Kesehatan

5 Cara Mengatasi Baby Blues Usai Melahirkan: Agar Ibu kemudian Bayi Tetap Optimal

Gragehotels.co.id – Banyak rakyat belum tahu cara mengatasi baby blues, yang dimaksud bisa jadi membahayakan kondisi ibu maupun bayi baru lahir. Tak main-main bilangan bulat baby blues di dalam Indonesia menurut data Badan Kependudukan juga Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dialami 57 persen baru melahirkan, dan juga masuk kategori tertinggi se-Asia.

Psikolog Klinis Eka Hospital BSD, Reynitta Poerwito, Bach.Of Psych., M.Psi mengungkapkan baby blues umumnya muncul pada minggu pertama pasca melahirkan lalu mampu berlanjut hingga 14 hari yang tersebut ditandai dengan pembaharuan emosi ibu secara drastis.

“Keadaan emosi naik dan juga turun secara cepat, mudah lupa kemudian merasa sedih merupakan salah satu gejala dari baby blues. Bukan gangguan mental atau kejiwaan, namun baby blues berbeda dengan postpartum depression yang digunakan tingkat keparahannya lebih tinggi tinggi,” ujar Reynitta melalui rilis yang mana diterima suara.com, Kamis (10/2/2024).

Ilustrasi baby blues syndrome (Freepik/freepik)
Ilustrasi baby blues syndrome (Freepik/freepik)

Baby blues adalah tingkat terendah dari postpartum depression atau depresi pasca melahirkan, yang tersebut ditandai dengan mood swing.

Biasanya ibu merasa kebingungan pada menerima pembaharuan yang tersebut terjadi pada diri atau kehidupannya, sehingga kesulitan mengolah perasaan yang muncul seperti kebahagiaan, kebingungan, ketakutan, perasaan khawatir juga sebagainya.

Salah satu tanda ibu baby blues yang mudah dikenali yaitu menangis tanpa sebab yang tersebut jelas, sensitif terhadap lingkungan, insomnia, emosi tak stabil, sedih lalu cemas berlebih, merasa tiada berdaya, kelelahan dan juga sulit konsentrasi.

Nah, berikut ini 5 cara menangani baby blues pada ibu baru melahirkan yang digunakan sanggup diadakan suami kemudian orang sekitar:

1. Jangan khawatir berlebihan

Biasanya berawal dari ketidaktahuan seseorang mengenai penyakit atau kondisi yang sedang dialami. Dari pada panik juga khawatir berlebihan, sebaiknya pelajari mood swing melalui informasi dari berbagai media juga berkonsultasi pada dokter.

“Dengan demikian ibu hamil menjadi lebih banyak mengerti tentang apa yang sedang dihadapinya,” kata Reynitta.

2. Lakukan kegiatan menyenangkan

Ibu baru melahirkan sanggup meluangkan waktu untuk menekuni kembali hobi lama seperti melukis, menulis, membaca novel, berjalan-jalan, dan juga lain sebagainya untuk memulihkan perasaan bahagia.

3. Olahraga agar tambahan rileks

Olahraga dapat membantu menangani mood swing, lakukan kegiatan yang digunakan aman untuk masa kehamilan seperti senam hamil, yoga, renang, jalan pagi, stretching kemudian meditasi.

4. Biarkan ibu bicara

Memiliki seseorang yang tersebut bisa jadi ibu baru melahirkan percaya untuk menuangkan perasaan akan membantu untuk mendapatkan solusi ataupun sekedar bersenda gurau. Tindakan ini bisa saja memproduksi ibu tenang dan juga merasa mendapat dukungan yang dibutuhkan.

5. Berkonsultasi dengan ahli

Bila mood swing sudah ada sangat mengganggu, segera konsultasikan terhadap dokter isi atau psikolog untuk mendapatkan bimbingan dan juga penanganan lebih lanjut lanjut.

Related Articles

Back to top button