Kesehatan

5 Menu Buka Puasa Rendah Kalori, Cocok untuk Jaga Berat Badan Ideal

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Menu menyingkap puasa rendah kalori menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang digunakan ingin tetap saja menjaga pola makan sehat di dalam bulan Ramadan. Ya, puasa sendiri diketahui akan memberi pengaruh sangat baik bagi kemampuan fisik apabila diiringi dengan penerapan pola makan yang juga sehat.

Puasa buat sebagian orang juga mampu menjadi momen untuk menurunkan berat badan ataupun menjaga bobot ideal. Kalau itu keinginan Anda, tentu pola makan harus diperhatikan, khususnya ketika berbuka. Makanan rendah kalori adalah pilihan yang dimaksud terbaik.

Berikut beberapa jumlah rekomendasi menu mengungkap puasa rendah yang dimaksud dapat Anda pilih.

Menu Buka Puasa Rendah Kalori

1. Buah

Menu menyingkap puasa rendah kalori yang digunakan pertama adalah buah. Jenisnya dapat pisang, pepaya, melon, anggur, apel, lalu buah beri.

Melansir laman Siloam Hospital, tak cuma rendah kalori, buah-buahan yang dimaksud juga mengandung vitamin kemudian mineral yang dimaksud tinggi sehingga dapat memperkuat kerja sistem imun tubuh.

Khusus yang dimaksud termasuk di kelompok buah beri seperti bluberi, blackberry, lalu rasberi, terkandung pula senyawa yang tersebut bersifat radikal bebas sehingga mampu membantu tubuh melawan radikal bebas pemicu penyakit.

Namun perlu diingat, bukan semua buah rendah kalori. Beberapa buah disarankan untuk dihindari atau dibatasi konsumsinya ketika berbuka puasa dikarenakan buah yang disebutkan mengandung gas yang tersebut berpotensi memicu gangguan pencernaan. Salah satu contoh buah yang tersebut seperti ini adalah durian.

2. Sayuran

Tak ada yang mana menyangsikan sehatnya sayur-mayur. Sayuran kaya serat, vitamin, juga mineral, plus tentu cuma rendah kalori. Bahkan beberapa jenis sayuran hijau diketahui mengandung zat besi yang mana mampu meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih banyak bugar lalu tidaklah lesu selama berpuasa.

Beberapa jenis sayuran rendah kalori yang dimaksud baik dikonsumsi pada waktu berbuka puasa adalah selada, bayam, dan juga sawi. Namun pada sisi lain, ada juga jenis sayuran yang mana memiliki isi gas tinggi seperti brokoli, kembang kol, kemudian kubis sehingga Anda disarankan untuk membatasi konsumsinya agar terhindar dari gangguan pencernaan.

3. Nasi Merah

Nasi merah mengandung karbohidrat kompleks sehingga direkomendasikan sebagai salah satu menu menyingkap puasa rendah kalori. Diketahui, karbohidrat kompleks akan dicerna lebih tinggi lambat oleh tubuh sehingga memberikan efek kenyang lebih besar lama. Selain aman dikonsumsi pada waktu berbuka puasa, nasi merah juga baik dimakan ketika sahur.

4. Ikan

Untuk mencukupi asupan protein harian, Anda dapat mengonsumsi daging ikan pada waktu berbuka puasa. Selain berprotein tinggi, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kondisi tubuh otak serta jantung. Agar sanggup memperoleh komposisi gizinya secara optimal, sebaiknya daging ikan diolah dengan cara dikukus.

Beberapa jenis ikan yang dimaksud direkomendasikan menjadi menu mengakses puasa adalah tuna, salmon, sarden, lalu makerel.

5. Telur

Telur juga merupakan sumber protein yang baik. Selain itu, telur ternyata masih tergolong makanan rendah kalori dengan syarat diolah dengan cara yang mana tepat. Misalnya mengolah telur dengan cara direbus atau dikukus. Sebab, telur yang dimaksud diolah dengan cara digoreng akan mengandung lemak lalu kalori yang dimaksud cenderung tinggi.

Itu ia lima menu membuka puasa rendah kalori yang dimaksud patut Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related Articles

Back to top button