Nasional

5 Fakta Marsdya Tonny Harjono, KSAU Baru yang dimaksud Pernah Jadi Ajudan Presiden Jokowi

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Marsekal Madya TNI Tonny Harjono sudah resmi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala Staf Angkatan Udara Bebas (KSAU). Dirinya menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo yang tersebut akan pensiun tahun ini.

Penunjukan Marsdya Tonny Harjono menjadi KSAU mendapatkan dukungan dari beberapa pihak. Misalnya pengamat militer dan juga Co-Founder Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi yang digunakan menyampaikan apabila Tonny mempunyai segudang pengalaman untuk mengawasi Angkatan Udara. Hal itu tercermin dari riwayat kariernya selama di tempat TNI AU.

Untuk lebih besar mengenal siapa sosok Marsdya Tonny Harjono berikut ini beberapa fakta tentang KSAU yang baru ini:

Fakta Marsdya Tonny Harjono

1. Lulus dari Akademi Angkatan Lingkungan Tahun 1993

Pria yang digunakan lahir pada 4 Oktober 1971 dalam DKI Jakarta ini berhasil lulus dari Akademi Angkatan Udara Bebas (AAU) pada 1993. Dari situlah awal karier militernya dimulai dengan jabatan pertama menjadi Pa Pnb Skadud 3 Lanud Iswahyudi.

2. Riwayat Pendidikan Tonny Harjono

Selain menyelesaikan sekolah di tempat AAU, Tonny juga sempat menempuh sekolah di tempat Sekbang serta lulus dalam tahun 2006, kemudian Konversi F-16 Fighting Falcon hingga lulus dalam 1997.

Tonny juga merupakan lulusan Sekkau 71 tahun 2000, SIP TNI-AU 51 pada 2004, KONVERSI KT-1 di tempat 2005, Pendidikan Konversi Pesawat Sukhoi di area 2006, Seskoau pada 2008, dan juga Lemhannas RI PPRA LXI yang digunakan pada 2020.

3. Pernah Jadi Ajudan Presiden Joko Widodo

Pada tahun 2014 ketika Joko Widodo diangkat menjadi presiden, Tonny Harjono menjadi sosok yang mana dipercaya untuk mendampingi pemimpin negara jika Surakarta yang disebutkan sejak 2014 hingga 2016.

Rekam jejak pada lingkungan Istana Kepresidenan ini menjadi pengalaman berharga bagi Tonny untuk mengawasi KASAU nantinya. Terlebih dirinya juga sempat menjabat sebagai Pamen Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres) di area 2020 hingga 2022.

4. Jenderal Bintang Tiga yang dimaksud Tergolong Muda

Khairul Fahmi selaku Pengamat militer kemudian Co-Founder ISESS menyebutkan apabila Tonny tergolong yang dimaksud paling muda mendapatkan pangkat bintang tiga. Hal ini membuatnya punya waktu panjang untuk melakukan pembenahan di tempat lingkungan TNI AU.

Bahkan, menurut Fahmi, Tonny berpeluang menduduki jabatan Panglima TNI dalam masa depan jikalau mengawasi dari lamanya sisa masa tugas.

5. Jabatan Sebelum menjadi KSAU

Sebelum ditunjuk menjadi KSAU, pria yang digunakan lahir dalam DKI Jakarta ini sempat menduduki sikap Panglima Komando Gabungan Wilayah Keamanan II sejak 17 November 2023 lalu. Dirinya juga pernah mengemban amanah sebagai Panglima Komando Operasi Lingkungan Nasional di area 4 November 2022, serta Komandan Kodiklatau pada 27 Juni 2022.

Penunjukannya menjadi KSAU ini tertuang di Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/TNI/Tahun 2024 yang dimaksud ditandatangani 25 Maret 2024.

Itulah beberapa fakta tentang Marsdya Tonny Hardjono, dari beberapa jumlah pengalamannya di dalam Istana juga militer tak heran jikalau dirinya menjadi kandidat kuat serta ditunjuk menjadi KSAU gantikan Marsekal Fadjar Prasetyo.

Related Articles

Back to top button