Kesehatan

3 Tips Cegah Gula Darah Naik ketika Santap Hidangan Idul Fitri

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Tips mengurangi gula darah naik ketika Idul Fitri sangatlah diperlukan. Sebagaimana diketahui, Idul Fitri kerap disebut sebagai hari kemenangan yang mana penuh kebahagiaan. Pada momen ini, seluruh umat muslim berkumpul sama-sama dengan keluarga mereka itu untuk bersilaturahmi.

Selain itu, pada momen lebaran ini juga tersedia berbagai hidangan lezat untuk disantap bersama-sama. Beberapa makanan yang dimaksud tersaji pada waktu lebaran biasanya ketupat, opor ayam, rendang daging, kentang balado, lalu masih sejumlah lagi yang dimaksud lainnya.

Di samping itu, ada pula kue kering yang digunakan tersaji. Biasanya ada nastar, putri salju, semprit, hingga lidah kucing. Ada juga makanan manis seperti cokelat dan juga permen.


Semua makanan yang disebutkan sangatlah lezat. Terkadang menyebabkan seseorang kalap ingin menyantap semuanya. Namun, penting untuk mengonsumsi secukupnya saja, apalagi bagi para penderita diabetes.

Berikut tips menghindari gula darah naik ketika menyantap hidangan Idul Fitri.

1. Perhatikan Porsi Makanan

Makanan lalu minuman yang digunakan tersedia pada waktu perayaan Idul Fitri memang sebenarnya jarang ditemui pada hari-hari biasa. Untuk itu, tidak ada apa apabila ingin menyantapnya. Namun, penting untuk menyadari ukuran porsi yang dimaksud Anda makan. Hal ini berguna untuk mengatur kadar gula darah di tubuh.

Di samping mengonsumsi makan-makanan khas lebaran, Anda juga jangan sampai lupa untuk memenuhi asupan serat serta vitamin pada tubuh dengan mengonsumsi sayur lalu buah.

2. Kelola Kadar Gula Darah

Anda perlu memeriksa kadar gula darah lebih tinggi banyak selama perayaan untuk memverifikasi kadarnya masih pada kisaran target. Jika kadar gula darah diperkirakan meningkat mendekati target, maka waspadalah dengan segala asupan yang tersebut Anda makan.

3. Ingatlah untuk Selalu Aktif

Selama perayaan, tetap saja penting untuk meluangkan waktu berolahraga guna membantu mengurus hiperglikemia Anda. Aktivitas fisik teratur dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah, tekanan darah, lalu lemak darah. Usahakan untuk tetap saja aktif, misalnya dengan jalan-jalan menemui teman ketika merayakan lebaran.

Related Articles

Back to top button