Otomotif

5 Penyebab Mobil Sulit Distarter, Tak cuma Permasalahan Aki

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Penyebab mobil sulit distarter cukup beragam. Identifikasi permasalahan ini penting dijalankan agar penanganannya tak salah.

Biasanya jikalau mesin tak hidup, pemilik mobil berupaya melakukan pendorongan secara manual agar menyala. Namun, apabila hal ini diadakan terus menerus tentu akan memicu kerusakan komponen mobil. Oleh sebab itu, penting untuk merawat mobil agar kondisi starter mampu tetap saja optimal.

Beberapa faktor umum mobil sulit distarter di tempat antaranya aki lemah, kabel kendur, atau timbulnya permasalahan pada sistem starter. Untuk mengatasi hambatan ini, pemilik kendaraan mampu mengakibatkan mobil ke bengkel.

Berikut lima faktor mobil sulit distarter dilansir dari Auto2000, Hari Senin (11/3/2024) :

1. Aki Lemah atau Rusak

Salah satu penyulut paling umum mobil sulit distarter adalah aki yang mana lemah atau rusak. Aki yang telah tua mampu mengakibatkan kapasitasnya menurun. Hal ini membuatnya sulit untuk menyediakan arus yang digunakan cukup untuk memutar mesin starter.

Selain itu, korosi pada terminal aki juga dapat menjadi penyulut permasalahan ini. Korosi menghalangi aliran listrik antara aki serta sistem starter, sehingga menghambat proses starter.

2. Kabel Kendur atau Putus

Kabel-kabel yang tersebut menghubungkan aki dengan sistem starter bisa saja menjadi kendur atau bahkan putus akibat usia atau tekanan yang digunakan terlalu besar. Kabel yang mana kendur atau putus akan menghalangi aliran listrik yang digunakan cukup untuk melakukan starter dengan baik.

Kondisi ini bisa saja terjadi pada kabel positif (yang menghubungkan aki dengan starter) maupun kabel negatif (yang menghubungkan aki dengan kerangka mobil). Pengecekan secara berkala terhadap keadaan kabel-kabel ini sangat penting untuk menghindari kesulitan yang dimaksud tak diinginkan.

3. Solenoid Starter Rusak

Solenoid starter adalah komponen yang dimaksud bertugas untuk meneruskan arus listrik dari aki ke motor starter pada waktu kunci kontak diputar. Jika solenoid starter mengalami kehancuran atau kegagalan, proses starter akan terganggu.

Gejala yang mana banyak terjadi yaitu bunyi klik-klik ketika kunci kontak diputar, tetapi mesin tidak ada berputar. Solenoid yang tersebut rusak bisa saja disebabkan oleh usia, keausan, atau kotoran yang tersebut masuk ke dalamnya.

4. Sakelar Neutral atau Tempat Parkir

Sakelar neutral atau tempat parkir merupakan komponen yang melakukan konfirmasi mobil cuma dapat distarter ketika di sikap netral atau parkir. Jika sakelar ini mengalami kesulitan atau rusak, mobil mungkin saja tak akan mampu distarter meskipun kunci kontak sudah ada diputar.

Gejala umumnya adalah lampu indikator pada panel instrumen tidak ada menyala ketika kunci kontak diputar ke kedudukan starter. Pengecekan juga perbaikan sakelar ini perlu diadakan untuk menegaskan mobil dapat distarter dengan lancar.

5. Kesulitan pada Ignition Switch atau Kunci Utama Kontak

Ignition switch atau kunci kontak adalah komponen yang tersebut mengatur aliran listrik ke berbagai sistem mobil, termasuk sistem starter. Jika ignition switch mengalami masalah, seperti kontak yang tersebut aus atau kendur, maka arus listrik mungkin saja tiada akan mencapai sistem starter dengan baik. Hal ini bisa jadi menyebabkan mobil sulit distarter atau bahkan tidaklah menyala serupa sekali.

Related Articles

Back to top button