Kesehatan

3 Tips Buka Puasa Seimbang ala Ade Rai, dari Pilihan Makanan hingga Olahraga

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Berpuasa di tempat bulan Ramadan bisa saja menjadi kesempatan untuk meningkatkan kemampuan fisik tubuh. Dengan membiasakan hal baik selama bulan puasa, kondisi tubuh tubuh Anda dapat masih terjaga.

Khususnya pada waktu membuka puasa. Ada beberapa tips agar menerbitkan puasa Anda dapat terkontrol demi menjaga kebugaran tubuh.

Cara ini diungkapkan oleh binaragawan Ade Rai. Ia membagikan tips sehat pada waktu mengakses puasa agar tubuh masih bugar selama bulan Ramadan.

Berikut tips sehat menerbitkan puasa ala Ade Rai, yang tersebut dilansir dari akun YouTube Planet Ade Rai, Mulai Pekan (11/3/2024).

1. Olahraga sebelum Berbuka

Pertama ialah melakukan olahraga atau workd out tipis-tipis jelang berbuka puasa. Tak perlu olahraga berat, pergerakan ringan namun konsisten dapat Anda lakukan sebelum berbuka.

“Jadi sebelum menerbitkan kita cardio exercise dulu. Nah kardionya mampu pilih, mau pakai alat bantu atau pakai skipping aja,” kata Ade Rai.

Ia mengatakan, berolahraga sebelum menerbitkan puasa merupakan waktu yang tersebut tepat untuk membakar lemak. Setelah berpuasa selama lebih banyak dari 10 jam, gula darah mulai merosot juga lemak akan dibakar menjadi sumber tenaga.

2. Makan Kandungan Lemak kemudian Serat

Berbukalah dengan menu makanan yang mengandung lemak lalu serat. Ade Rai mengatakan, ketika hendak makan tepat di tempat jam berbuka, hindari mengonsumsi karbohidrat lalu perbanyak asupan lemak juga serat.

“Problem mengungkap puasa dengan karbohidrat pada waktu masuk ke gula kita, pada waktu gula tinggi otomatis pankreas kita akan merilis yang digunakan namanya insulin, juga itu bisa saja menyebabkan insulin spike. Makanya kalau habis mengakses banyak pada ngantuk semua,” terangnya.

Beberapa menu yang dimaksud disarankan ialah telur dengan butter kemudian kacang-kacangan untuk disantap ketika mengungkap puasa.

3. Makan Karbo setelahnya Latihan Beban

Setelah berbuka, Anda bisa jadi kembali melakukan exercise salah satunya dengan angkat beban. Setelahnya, Anda boleh mengonsumsi karbohidrat. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari kondisi insulin spike yang mampu menyebabkan kantuk.

“Karbo masuk pada waktu pada situ (exercise) saja. Selebihnya makan sayur lagi, protein lagi,” jelas Ade.

Related Articles

Back to top button