekira 16.000 perkara DBD dalam 213 Kabupaten/Kota pada Indonesia dengan 124 kematian.

Mengutip situs Kementerian Aspek Kesehatan Republik Indonesia, perkara DBD diperkirakan akan terus berlanjut hingga April 2024, seiring dengan musim hujan lalu El nino.

DBD memang benar dapat disembuhkan, namun alangkah baiknya melakukan pencegahan. Salah satu cara dengan menjaga asupan makanan sehari-hari. Dikutip Times of India, berikut makanan yang tersebut dapat menjaga dari DBD.

Makanan Pencegah DBD

1. Pepaya
Ekstrak pepaya kaya akan enzim seperti papain kemudian chymopapain yang dimaksud membantu pencernaan, mengurangi kembung, juga gangguan pencernaan lainnya. Mengonsumsi 30 ml jus daun pepaya dapat membantu meningkatkan total trombosit. Oleh akibat itu, pepaya serta daun pepaya ini cocok untuk pencegahan juga terapi demam berdarah.

2. Delima
Delima kaya akan nutrisi dan juga mineral penting yang tersebut menyediakan energi yang mana dibutuhkan tubuh. Sehingga mengonsumsi buah delima dapat mengempiskan rasa lelah serta letih. Selain itu, buah delima kaya akan zat besi yang mana bermanfaat untuk menjaga jumlah keseluruhan trombosit darah.

3. Bawang putih
Bawang putih adalah salah satu makanan anti-virus terbaik yang mana bisa jadi Anda temukan pada waktu ini. Bawang putih juga merupakan makanan penambah kekebalan yang dimaksud membantu mengatasi gejala seperti peradangan, demam, kemudian sakit tenggorokan. Sifat antimikroba lalu antijamur jua membasmi kuman kemudian racun jahat sehingga mempercepat pemulihan.

4. Yogurt
Yogurt bukan hanya sekali baik untuk pencernaan tetapi juga menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar berfungsi dengan baik. Yogurt bekerja sebagai probiotik yang tersebut merangsang produksi bakteri usus penting, menghilangkan racun, kemudian memberi lebih besar sejumlah faedah kesehatan.

5. Brokoli
Brokoli adalah sumber Vitamin K yang mana sangat baik membantu meregenerasi trombosit darah. Sayuran hijau ini juga kaya akan radikal bebas lalu mineral. Dengan begitu, brokoli cocok untuk dikonsumsi sebagai pencegahan lalu penyembuhan dbd.

6. Bayam
Selain brokoli, mengonsumsi bayam juga merupakan cara yang tersebut efektif untuk meningkatkan jumlah agregat trombosit. Bayam merupakan makanan yang tersebut kaya akan zat besi kemudian lemak omega-3 yang tersebut sangat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Buah Kiwi
Buah kiwi mengandung vitamin A, vitamin E, lalu potasium pada jumlah agregat yang digunakan baik untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh juga membatasi hipertensi lalu tekanan darah tinggi. Tembaga di buah kiwi bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah merah yang digunakan sehat juga merancang kekebalan terhadap penyakit.

Related Articles

Back to top button