Kesehatan

3 Olahraga yang digunakan Berisiko Picu Gangguan Tulang Punggung Jika Dilakukan Berlebihan

Gragehotels.co.id – JAKARTA – Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang mana sangat dianjurkan untuk tetap memperlihatkan bisa jadi menjaga kebugaran juga kemampuan fisik tubuh. Ada berbagai jenis olahraga yang dimaksud mampu Anda lakukan sesuai dengan keinginan lalu kemampuan.

Meski dianjurkan untuk menjaga kemampuan fisik dan juga kebugaran, ternyata ada beberapa jenis olahraga yang mana bukan baik apabila diadakan berlebihan. Pasalnya, jenis olahraga yang dimaksud dapat memicu gangguan tulang punggung jikalau dijalankan terlalu rutin alias berlebihan. Bahkan, beberapa jenis olahraga juga harus dijalankan dengan teknik yang digunakan benar agar tidaklah berujung pada gangguan tulang belakang.

Lantas, jenis olahraga apa sekadar yang tersebut berpotensi terhadap gangguan atau kelainan pada tulang belakang jikalau diadakan secara berlebihan? Berikut dalam antaranya, berdasarkan hasil wawancara MNC Portal dengan Consultant Orthopaedic Spine Surgeon ALTY Hospital Kuala Lumpur Dr Lee Chee Kean.

1. Angkat Beban

Weight Lifting alias olahraga angkat beban memang benar mempunyai faedah untuk menguatkan, khususnya otot punggung. Namun, Dr Lee menyebut, dalam sisi lain jenis olahraga satu ini ternyata juga punya peningkatan risiko terhadap cedera punggung bawah, baik pada komponen jaringan keras (tulang) maupun komponen jaringan lunak (otot, bantalan sendi, juga lain-lain).

“Yang paling tidaklah bagus (untuk tulang belakang) adalah main alat gym yang berat-berat. Terutama ketika main weight lifting, yang mana beratnya sampai 40-50 kilogram. Mereka harus sampai bungkuk badannya, sehingga sangat melibatkan tulang punggung,” tutur Dr Lee ketika diwawancara pada kawasan Cikin, Ibukota Indonesia Pusat, baru-baru ini.

“Jadi tekniknya perlu sangat betul juga tepat. Jadi sangat tidak ada baik (untuk tulang punggung) kalau tekniknya salah,” tambahnya.

Dokter Lee menyarankan agar jenis olahraga satu ini diadakan dengan teknik yang mana benar, atau hanya saja diadakan oleh orang-orang yang dimaksud telah terjadi profesional. Pasalnya, jikalau dijalankan dengan teknik yang salah, olahraga ini mempunyai risiko tekanan terhadap saraf, khususnya yang digunakan terdapat pada tulang belakang hingga memicu saraf terjepit.

“Jadi, yang mana main alat itu harus yang digunakan sampai sangat-sangat profesional. Kalau orang-orang biasa seperti kita, ada kalanya kita miss step, atau tidak pakai otot kaki kemudian tangan, tapi justru pakai tenaga dari punggung, itu bisa jadi memicu cedera,” terangnya.

2. Sit Up

Olahraga sit up banyak digemari, teristimewa oleh mereka yang tersebut ingin mendapatkan perut rata hingga berotot. Namun, alih-alih mendapatkan perut yang tersebut six-pack, olahraga sit up ternyata dapat memicu gangguan pada bantalan sendi dalam pinggung jikalau dijalankan secara berlebihan.

“Yang kedua olahraga menguatkan otot perut seperti sit up. Karena ia kan naik turun-naik turun, itu bisa jadi memicu sendi bantalan pada punggung jadi rusak,” papar Dr. Lee.

Related Articles

Back to top button