Kesehatan

5 Jurus Ampuh Menghindari Asam Lambung Naik ketika Puasa, Yuk Ikuti

Gragehotels.co.id – Menjalankan ibadah puasa kemungkinan besar tak selalu mudah bagi penderita asam lambung. Pasalnya, asam lambung naik pada waktu puasa dapat terjadi oleh sebab itu perut berada pada kondisi kosong kemudian tidak ada mendapatkan makanan cukup lama.

Biasanya, kondisi asam lambung naik bisa saja ditandai dengan tiga gejala umum, yakni perasaan sakit atau terbakar pada bagian dada, nyeri pada bagian perut atau abdomen, mual serta muntah.

Lalu, bagaimana cara menghindari asam lambung naik pada waktu puasa? Berikut beberapa tips yang dimaksud bisa saja Anda ikuti.

1. Menghindari berbuka lalu sahur dengan makanan berlemak, pedas, atau asam

Makanan berlemak, pedas, lalu asam banyak menjadi pemicu naiknya asam lambung bagi penderitanya. Oleh lantaran itu, penderita asam lambung sebaiknya menghindari terlalu berbagai makanan yang disebutkan ketika berbuka maupun sahur.

Ilustrasi asam lambung naik (freepik.com/jcomp)
Ilustrasi asam lambung naik (freepik.com/jcomp)

2. Hindari minuman berkafein juga bersoda

Selain makanan yang dimaksud disebutkan pada atas, minuman berkafein serta bersoda dapat memicu peningkatan produksi asam lalu peradangan pada lambung.

3. Tidur dengan kedudukan tubuh bagian menghadapi lebih tinggi tinggi

Tips menghindari asam lambung naik lainnya yang mampu Anda coba lakukan adalah meninggikan bagian melawan tubuh pada waktu tidur dengan menumpuk beberapa bantal. Usahakan bantal bisa jadi menopang keseluruhan tubuh bagian menghadapi agar tidaklah sakit leher.

4. Hindari dengan segera tidur setelahnya makan

Jangan dengan segera tidur pasca sahur. Sebab, kebiasaan ini hanya saja akan memicu refluks asam lambung naik ke kerongkongan bersamaan dengan makanan yang baru sekadar dikonsumsi.

5. Makan secukupnya lalu perbanyak serat

Godaan untuk dengan segera melahap makan besar pada waktu waktu berbuka memang sebenarnya nikmat, namun sebaiknnya dihindari. Selain itu, dianjurkan perbanyak asupan serat dikarenakan serat akan dicerna secara perlahan oleh tubuh sehingga memperlambat lambung kosong.

Related Articles

Back to top button